6 Cara Ampuh Agar Kamu Bisa Bangun Pagi

Pernahkah kamu terbangun pada jam 10 pagi? Lalu kamu menyadari bahwa kamu terlambat ke kampus atau kantor? dan tugas yang seharusnya diserahkan hari itu bahkan belum terselesaikan? Pastinya kamu akan merasa kacau dan menyesal tidak bangun lebih pagi. Tahukah kamu bahwa bangun dipagi hari merupakan kebiasaan/gaya hidup (lifestyle) orang-orang sukses? Kamu ingin meniru gaya hidup mereka namun merasa sulit sekali untuk melakukannya?

Ya, untuk beberapa alasan serius, bangun pagi memang sulit sekali dilakukan. Padahal banyak hal-hal yang dapat kita lakukan dan selesaikan di pagi hari. Bagi kamu yang sulit sekali bangun pagi, berikut ini ada 7 cara ampuh supaya kamu bisa bangun pagi.

1. Ciptakan alasan
 Apa alasanmu untuk bangun dipagi hari? Agar tidak terlambat ke kampus atau kantor? Mengerjakan tugas yang belum selesai? Mecegah terjebak dalam kemacetan? Kamulah yang paling mengetahui alasan mengapa kamu harus bangun di pagi hari. Ciptakan keinginan yang kuat dan bulatkan tekad untuk bangun pagi. Tak peduli seberapa mengantuknya kamu, jika kamu punya alasan yang kuat untuk bangun pagi pasti kamu bisa merealisasikannya.

2. Tidur lebih awal
Setiap orang memerlukan istirahat yang cukup, dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Namun, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan aktivitas yang dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya adalah dengan tidur lebih awal. Tampaknya memang simple, namun tidur lebih awal dapat mencukupi kebutuhan tidur yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Selain agar bisa bangun pagi, tidur lebih awal juga baik untuk kesehatan karena kamu sudah menghindari yang namanya begadang. Terus bagaimana jika ada deadline tugas yang menuntut untuk diselesaikan? Tenang, kamu bisa mensiasatinya dengan tidur di siang hari agar kebutuhan tidurmu tetap tercukupi.

3. Jangan makan setelah pukul 20.00
Makan malam yang terlambat membuatmu tetap terjaga dimalam hari alias sulit tidur. Selain itu, waktu makan yang dekat dengan waktu tidur membuat lambungmu tetap bekerja mencerna makanan ketika organ tubuhmu seharusnya beristirahat. Selain dapat menyebabkan rasa penuh dan panas di dalam perut, kamu pun akan sulit dan malas untuk bangun pagi.

4. Shalat Subuh tepat waktu
Untuk kamu yang muslim, berbanggalah karena Islam diturunkan bukan hanya sebagai agama, namun juga sebagai gaya hidup (lifestyle). Dengan menunaikan shalat Subuh tepat waktu, kamu bukan hanya telah memenuhi kewajibanmu sebagai seorang muslim, namun kamu juga secara otomatis sudah bangun pada pagi hari. 

5. Install aplikasi alarm 
Sudah memasang alarm dan meletakkannya di tempat yang jauh, namun tanganmu masih bisa menekan tombol snooze (tunda) lantas kembali meringkuk di kasur? Well, sepertinya kamu memerlukan alarm yang tak biasa. Aplikasi Snap Me Up, Alarm Puzzle, Timely (Android) dan Walk Up Alarm, Carrot Alarm (iOS) bisa kamu install di smartphonemu. Cara menghentikan bunyi alarm ini terbilang unik, mulai dari mengambil foto selfie, menyelesaikan puzzle dan soal matematika, memainkan game, dan lain-lain dijamin membuat kamu berhasil melek dan bangkit dari kasur.

6. Meminta orang lain untuk membangunkanmu
Sebelum tidur mintalah keluargamu untuk membangunkanmu di pagi hari. Jika kamu tinggal di kos-kosan, mintalah teman sekamarmu atau teman kos mu untuk membangunkanmu. Cara ini sangat ampuh mengingat teman-temanmu bisa mengguncang-guncangkan tubuhmu, atau memercikkan air ke wajahmu agar kamu bangun.

Seperti kata pepatah “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan”. Itulah berbagai tips yang bisa kamu terapkan agar bisa bangun pagi. Sebagaimana yang kita ketahui, bangun pagi hari merupakan suatu kebiasaan (habit) positif yang mempunyai banyak manfaat. Jika bangun pagi telah menjadi kebiasannmu, niscaya kamu bisa bangun pagi tanpa bantuan alarm dan orang lain. Oleh karena itu, untuk menciptkan habit positif tersebut diperlukan komitmen dan kekonsistenan. Selamat mencoba! (Vira)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top