Rahasia yang Tersembunyi di Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Gunung Sibayak adalah gunung aktif yang  letaknya berdekatan dengan kota Berastagi provinsi Sumatra Utara.  Banyak penduduk setempat biasanya menyebutnya dengan Gunung Raja. Gunung Sibayak merupakan gunung aktif  yang terakhir  meletus  pada  tahun 1881. Gunung terletak di sekitar 50 Km  barat daya kota medan, dan merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki uap panas.  letusan yang terjadi pada waktu lalu sangat mengguncang bebatuan di puncak gunung mengakibatkan Kondisi yang “tidak beraturan” pada bebatuan puncak nya. Hal ini, justru menjadi salah satu keunikan tersendiri yang membuat wisatawan tertarik menguji adrenalinnya untuk dapat menaklukkan Gunung Sibayak hingga mencapai puncak. Dari atas gunung kita akan di suguhkan  pemandangan lautan awan  akan membuat anda terpesona dan menikmati pemandangan yang di ciptakan tuhan.  Tidak hanya itu di atas gunung kita dapat menikmati sunset dan kemunculan sinar matahari akan menerpa wajah dengan suasana hangat, menggantikan hawa dingin yang mengganggu dalam perjalanan Anda. 
Keindahan Gunung Sibayak Bagian Depan
Keindahan Gunung Sibayak Pada Malam Hari

Dalam menuju ke puncak sibayak, anda harus mulai melangkah dari kaki gunung kurang lebih pada pukul 02.00 dini hari. Jangan khawatir, karena suasana di malam hari tetap akan memukau Anda. Ditambah lagi cahaya-cahaya lampu penduduk di sekitar gunung yang menerangi langit Gunung Sibayak yang membuat Anda merasa sedang berada di bulan karena kondisi pijakan selama pendakian yang penuh batuan.
Bukan hanya dari keindahan pemandangan puncaknya, gunung sibayak juga menyediakan aliran air dari sela-sela batuan gunung akan sangat menyegarkan Anda. Pendaki banyak yang memanfaatkannya sebagai cadangan air minum karena air di gunung sibayak Air nya yang jernih dan sangat segar. Inilah yang membuat sumber air ini menjadi salah satu sumber air untuk air minum kemasan merek “AQUA”.
Terlepas dari kawasan puncak, Gunung Sibayak masih banyak menyimpan kemegahannya. Diantaranya batu cadas yang sering dijadikan tempat dan objek berfoto bagi para pendaki. Di dalam gunung sibayak terdapat kawah belerang seluas 40.000 meter. Kandungan solfatara membuat uap dari belerang tak berhenti menyemburkan uap panas. Bagian yang lainnya dapat dijadikan sebagai tempat Anda untuk beristirahat sejenak di dalam tenda. Akhir pekan atau hari libur sekolah merupakan hari yang cocok untuk mendaki di gunung sibayak.

Gunung sibayak merupakan gunung yang terletak di dataran tinggi, kabupaten karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang sering menjadi salah satu objek pendakian ini memiliki 2.094 MDPL. Hutan yang berada di sekitar pegunungan ini termasuk dalam wilayah Taman Hutan Raya ”TAHURA” Bukit Barisan, Sumatera Utara. Gunung Sibayak memiliki puncak tertinggi yang di beri nama “Takal Kuda” yang berarti “Kepala Kuda”. Yang mana titiki koordinat puncaknya  berada pada 97°  30’ BT dan 4° 15’ LS.

Berangkat mulai dari Kota Medan, Anda akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 78 KM dengan waktu lebih kurang 2 jam untuk sampai ke Berastagi. Setiba di sana anda dapat  memilih kendaraan sesuai yang anda inginkan. Kemudian, untuk sampai dilokasi, ada dua pilihan rute yang bisa anda pilih, diantaranya melakukan perjalanan dari Berastagi atau ada juga perjalanan dari desa Semangat Gunung.
Terdapat tiga jalur yang bisa anda lalui untuk bisa menuju ke puncak Gunung Sibayak. Melalui jalan kecil setapak yang berda disepanjang hutan tropis dan banyak terdapat hamparan tebing - tebing curam yand di kelilingi hamparan hutan dengan pohon yang tingi. Adapun jalur lainnya adalah melalui desa Raja berneh atau desa Semangat Gunun.Jalur lainnya yaitu jalur 54  Penatapan jagung rebus yang mana kita dapat beristirahat menikmati jagung bakar dan seduhan kopi panas yang letaknya kira - kira 500 meter dari Kota Berastagi.

Tidak ada patokan harga yang akan di tetapkan bagi para pengunjung, tergantung bagi para pendaki dengan kendaraan roda dua per orang sebelum memasuki lokasi gunung akan di kenakan Rp 5000 saja. Jadi pastikan Anda telah menyiapkan uang pas untuk membayarnya.

Gunung Sibayak merupakan gunung yang terletak kota Berastagi, banyak menyediakan kuliner-kuliner khas Berastagi yang dijajakan di sepanjang jalan Kota dan disana ada akan menikmati pemandangan perkebunan seperti perkebunan jeruk dan strawberi, bahkan petani memperbolehkan petik buah sendiri bagi pengunjung. Disana Anda juga tidak akan kesulitan menemukan tempat penginapan kelas melati hingga hotel Elit yang memanjakan peristirahatan anda. Hotel yang terletak didekat dengan objek wisata gunung Sibayak yaitu Hotel Mutiara. Tetapi, tujuan kita adalah hanya akan merasakan dan bercengkraman dengan alam asri hutan tanpa ada fasilitas modern di dalamnya.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top