Yuk Icip-icip makanan khas Papua Barat

Papua Barat
Papua Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua. Provinsi Papua Barat ini memiliki Ibu Kota yang bernama Manokwari. Walaupun jarang yang tau apa khas makanan dari daerah ini, namun ternyata ada banyak kuliner yang khas dapat kita temukan di Papua Barat. Makanan dari Papua Barat ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat berbeda dari provinsi-provinsi lainnya. Adapun beberapa makanan khas Papua Barat sebagai berikut :

1.Udang selingkuh
Ini satu lagi makanan unik khas papua barat yang cukup buat penasaran. UDANG SELINGKUH ! kenapa selingkuh? karena udang ini berbetuk udang namun memiliki capit seperti kepiting. Udangnya dianggap berselingkuh dengan kepiting. Udang ini cukup terkenal di daerah Wamena, Papua Barat. Penyajiannya bisa digoreng ataupun direbus. Sangat menarik sepertinya makanan yang satu ini. Jika kita berada di Papua Barat tidak ada salahnya icip-icip makanan udang selingkuh ini.


2.Martabak Sagu
Siapa yang tidak tahu dengan martabak. Hampir diseluruh provinsi yang ada di Indonesia mengenal makanan ini. Namun, di Papua Barat martabak yang disajikan terbuat dari sagu. Sagu dihaluskan lalu digoreng beberapa menit dan diberi gula merah. Martabak ini berbeda dengan martabak yang sering kita jumpai pada umumnya yaitu martabak manis ataupun martabak telur. Martabak sagu ini berasal dari sebuah kabupaten yang ada di Papua Barat yaitu Kabupaten Fakfak. Martabak ini sangat digemari dan disukai masyarakat sekitar karena rasanya yang manis dan dan gurih. Jika anda penasaran anda langsung bisa temukan di Fakfak karena martabak ini banyak ditemukan di Kabupaten ini.

3.Sate Ulat Sagu
Kita pasti sering makan sate seperti sate ayam, daging sapi ataupun daging kambing. Berbeda dengan sate yang ada di Papua Barat yang memiliki keunikan yang cukup aneh yaitu sate nya terbuat dari ulat sagu. Jenis makanan ini memang sedikit menggelikan bahkan jika kita tidak terbiasa mengkonsumsinya bisa membuat mual. Masyarakat sekitar sudah terbiasa mengkomsumsi makanan ini. Ulat sagu ini diperoleh dari batang pohon sagu yang sudah tua. Cara pengolahan pembuatannya sama dengan sate pada umumnya yaitu dibakar. Tidak ada salahnya jika kita ingin mencoba makanan ini.


4.Papeda
Sama halnya dengan martabak sagu tadi, bahan makanan papeda ini juga berasal dari sagu. Namun papeda sagu diolah menjadi bubur. Masyarakat papua sering memakannya dengan ikan seperti ikan tongkol atau ikan mubara yang dibuat ddengan kuah yang berwarna kuning. Cara memakannya sama seperti kita makan nasi namun nasi diganti dengan bubur.


5.Ikan Bungkus
Ketika kita lihat sekilas bentuknya hampir sama dengan ikan pepes dan resep yang digunakan juga hampir sama. Yang berbeda hanya saja pada bahan dasar yang digunakan. Dalam membuat ikan bungkus bahan dasar yang digunakan adalah ikan laut. Bumbu yang digunakan juga lebih banyak dan komplit dibandingkan dengan ikan pepes. Jika dimakan dengan nasi akan terasa lebih ajib.


Itulah beberapa makanan khas Papua Barat yang kudu kamu icip-icip jika singgah di Papua Barat.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top