Wisata Pantai Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi

Balikpapan merupakan kota yang berada di Kalimantan Timur atau sering disebut sebagai Kaltim tepatnya berada di Indonesia. Kalimantan timur pada mulanya disebut sebagai Billipapan atau Balikkappan. Biaya hidup di Kalimantan sangat terkenal mahal dibandingkan dengan kota-kota yang ada di Indonesia lainnya. Hal ini dikarenakan Balikpapan merupakan kota minyak. Sehingga kota ini diberi logo BenuaPatra (kota minyak). Walaupun demikian, kota Balikpapan ini merupakan kota yang paling layak di huni oleh masyarakat Indonesia. Karena dari segi tata kota yang unggul sekali dengan tatanan yang sangat rapi dan bersih.

Kota Balikpapan terkenal dengan kota yang banyak tempat wisatanya. Salah satu wisata yang wajib dikunjungi jika kita berada dipalikpapan adalah wisata pantai. Ada banyak pantai di Balikpapan ini. Disini akan dibahas beberapa pantai yang terkenal yang paling banyak dikunjungi oleh para pengunjung baik lokal maupun asing.

1.Pantai Melawai
Pantai Melawai ini terletak sebelum Pelabuhan Semayang.Pantai Melawai terletak tidak jauh dari pusat kota yakni sekitar 15 menit. Jika kita menggunakan kendaraan umum dari pusat kota maka biaya yang akan kita keluarkan hanya sekitar 2 hingga 5 ribu rupiah saja. Pemandangan yang terkenal di Pantai Melawai ini adalah kapal tanker pengangkut tongkang batubara. Dengan desiran ombak yang mendayu-dayu sehingga suasana menjadi lebih tenang, santai dan sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak.
Banyak pedagang yang berjualan di tempat ini seperti bakso, nasi goreng, sate dan lainnya. Cocok sekali di jadikan tempat berkumpul bersama keluarga menghabiskan waktu liburan.


2.Pantai Monpera
Pantai ini terletak tidak terlalu jauh dari pantai melawai bisa berjalan kaki jika anda suka jalan-jalan dengan berjalan kaki. Tapi ada alternatif lainnya yaitu dengan naik angkot dari Pantai Melawai. Pantai ini sama bagusnya dengan pantai melawai hanya saja pantai ini lebih kecil dan tidak terdapat pasir putih serta warna airnya tidak sebersih pantai melawai agak kecoklatan dan keruh. Asal nama pantai ini berasal dari nama Monumen Perjuangan Rakyat. Mengapa demikian? Karena pantai ini terletak tidak jauh dari markas Monumen Perjuangan Rakyat.
Keunggulan dari pantai ini adalah pada tepi pantai disediakan kursi-kursi untuk pelepas penat. Serta di tepian pantai dijual Jajanan Unik Khas Balikpapan, Kalimantan Timur.


3.Pantai Kemala 
Pantai ini juga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dikala liburan. Terletak di kota Balikpapan. Sangat disayangkan di Pantai ini tidak di izinkan membawa makanan ataupun minuman. Karena telah diumumkan kepada pengunjung pada papan pengumuman pintu masuk bahwa bagi siapa yang melanggar aturan akan denda kurang lebih 500 ribu. Hanya dizinkan membeli makanan di tempat-tempat atau kafe yang sudah tersedia di Pantai ini.Inilah alasan mengapa para pengunjung kurang tertarik mengunjungi pantai ini walaupun pantai ini ada keunggulan dari pantai lainnya.


4.Pantai Manggar
Pantai Manggar ini jauh dari pusat kota berbeda dengan tiga pantai sebelumnya yang bisa berjalan kaki menuju pantai. Apabila kita menggunakan angkot maka waktu yang akan kita tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam.
Pemandangan di Pantai ini cukup indah. Dari pintu gerbang ternyata perjalanan yang harus kita tempuh sangat panjang untungnya di setiap perjalanan berjejer pohon-pohon tinggi yaitu pohon cemara. Pasirnya kecoklatan sangat cocok buat tempat bermain. Di pantai ini juga disediakan tempat penyewaan pelampung, banana boat dan ban. Disini juga menyediakan tempat-tempat jajanan unik.




Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top