Tips Mencegah Paparan Radiasi Handphone

Bahaya Radiasi Handphone Dapat Mengganggu Daya Kerja Otak

Perhatikan disekitar kita sering kita temui keluhan-keluhan masalah kesehatan seperti sakit kepala, mata berkunang-kunang, tekanan darah tinggi, mudah lelah, gejala Alzheimer hingga penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker dan tumor otak. Tahukah anda bahwa salah satu penyebabnya adalah karena efek radiasi ponsel yang kita gunakan. Para ahli telah meneliti bahwa efek radiasi bisa berakibat vatal terhadap kesehatan seseorang dengan cara dan waktu yang berbeda tergantung pada kondisi tubuh orang tersebut.

Jika kita termasuk seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah maka akan mudah terkena efek dari radiasi smartphone yang kita gunakan. Di zaman sekarang ini smartphone sangat berguna untuk mempermudah kita dalam banyak hal. Jadi tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa ponsel itu harus wajib dimiliki.
Oleh karena itu kita harus menghindari bahaya radiasi smartphone tanpa harus menghindari penggunaan smarthphone. Berikut tips nya :

1.Kurangi waktu menelpon yang berlebihan
Sangat berbahaya jika kita menelpon hingga berjam-jam. Karena radiasi handphone akan dapat merusak gendang telinga kita bahkan sampai ke saraf otak. Survei membuktikan bahwa menelpon dalam waktu pendek saja dapat mengubah aktivitas listrik alami otak hingga satu jam. Bayangkan jika kita menelpon hingga berjam-jam bahkan seharian bisa saja otak kita tidak dapat berfungsi secara normal lagi.

2.Hindari radiasi smarthphone saat tidur
Ketika tidur pancaran radiasi akan merusak semua bagian tubuh kita terutama otak. Apalagi tubuh kita sedang dalam keadaan tidak beraktifitas maka efeknya akan sangat mudah dirasakan. Usahakan ketika tidur handphone dimatikan atau letakkan jauh dari posisi tubuh kita.

3.Minimkan pesan singkat atau sejenisnya
Pesan singkat atau sejenisnya sangat sering digunakan saat  ini. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan pesan singkatnya tetapi penggunaan handphone yang berlebihan bahkan sampai 24 jam non stop sering kita temui pada remaja saat ini. Hal inilah yang harus dihindari, usahakan penggunaan handphone dibatasi. Menjalin kontak langsung dengan handphone tanpa ada ;jeda sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan daya kerja otak. Tidak hanya itu gangguan pada mata juga menjadi ancaman. Upayakan agar penggunaan handphone untuk mengirimkan pesan singkat, chat dalam bbm, facebook, whatsap, line dan lainnya diminimalisir agar kesehatan tetap terjaga.

4.Hindari handphone saat sinyal lemah
Saat handphone dalam keadaan lemah maka pancaran gelombang elektromagnetik akan semakin kuat. Hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya para peneliti belum terlalu meneliti tentang hal ini. Walaupun peneliti belum memastikan seberapa bahaya efek dari baterai lemah ini diharapkan kepada pengguna handphone agar menghindari hal ini karena kekuatan pancaran gelombang elektromagnetik yang banyak atau tinggi pasti akan berakibat vatal pada kesehatan tubuh.

5.Gunakan speaker dan headset
Mengangkat telepon lebih baik jika tidak langsung kontak dengan telinga karena sangat berbahaya jika berkomunikasi dalam waktu yang lama. Alangkah lebih baik jika menggunakan alternatif lainnya seperti menyalakan speaker atau gunakan headset. Kedua hal ini bisa membantu mengurangi pancaran radiasi yang berlebihan.

Sekianlah tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencegah bahayanya pancaran radiasi handphone yang akan berakibat vatal jika kita salah dalam penggunaannya. Semoga bermanfaat


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top