Menjelajahi Tempat Wisata Kota Damai Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Palangkaraya merupakan kota yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Banyak yang tidak tau bahwa kota ini ternyata mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang tepatnya berada disamping Sungai Kahayan ini memiliki sejumlah objek wisata alam, budaya, sejarah serta oleh-oleh unik yang masih banyak belum kita ketahui. Bahkan kota ini lebih memiliki sederetan kuliner khas dayak yang unik.

Apabila kita berangkat dari kota Banjarmasin, maka waktu yang akan kita tempuh menuju kota damai palangkaraya ini berkisar antara 3 sampai 4 jam perjalanan. Ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi bila berada di kota ini adalah sebagai berikut :

1.Jembatan Barito
Apabila kita berangkat dari kota Banjarmasin, setelah tiga jam perjalanan kita akan menemui sebuah jembatan megah yang disebut sebagai jembatan barito. Jembatan ini dikabarkan sebagai jembatan kebanggaan warga Kalimantan Tengah karena sungai yang berada dibawah jembatan ini membentang luas sejauh kurang lebih 900 km menuju Gunung Muller.
Sungai khas Kalteng ini mempunyai panorama alam yang menakjubkan, warna airnya kecoklatan dengan ditepi sungai terdapat hutan rimbun. Sungguh eksotis pemandangannya.


 2.Tugu Berornamen Dayak
Setibanya di sebuah kota yang bernama kota Kualu Kapuas kita akan disambut dengan sebuah tugu unik yang berornamen kan dayak. Setelah beberapa jam dari kota inilah kita baru bernafas lega di kota damai palangkaraya. Jadi, manfaatkan perjalanan anda dengan melihat lihat dan mampir sebentar untuk menikmati tempat wisata selama perjalanan menuju kota Palangkaraya.


3.Rumah Betang Suku Dayak
Walaupun rumah ini bukan merupakan rumah asli peninggalan suku Dayak, namun rumah ala ala Dayak ini mampu mewakili bentuk asli rumah betang suku dayak. Rumah ini terletak di Jl. D.I Panjaitan. Di sekitar rumah ini kita dapat melihat berapa patung khas suku dayak yang menyerupai manusia. Patung didesain dengan ukuran yang berbeda-beda dan ukuran yang berbeda pula. Sangat menarik sekali jika kita tau arti budaya suku ini.


4.Mandala Wisata
Rumah dayak diatas ternyata berada di sebuah kompleks. Nah, kompleks replika dari rumah itulah yang disebut sebagai mandala wisata. Mandala wisata dibuat dengan tujuan dijadikan tempat pameran perkenalan suku dayak kepada masyarakat.

5.Kereng Bangkirai
Ada sebuah perkampungan yang berada sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota. Kampung inilah yang dinamakan Kereng Bangkirai. Kampung memberikan destinasi keindahan alam yang begitu asri dan nyaman. Pemandangannya bak danau raksasa. Pada atas danau ini terdapat klotok kecil yang berlalu lalang, mengisyaratkan sebuah transpor utama masyarakat dengan tarif harga yang murah.

6.Batu Ampar
Saat ini lagi booming sekali dengan batu alam. Nah, sebenarnya di Batu Ampar inilah masyarakat mencari sejumlah batu yang akan dijual. Batu Ampar ini berada tidak jauh dari Kereng Bangkirai hanya sekitar 30 sampai 40 menit perjalanan. Selama perjalanan, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah sekali. Ribuan pohon dapat kita lihat diatas air, air nya bagaikan danau raksasa. Setelah sampai di Batu Ampar kita langsung disuguhi dengan lahan kosong yang didalamnya terdapat limpahan batu alam yang indah.


Ternyata sangat menarik kan tempat wisata yang ada di Palangkaraya dan sekitarnya. Kita dapat merasakan keindahan alam yang masih sangat natural dan pastinya masih bernilai etnik dengan khas suku dayak.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top