Keindahan 5 Pulau di Sumatra Barat yang Masih Jarang Terekspos

Sumatera Barat – Setiap warga indonesia pasti tahu akan keindahan provinsi yang satu ini. Keindahan yang tidak ada habisnya di kota ini ternyata masih menyimpan banyak rahasia mengenai tempat wisata termasuk pulau. Pulau-pulau yang tak kalah eksotisnya dengan pulau yang ada di kepulauan seribu sangat menarik perhatian para wisatawan. Namun, pulau-pulau yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat ini masih banyak yang tersembunyi dan masih jarang terekspos oleh umum. Alasan mengapa masih jarang terekspos masih belum diketahui dengan pasti namun menurut kami karena akses menuju pulau ini yang masih sulit.
Adapun beberapa pulau yang masih bisa dikatakan masih jarang terekspos oleh dunia adalah sebagai berikut :

1.Pulau Pandan
Pulau yang banyak ditanamai pohon kelapa ini memiliki luas sekitar 16 hektar. Pantai di pulau ini memiliki keindahan yang begitu alami. Pasir pantai yang berwarna putih serta air yang masih terjaga keasriannya. Pantai ini termasuk kategori pantai yang dangkal sering digunakan sebagai tempat snorkeling.
Dari cerita masyarakat di daerah ini, terdapat peninggalan Belanda di pulau ini. Jika kita melihat sebuah bangunan yang berada di pulau ini maka kemungkinan besaritu adalah rumah penjaga pulau. Apabila kita berada di kota padang alternatif yang biisa kita gunakan untuk menuju pulau ini bisa menggunakan speedboat kurang lebih 1 jam.
Keindahan Pulau Pandan

2.Pulau Pieh
Jika kita sedang berada di Padang atau Pariaman kita akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam untuk menuju pulau ini. Pulau ini tepat berada disebelah pulau Bando yang akan kita bahas lebih lanjut nanti mengenai pulau ini. Luas dari pulau ini kurang lebih 10 hektar. Pulau ini masih sangat alami tetapi bangunan-bangunan seperti gazebo dan rumah jaga sudah ada yang berdiri di pulau ini. Pulau ini memiliki air yang jernih dan bersih serta warna pasir yang masih putih bersih. Karena memiliki pasir yang berwarna putih, penyu-penyu memanfaatkannya untuk bertelur. Jadi, tidak heran jika kita banyak menemukan banyak penyu di pulau ini.
Panorama Bawah Laut Pulau Pieh
3.Pulau Mandeh
Pulau Mandeh menjadi trendtopic wisatawan saat ini. Pulau yang terletak di Kec Koto Sumatera Barat ini merupakan replika dari pulau raja ampat. Siapa yang tidak tahu dengan pulau raja ampat yang ada di Papua. Keindahan yang seperti surga dunia ini sangat diminati oelh wiisatawan saat ini. Apalagi pulau ini masih baru terekspos sehingga masih hangat-hangatnya untuk dikunjungi.
Kawasan Wisata Pulau Mandeh
4.Pulau Bando
Pulau Bando terletak di kota Pariaman. Apabila kita berada di pusat kota kita bisa menghabiskan waktu 45 menit menuju pulau ini. Pulau ini banyak ditanami pohon kelapa dan beberapa tanaman lainnya yang sangat subur. Luas pulau ini hanya sekitar 7 hektar. Sama halnya dengan pulau lainnya pantai yang terdapat di Pulau ini masih sangat terjaga kealamiannya. Air yang berwarna biru jernih, pasir yang berwarna putih bersih dan terdapat beberapa batu karang yang masih alami. Pantai ini bisa kita manfaatkan untuk tempat snorkeling dan berenang.
Wisata Air Pulau Bando
5.Pulau Toran
Pulau Toran merupakan pulau yang palimg luas daripada pulau-pulau lainnya yang ada di Sumatera Barat. Luasnya sekitar 28 hektar. Pulau ini masih terjaga kealamiannya. Air yang masih jernih, bersih dan berwarna kebiruan sangat menggoda iman untuk terjun kedalamnya. Airnya juga dangkal sehingga sering digunakan dalam penelitian ataupun pengamatan studi. Memiliki pasir yang berwarna putih dan bersih.
Berbagai jenis tanaman dapat kita lihat di pulau ini. Pohon-pohonnya juga sangat rindang dan hijau. Tidak kalah dari pulau-pulau lainnya pulau toran juga terdapat batu karang yang berbentuk tugu.
Pulau Toran


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top