Jajanan Unik Khas Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan adalah sebuah kota kecil yang berada di Propinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota Balikpapan sudah berkembang dengan pesat karena banyak pendatang yang datang ke kota kecil ini. Jangan heran jika di kota ini penuh dengan kulturasi dan budaya yang berbeda. Oleh karenanya, kuliner pun menjadi banyak ragam di kota ini. Jika anda berada di kota balikpapan pasti yang pertama anda ingat untuk keluarga dirumah adalah oleh-oleh khas dari Balikpapan atau jajanan-jajanan unik dari Balikpapan. Kami telah merekomendasikan beberapa jajanan unik khas Balikpapan yang masih terkenal sampai saat ini.

Adapaun jajanan unik tersebut  adalah :

1.Kepiting yang diolah dengan berbagai bentuk
Kita ketahui bersama penghasil udang terbaik yang ada di Indonesia adalah kota Balikpapan, Kaltim. Berbagai jenis olahan udang dapat kita temukan di Balikpapan ini. Salah satunya adalah kepiting lada hitam. Kepiting lada hitam ini dapat kita temukan di restoran-restoran yang ada di Kota Balikpapan. Salah satu rekom dari kami adalah restoran yang ada di Jl MarsmaIswahyudi Gunung Bakakran. Disana menyediakan berbagai macam olahan udang yang dapat kita santap dengan puas. Diantaranya adalah Kepiting saos tiram, kepiting tauco, keping lada hitam, kepiting saos spesial dan lainnya. Namun walaupun banyak pilihan kami sangat tertarik dengan kepiting saos lada hitam. Rasanya sangat menggugah selera.
Ada juga abon kepiting yang dijual dengan kemasan yang menarik dan tahan lama. Dapat kita temukan di supermarket atau minimarket yang ada di Kota Balikpapan.



2.Bakpia Khas Balikpapan
Selama yang kita dengar selama ini bakpia pasti berasal dari jogja. Tapi jangan salah Balikpapan juga mempunyai bakpia khas balikpapan juga. Oleh-oleh khas Jogjakarta ini sering juga disebut sebagai bakpia pathuk. Berbeda dengan khas Balikpapan yang bakpianya tidak berukuran kecil seperti khas Jogja tetapi lebih besar. Bahannya terdiri dari kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Bakpia khas Balikpapan memang terkenal dengan kegurihan nya. Teksturnya lembut seperti biskuit. Rekomendasi dari kami anda dapat membeli jajanan khas Balikpapan ini di Jl. A. Yani Balikpapan. Di tempat ini anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari bakpia.



3.Amplang
Siapa yang tidak tau jajanan ini. Jajanan dengan ciri khas seperti kerupuk ini banyak kita temukan di Kota Balikpapan. Olahan bahan yang diperlukan adalah tepung, rempah, daging ikan pipih atau ikan belida dan telor. Namun sangat disayangkan ikan pipih ini sudah langka ditemukan di kota Balikpapan dan pembuat amplang kini kebanyakan menggunakan ikan tenggiri. Namun kebanyakan kemasan sering juga menulis pada merk ikan yang digunakan adalah ikan pipih atau ikan belida.
Bentuk amplang ini bermacam-macam ada yang membuat bulat, panjang, oval dan sebagainya tergantung keinginan. Namun, walaupun bentuknya berbeda rasa dan gurih dari ampalng ini tetap terjaga.





4.Bingka Khas Balikpapan
Bingka merupakan salah satu jajanan unik khas balikpapan, Kalimantan Timur. Bahan dasar dari bingka ini adalah kentang tetapi makanan ini tidak terlalu tahan lama. Rasa bingka khas Balikpapan ini sangat lezat, manis dan gurih. Adonannya terdiri dari kentang, gula, garam, susu, telor, dan santan. Berbagai kreasi bingka dapat kita temukan di Kota Balikpapan. Misalnya dengan mengkombinasikan kentang dengan keju, kentang dengan gula, kentang dengan pisang bahkan dengan coklat tidak kalah menarik juga ada yang mengkombinasikan antara kentang dengan ubi dan labu.





Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top