Intip-intip wisata di Sulawesi Tengah yuk!

Wisata Sulawesi Tengah – Provinsi Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu, dikenal dengan wisata bahari yang terkenal akan indahnya, terdapat pantai dan teluk yang menjadi daya tarik provinsi ini. Namun, pusat hiburan di kota Palu bisa dibilang tidak terlalu banyak. Akan tetapi ada banyak peninggalan purba dan pesona budayanya dan yang patut kita jadikan sebagai objek wisata. Ibukota Palu, Sulawesi Tengah ini terletak tepat di samping Teluk Palu.

Dari informasi yang didapat, kabarnya, akan dibangun pangkalan kapal selam di teluk tersebut, karena kawasan teluk tersebut sangat menjorok ke daratan kemudian sangat mendukung operasi kapal selam dengan kedalaman yang dimilikinya dengan air berwarna biru kehijau-hijauan. Dari ibukota Palu yang terkenal kulinernya “Kaledo” ini, kita bisa menyaksikan kemegahan landmark kota Palu yaitu jembatan 4 di Teluk Palu yang merupakan jembatan terbesar ketiga di Dunia.

Berikut tempat-tempat wisata yang terkenal di Sulawesi Tengah yang sayang jika anda lewatkan:

1.    Pantai Talise
Pantai Talise merupakan pantai yang berada di sepanjang teluk Palu tepatnya terletak di sepanjang Jalan Cut Mutiah dan Jalan Raya Moili, menurut kabar yang beredar akan dibangun pelabuhan kapal selam karena kedalamannya yang cukup mumpuni. Akses menuju ke Pantai Talise ini sangat mudah, karena sangat dekat dari pusat kota dan letaknya tepat di bibir teluk Palu sehingga warga dengan mudah dapat menemukan pantai yang pemandangannya sangat menakjubkan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan ombaknya tenang. Beberapa aktivitas dapat dilakukan di sini, salah satunya adalah olahraga selam bagi pecinta raga selam sangat seru berpetualangan dibawah air yang bening dan sangat menyegarkan, selain itu berenang, berjemur dan lain sebagainya.

2.    Jembatan IV Palu
Jembatan IV Palu ini merupakan jembatan berwarna kuning dan berbentuk lengkung yang pertama di Indonesia serta ketiga di dunia setelah Perancis dan Jerman. Jembatan Palu IV ini terletak di Ibukota Sulawesi Tengah yaitu Kota Palu, diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei tahun 2006 yang lalu. Nah, jembatan ini terbentang di atas Teluk Talise yang terletak di Kelurahan Lere dan Besusu, dan menghubungkan Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur. Sejak dari peresmian jembatan tersebut, jembatan sepanjang 300 meter ini selalu menjadi tempat santai penduduk Palu dan sekitarnya sekaligus menyaksikan tenggelamnya mentari di sore hari. Pemandangan sunset dari atas jembatan terasa lebih jelas dan mempesona. Apalagi, disaat warna sinar matahari berwrna jingga kekuningan yang memantul ke permukaan air Teluk Palu, membuat keindahan semakin nyata.

3.    Taman Nasional Lore Lindu (TNLL)

Bagi anda para pecinta kegiatan petualang, objek wisata ini patut anda kunjungi, yaitu Taman Nasional Lore Lindu. Terdapat danau, gunung, yang sangat indah serta pantai yang masih alami. Terlebih lagi disini anda dapat melihat batu-batu dari zaman megalitik. Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Beraneka ragam fauna dan flora yang dilindungi yang dapat anda jumpai. Fauna yang ada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini merupakan habitat mamalia asli yang terbesar di Pulau Sulawesi, diantaranya adalah rusa, kera hantu/tangkasi, kera kaktokea, anoa, babirusa, sejenis kuskus marsupial dsb.

4.    Museum Sulawesi Tengah
Museum ini merupakan tempat peninggalan-peninggalan prasejarah dan kebudayaan Sulawesi Tengah, seperti senjata, perkakas rumah tangga, contoh-contoh seni dan kerjinan tradisional. Selain itu di sini anda dapat melihat bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah zaman dulu membuat kain dari kulit, meramu dan melihat koleksi gajah purba. Museum Sulawesi Tengah terletak di pusat kota Palu, tipe arsitektur bangunan yang ditentukan di daerah ini berbeda. Jika anda penasaran dengan asal usul nenek moyang dan budaya kota ini, kunjungilah Museum Sulawesi Tengah.

5.    Sou Raja
Sou Raja adalah rumh peninggalan suku kaili yaitu nenek moyang dari keluarga bangsawan,   nama lain dari rumah panggung ini juga disebut Banua Mbaso, bahasa suku kaili yang artinya rumah besar/pondok raja. Hingga kini rumah banua mbaso dapat anda temukan di beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, diantaranya di Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Tavaili. Sedangkan di kota Palu tepatnya di Kampung Lere, rumah Sou Raja masih terawat.

6.    Pantai Tanjung Karang
Pantai ini dapat anda temukan di sepanjang mulut teluk palu, dan berada sekitar 5 kilometer di utara Donggala. Pantai Tanjung Karang ini merupkan wisata andalan di Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasi menuju kawasan wisata ini dapat dicapai dari kota Palu selama 30 – 60 menit. Pemandangan yang indah dapat anda saksikan disepanjang perjalanan menuju ke pantai Tanjung Karang ini. Selain pantai tersedia juga alternatif wisata seperti pegunungan yang sangat indah dipandang.
7.    Pulau Pasoso
Pulau Pasoso ini dikenal sebagai pulau penyu hijau, disini dapat pula kita saksikan penyu bertelur pada waktu bulan September dan Oktober. Pulau Pasoso berada di Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala.

8.    Air Terjun Likunggawali
Bagi anda para pecinta panjat tebing, Sulawesi Tengah tempatnya! Objek wisata ini bisa menjadi tempat lokasi olahraga panjat tebing yang memiliki kecuraman kurang lebih dari 80 m dan panorama alamnya yang indah. Di kawasan ini juga ada air terjun serta jalur trekking yang melintasi beberapa desa di sekitar kawasan, yaitu jalur trekking Towera-Janaedo dan jalur Likunggawali–Janaedo.

9.    Air terjun saluopa dan Danau Poso
Air terjun saluopa memiliki air terjun bersusun 12 tingkat, dan danau poso merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia setelah Danau Singkarak dan Danau Toba.

Itulah beberapa objek wisata di Sulawesi Tengah yang dapat anda kunjungi, Selain tempat wisata tersebut anda juga dapat mengunjungi destinasi wisata Sulawesi Tengah lainnya yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top