Daya Ingatanmu lemah? Dengarkan Musik!

Menjadi impian dan unsur yang penting bagi setiap orang memiki otak yang mudah mengingat. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam kehidupannya sehari-hari yang membutuhkan daya ingat otak diberbagai aktivitas. Terutama dalam dunia pendidikan dan juga dunia kerja.

Jika daya ingatan kita lemah, seperti merasa sering lupa ataupun susah mengingat tugas kerja atau pelajaran. Bagaimana seseorang akan berhasil dalam melakukan pekerjaan dalam kesehariannya? Ada terdapat obat-obatan yang dijual di pasaran untuk membantu masalah ini. Akan tetapi ada terdapat beberapa kelemahan. Obat-obatan tersebut hanya bersifat sementara dan tidak abadi pada otak. Lalu ada muncul efek samping karena penggunaan obat-obatan dalam waktu jangka panjang.

Nah, bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat otak kita dan melatihnya agar dapat menyimpan informasi lebih baik secara permanen tanpa mengorbankan kesehatan fisik seperti halnya obat? 
 
Otak pada dasarnya bekerja karena adanya rangsangan. Seperti musik dan gelombang otak yang saat ini ditemukan bahwa mampu meningkatkan kemampuan memori otak manusia. Bahkan ketika Anda hendak tidur, bisa dilakukan beberapa aktivitas sederhana seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang sangat baik sebagai pengantar tidur Anda. Sejumlah peneliti lain juga menemukan bahwa mendengarkan musik ketika hendak tidur dapat meningkatkan memori otak.

Cara alternatif ini dinamakan musik terapi, tepatnya disebut dengan Musik Terapi Gelombang Otak. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Institut Musik dan Fungsi Neurologi di Amerika, mengungkapkan fakta bahwa jenis terapi musik sangat bermanfaat bagi para penderita dementia (kepikunan) untuk membantu meningkatkan ingatan mereka.

Dalam musik terdapat audio gelombang yang bekerja membersihkan sumbatan dalam pikiran, karenanya memungkinkan otak pada manusia dapat berpikir jernih dan mendalam untuk waktu yang lebih lama. Musik terapi ini berkemampuan untuk meningkatkan konsentrasi. Otak menjadi lebih mampu dan mahir dalam menyimpan sejumlah besar informasi. Semua hambatan yang menganggu pikiran manusia dapat dihapus oleh Musik Terapi Gelombang Otak ini, sehingga otak bekerja secara maksimal. Suara musik dengan irama osilasi lambat dapat meningkatkan osilasi pada otak yang meningkatkan daya kerja memori bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Selain itu Musik bisa digunakan untuk menyembuhkan insomnia, mengatasi kecemasan, menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Nah sudah tahukan?? Intinya musik dapat menunjukkan rangsangan suara hanya efektif dapat meningkatkan daya ingat dan memori otak manusia, bahkan terjadi selama berlangsungnya fase tidur nyenyak dengan suara selaras.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top