Tawaran Wisata Menarik di Sidoarjo

Tempat Wisata - Termasuk dalam lokasi mudah dijangkau apabila berada di Jawa Timur. Karena Sidoarjo berbatasan dengan ibukota dari salah satu provinsi di Jawa ini, hanya menempuh waktu kisaran 40 menit dari kota Surabaya. Oleh karena itu, membuat Sidoarjo menjadi kota yang banyak dikunjungi. Tidak hanya lokasi yang mudah digapai, namun dalam sector wisata kota ini tidak kalah saing dengan kota lainnya di Jawa Timur. Inilah bebarapa wisata yang dapat dinikmati di kota Sidoarjo.

1. Candi Pari
Candi ini merupakan salah satu benda sejarah yang termasuk dalam peninggalan pada masa kerajaan Majapahit. Meskipun begitu, corak candi ini sangat berbeda dengan kebanyakan candi di Jawa Timur. Ornamen pada bentuk kaki candi,  tubuhnya serta candi itu sendiri lebih banyak kemiripan dengan candi yang ada di Jawa Tengah yaitu bentuk yang lebar dan kelihatan seperti bangunan yang kokoh dan tangguh. Budaya Campa yang merupakan daerah di Vietnam, memperngaruhi sebagian besar gaya arsitektur bangunan ini. Dibuat dengan batu merah pada tahun 1917, keunikan yang ada pada candi ini yaitu terletak di atapnya. Atapnya memiliki bentuk mahkota  yang merupakan pola dari budaya Campa. Memiliki sebuah gerbang yang tebuat dari batu andesit, candi ini memiliki panjang sepanjang 16,86 meter serta tinggi hanya 13,40 meter.

Gambar Candi Pari

2. Pantai Kepentingan
Termasuk akses yang lumayan sulit untuk mencapai tempat ini, membuat tepat ini banyak dikunjungi. Wisatawan merasa semakin sulit jalan yang ditempuh, maka tersedia wisata yang tersembunyi keindahan di dalamnya. Akses yang harus dilalui adalah dengan menggunakan perahu para nelayan. Menggunakan perahu ini tidaklah gratis, tetapi harus membayar biaya perjalanan atau disebut juga dengan transportasi. Sebenarnya terdapat jalur darat untuk sampai ke pantai ini. Namun sangat disayangkan, karena kondisi jalan yang tidak memungkin untuk digunakan. Kawasan ini merupakan daerah terpencil yang jauh dari kebisingan aktivitas kota yang sibuk. Karena memiliki banyak tantangan untuk menggapainya, tempat ini lebih banyak dikunjungi apabila hari libur.  Apalagi di sini dilakukan upacara Nyadran yang merupakan upacara tahunan dalam menyambut bulan Ramadhan. Pelaksanaan upacara ini sebagai wujud rasa syukur karena nikmat yang diterima selama ini.

Pantai Kepentingan
3. Delta Fishing
Berada di kawasan daerah Lingkar Timur terletak sebuah tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Karena terdapat berbagai wahana rekreasi yang pas untuk dinikmati bersama kelurga di waktu senggang. Menyediakan kolam yang berisi beraneka macam ikan yang bisa dipancing, kolam untuk berenang, berbagai jenis outbound serta tempat makan hasil tangkapan sendiri. Dijamin kepuasan serta kenyamanan dalam berekreasi di tempat ini.

Gambar Delta Fishing
4. Wisata Tlocor 
Memiliki kualitas ikan yang bagus dan segar, membuat tempat ini menjadi wisata pemancingan yang laris dan banyak dikunjungi. Bahkan sebelumnya tempat ini tidak difasilitasi seperti jalan akses ke sana bergelombang dan anjlok. Apabila hujan maka akan membuat perjalanan ke sana menjadi sulit dan lama. Namun sekarang, akses untuk ke tempat ini sudah diaspal serta ada fasilitas-fasilitas lainnya seperti tersedia pelabuhan dan juga ada wisata tempat tambak. Makhluk air yang tersedia juga banyak yaitu kepiting, ikan mujaher,  udang, gere, bandeng, dan sebagainya, sehingga semua tergantung pada keberuntungan pengunjung akan mendapat yang mana. Bagi pecinta ikan dan memancing, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba mendapatkan dan menikmati hasil tangkapan di Tlocor ini.

Gambar Wisata Tlocor
5. Water Park Sun City
Sejak tahun 2004 tempat ini didirikan, ternyata menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang yang sedang bersantai atau juga keluarga yang ingin menikmati waktu bersama. Wahana waterbom yang banyak dan menyenangkan membuat anak-anak sangat menyukai tempat ini, namun tak ada pengecualian juga sepertinya untuk orang dewasa. Menikmati waktu libur di sini memanglah pilihan yang tepat, karena semua fasilitas yang ada tidak akan membuat pengunjung kecewa. Terletak di jalan Pahlawan membuat tempat ini tidak sulit ditemukan, serta keberadaannya yang sudah diketahui oleh seluruh masyarakat di Sidoarjo.

Gambar Water Park Sun City
6. Kawasan Lumpur Lapindo
Sebuah bencana alam ternyata bisa menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.  Mungkin lebih tepatnya bukan tempat wisata, namun tempat yang menjadi banyak perhatian karena dampak yang ditimbulkannya. Menghancurkan banyak rumah beserta hal-hal milik warga, membuat bencana ini sangat terkenal, bahkan bukan hanya di Indonesia namun di dunia internasional. Keluarnya lumpur panas dari pipa bawah tanah ini telah ditimbul sejak tahun 2006, dan sampai sekarang masih belum teratasi seluruhnya. Keprihatinan dan rasa penasaranlah yang membuat tempat ini menjadi banyak dikunjungi. Bagi yang ingin mengunjungi lokasi ini sebaiknya selalu waspada karena merupakan bisa saja lumpur lapindo menyembur di mana saja.

Kawasan Lumpur Lapindo

Memiliki banyak tempat yang menjadi tujuan untuk berwisata, Sidoarjo bisa dijadikan referensi dalam memilih tempat liburan. Jadi, jangan bingung dan galau lagi untuk berkunjung di Sidoarjo ini. Karena keindahan wisata di sini akan mampu memuaskan keinginan fresh di diri Anda. Selamat menikmati!


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top