Nikmati Waktu Berwisata di Gresik

Tempat Wisata - Dikenal dengan kota santri tidak membuat Gresik tidak memiliki hal yang membanggakan dalam bidang pariwisata. Untuk seluruh kawasan Jawa Timur, Gresik termasuk kota yang kaya akan tempat wisata. Tertarik untuk mengetahui apa saja wisata yang bisa dijadikan tempat liburan? Intip pembahasannya yuk!

1.    Pulau Bawean
Pulau ini secara geografis termasuk dalam kawasan Jawa Timur yaitu Gresik. Pulau ini memiliki banyak potensi dalam bidang pariwisata. Pulau yang memiliki penduduk sekitar 700.000 jiwa ini memiliki hewan khas yaitu rusa bawean. Tempat penangkaran hewan ini telah dikembangkan sehingga menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi. Bawean terkenal akan keindahan alamnya, di mulai dari pantai, danau, air terjun, hutan bakau, sungai serta keindahan eksotis terumbu karang dan banyak hal lagi yang mampu memberikan kesan dan kepuasan tersendiri. Kenyamanan akan terasa dari sikap warga yang terbuka dan ramah. Keindahan pulau bawean akan terlihat dari atas karena pulau ini memiliki pulau-pulau kecil yang mengelilinginya.

Gambar Pulau Bawean

2.    Danau Kastoba
Terletak di tempat yang sama, danau ini sering menjadi tempat yang akan dituju apabila telah datang ke pulau Bawean. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk mencapai danau ini. Ditambah dengan harus mendaki jalan berbukit, serta jalan setapak di daerah yang bisa dikatakan hutan. Meskipun begitu, ada keindahan yang disajikan. Karena di kelilingi banyak tumbuhan rimba membuat hutan memiliki berbagai satwa dengan berbagai jenis. Dan ada juga satwa yang khas seperti adanya serangga yang tidak akan bisa dijumpai ditempat lain. Jika melewati dataran berbukit maka sudah jelas pemandangan yang terjadi akan sangat mengesankan. Setelah itu, pengunjung akan dipuaskan pula dengan keindahan air yang jernih di danau Kastoba ini. Pengunjung seakan tidak akan pernah habis terkesan oleh keindahan alam yang tersedia di sini.

Gambar Danau Kastoba

3.    Telaga Ngipik
Berada di kawasan yang tidak jauh dari alun-alun kota Gresik (sekitar 1,5 km) membuat tempat ini menjadi sangat mudah dijangkau. Tentunya wisata yang disuguhkan di sini semua berhubungan dengan air. Pada tahun 1999, tempat ini pernah menjadi tempat untuk Kejuaraan untuk daerah ski air se Jawa Timur. Sehingga sampai sekarang membuat tempat ini menjadi tempat pelatihan favorite bagi pengunjung yang ingin bermain ski air. Keindahan telaga ini dapat dinikmati pengunjung dengan berkeliling menggunakan perahu karet yang disediakan. Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, jangan sedih karena di tempat ini juga disediakan sebuah tempat pemancingan, yaitu di Giri Wana Tirta.

Gambar Telaga Ngipik

4.    Pantai Delegan
Terletak di kecamatan Pencengan, pantai ini termasuk salah satu wisata yang masih belum dikelola dengan maksimmal. Fasilitas yang belum lengkap dikarenakan kurangnya pengelolaan dari pemerintah, hanya dikelola oleh warga setempat. Namun, hal ini tidak mengurangi keeksotisan wilayah ini. Untuk orangtua jangan khawatir jika anak ingin bermain di pantai, karena ombak di pantai delegan ini tidak besar. Dan juga disediakannya pelampung dari ban untuk berenang. Disepanjang bibir pantai, piknik keluarga sangat banyak dijumpai. Aktivitas yang bisa dilakukan juga yaitu berperahu dengan perahu yang telah disediakan. Kegiatan yang pastinya akan menyenangkan ketika berliburan. 

Gambar Pantai Delegan

5.    Gunung Kapur Sekapuk
Bermula dari tempat yang dipenuhi dengan kapur yang bertumpuk, namun tanpa direncanakan bekas galian dan pahatan sehingga membuat tempat ini mampu menjadi objek wisata yang mengesankan mata. Bentuk-bentuk yang terukir menjadi bentuk yang sangat kompleks. Seperti adanya bentuk yang menyerupai sebuah bangunan, di mana sangat arsitektur dan unik. Berada di kawasan dengan luas sekitar 2 sampai 3 km, untuk mencapai tempat ini aksesnya sangat mudah. Bisa dengan menggunakan sepeda gunung, motor dan mobil. Atau apabila memiliki keinginan sambil melihat pemandangan bisa juga dengan berjalan kaki.

Gambar Gunung Kapur Sekapuk

6.    Air Terjun Laccar
Air terjun dengan nama lain Kudhuk-Kudhuk ini belum tereksploritasi dengan baik. Tidak banyak yang mengetahui bahwa keindahan yang mumakau ada di tempat ini. Layaknya air terjun pada umumnya, pastinya berada di tempat dataran tinggi. Hal itu membuat pemandangan yang tercipta mengesankan sekali. Ditambah dengan udara sejuk dan segar yang mampu merasuk sampai ke jiwa dan perasaaan. Kicauan serangga di sekitar membuat suasana semakin menyenangkan. Benar-benar sensani yang berbeda dengan semua rutinitas yang padat dan melelahkan. Kelebihannya lagi adalah, pengunjung tidak perlu mendaki perbukitan, namun bisa dituju dengan kendaran baik roda dua maupun roda empat. Meskipun belum banyak fasilitas dan pengelolan yang belum maksimal, namun air terjun ini merupakan wisata yang mampu menggetarkan jiwa dengan keindahannya.

Gambar Air Terjun Laccar

7.    Pulau Noko
Jika berada di kota Gresik jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke pulau ini. Pulau Noko masih berada dalam kawasan pulau Bawean. Pulau yang tidak memiliki penghuni ini hanya merupakan dataran seluas 600 meter persegi. Namun bukan sembarang dataran, namun dataran putih yang dipenuhi bunga karang yang merupakan keindahan spesies laut. Air yang jernih membuat pengunjung terpana dengan keindahan terumbu karang yang ada. Tidak jauh dari pulau ini, terdapat permukiman masyarakat, yaitu berada di pulau Gili. Apabila air sedang surut, penduduk pulai Gili dapat mendatangi pulau Noko yang dengan berjalan kaki saja. Dengan demikian, pengunjung juga dapat berjalan ke pulau Gili hanya dengan berjalan kaki saja. 

Gambar Pulau Noko

Wisata yang tersedia banyak dalam lokasi yang terjangkau. Hali ini seperti memberikan wisata yang komplit untuk semua pengunjung yang datang ke kota Gresik. Maka berliburan di Gresik ini seperti perumpamaan “Seperti menyelam minum air”. Sekali liburan, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Baca juga:
Menjelajahi Wisata Pantai nan Mempesona di Bangka Belitung


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top