Menyantap Kenikmatan Makanan Khas Sidoarjo

Wisata Kuliner - Setelah lelah menikmati wisata maka hal yang perlu dilakukan adalah menikmati santapan khas yang ada. Terkenal akan wisata yang memikat hati, tidak akan sempurna jika tidak dilengkapi dengan kuliner yang khas. Begitulah Sidoarjo akan memanjakan seluruh pengunjung yang datang. Kuliner khas yang tersedia akan mengenyangkan perut dan sekaligus memuaskan hati dengan nikmat dan uniknya rasa yang disuguhkan. Inilah beberapa makanan khas Sidoarjo yang harus dicari ketika berada di kota Sidoarjo.

1.    Kupang Lontong Sidoarjo
Menggunakan bahan laut sebagai bahan pokok membuat makanan yang satu ini sangat laris di Sidoarjo. Kupang yang biasanya digunakan lebih kepada kupang beras yaitu yang memiliki wana putih namun kekuning-kuningan. Disajikan dengan lontong serta perkedel singkong atau disebut juga lento membuat terciptanya sensasi rasa gurih ketika masuk ke dalam mulut. Untuk menambahkan rasa lemak dan manis, disiram dengan kuah dari air rebusan kupang yang diberikan bawang putih dan juga daun bawang. Sebelum itu, dicampurkan dulu dengan ulekkan gula merah, petis udang,  bawang putih, serta cabai. Banyaknya cabai tergantung pesanan dari pelanggan. Setelah itu berikan sedikit perasan jeruk nipis yang akan memberikan rasa kecut dan asam pada makanan ini. Menikmati kupang lontong ini sangat lezat ditemani dengan es kelapa muda. Membayangkannya saja membuat cacing di perut ini tidak bisa dikompromi. Seperti mengetahui lezatnya santapan yang satu ini. Tidak kebayang yang telah mencobanya. Hmm, pasti rasanya membuat ingin kembali merasakannya.

Gambar Kupang Lontong Sidoarjo

2.    Sate Kerang
Seperti halnya sate pada biasanya, namun hanya menggunakan bahan dasar kerang. Komposisi campuran bahan pembuatan juga tidak ada yang spesial. Namun yang spesial adalah hanya menemukan rasa yang asli dan khas dari makanan ini di Sidoarjo. Manis yang dimiliki kerang yang kemudian dibakar dengan olesan margarin, bawang putih yang telah dihaluskan, ditambah juga dengan sedikit kecap manis dan garam secukupnya membuat air liur langsung menetes keluar karena tidak tahan dengan aroma menggoda yang ada.  Jika melewati kedai penjual sate kerang ini, dijamin Anda tidak tahan untuk disinggah dan menikmati seporsi sate ini. Harga yang terjangkau dengan kantong namun memiliki rasa nikmat yang selangit enaknya membuat makanan ini banyak dicari dan diburu pecinta makanan.

Gambar Sate Kerang

3.    Telur Asin
Makanan ini bukanlah hal yang aneh dan asing lagi. Hampir di setiap daerah memilikinya. Dibuat dengan berbagai macam cara. Ada yang dari abu gosok, ada juga yang dari batu bata berwarna merah dan banyak lagi. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa di Sidoarjo ini tepatnya di desa Kebonsari ada sebuah industri yang membuat telur asin sejak tahun 1992. Dan yang lebih membuatnya terjaga keasliannya adalah telur itu berasal dari mengembangbiakkan bebek sendiri. Dengan kata lain, industri ini juga mengembangkan usaha ternak bebek yang telurnya digunakan untuk membuat telur asin versi Sidoarjo. Memiliki tingkat keasinan yang seimbang membuat produksi telur asin sangat laris dan banyak disukai, terbukti bahwa sampai sekarang telah ada 30 industri yang bergerak di usaha yang sama.

Gambar Telur Asin

Setelah mengetahui makanan khas yang sangat nikmat disantap ketika berada di kota Sidoarjo ini, sangat rugi jika Anda datang ke Sidoarjo tanpa merasakan makanan tersebut. Jadi apakah Anda akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menyantap kenikmatan itu? Pilhannya tentu ada di tangan Anda sendiri.

Baca juga:
Aneka Minuman Khas Jawa Barat yang Menyegarkan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top