Menyantap Kelezatan Kuliner Pasuruan

Wisata Kuliner - Lelah berkelana dan menjelajah wisata di Pasuruan, kini saatnya untuk menyantap kulinernya pula. Rasa kelezatan yang unik dan khas yang ditawarkan kuliner Pasuruan akan membayar semua rasa penat dan lelah yang menyergap di tubuh.

Inilah beberapa makanan yang bisa dijadikan referensi ketika ingin memburu kuliner Pasuruan.

1.    Kupang Kraton
Merupakan masakan dari bahan yang berasal sejenis makhluk laut yang termsuk dalam spesies tiram. Perlu diketahui bahwa selain di Pasuruan, kupang juga banyak diolah di berbagai daerah. Namun penggunaan bumbu utama yaitu petis udang yang memiliki khas dari kota Pasuruan dalam membuat kupang kraton ini tentunya akan terdapat keunikan rasa jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Sensani pedas akan timbul dari cabe rawit pilihan terbaik. Dan juga rasa manisnya kupang akan berpadu dengan kecutnya perasan jeruk nipis. Jangankan melihatnya, sepertinya hanya memikirkannya saja sudah cukup untuk membuat iler pengunjung keluar sebelum menyantapnya. 

Gambar Kupang Kraton Pasuruan

2.    Nasi Punel Dan Sambal Kencok
Nasi punel atau sering juga dikatakan nasi bagil karena berasal dari wilayah Bagil. Yang berbeda dari makanan umumnya adalah nasi punelnya yang pulen serta memiliki nilai gizi yang tinggi. Serta banyak juga masyarakat setempat yang menyebut makanan ini adalah nasil pulen. Disajikan dengan lauknya yang bermacam jenis sesuai pilihan dan selera pengunjung. Namun biasanya lauk yang sering disajikan adalah daging sapi yang digoreng, dendeng sapi, tempe goring, pepes ikan tongkol, sayur lodeh atau sayur kacang panjang yang ditumis, ikan asin, tahu dengan bumbu bali serta serundeng yang terbuat dari parutan kelapa muda yang digoreng. Dan sebagai pelengkap adalah sambal khasnya yaitu sambal kencok. Sambal kencok merupakan sambal dari resep tradisional yang dibuat dari cabai merah, terasi, kencur, garam seperlunya, kacang panjang, serta diberi juga cabai rawit yang memberikan tambahan rasa pedas di lidah. Kacang panjang yang digunakan harus dipotong dengan ukuran kecil dan pendek. Memang kombinasi yang sangat pas dan pelengkap rasa untuk nasi punel ini.
Gambar Nasi Pulen

3.    Rawon Nguling
Rawon menjadi makanan yang terkenal di seluruh Jawa Timur sehingga ada di daerah seluruh wilayah Jatim. Namun tentunya setiap daerah memiliki rasa yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri akan rawonnya. Di Pasuruan saja, yang paling terkenal adalah rawon nguling. Menjadi makanan yang melegenda tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi tentang rasanya. Dimulai sejak tahun 1940 rawon nguling hingga sampai saat ini telah memiliki banyak penggemar di berbagai daerah, khususnya di seluruh wilayah Jawa Timur. Rawon nguling adalah daging dengan kuah hitam pekat yang juga dilengkapi dengan sambal, tauge segar, irisan dari bawang, perasan jeruk nipis serta kluwek. Kerenyahan komposisi rawon nguling ini sangat pas dan membuat ketagihan ingin memakan lagi.

Gambar Rawon Nguling Pasuruan

4.    Rawon Sate Komo
Rawon bukan makanan asing dan dapat dijumpai juga di Jawa Timur. Namun ada tampilan berbeda yaitu dengan mengkombinasikan nasi, berserta rawon yang dihidangkan dengan sate komo. Pastinya rasa penasaran akan muncul karena ingin mengetahui sate komo,. Baiklah, sate komo adalah sate daging kuning, karena daging sapi dimasaka dengan menggunakan bumbu yang berwarna kuning. Ukuran yang besar membuat sate ini terlihat berbeda dan unik.  Dengan empuknya daging serta aroma yang harum dari hasil bumbu yang dibakar menambah ketertarikan orang untuk datang menikmatinya. Dihidangkan pula dengan sambal, sedikit tauge serta renyahnya kerupuk udang. Kelezatannya mampu membom bardirkan mulut serta mengenyangkan perut.

Gambar Rawon Sate Komo
Itulah beberapa kuliner yang menjadi kekhasan kota Pasuruan. Jika datang ke kota ini, jangan lupa untuk mencoba makanan yang menjadi referensi di atas ya.

Baca juga:
Menggodanya Jajanan Ala Pasuruan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top