Menjelajah Wisata yang Ada di Pasuruan

Tempat Wisata - Jika membicarakan wisata di Jawa Timur, maka Pasuruan tidak boleh ketinggalan. Di mata dunia bahkan wisata di Pasuruan sudah dikenal. Sehingga kota ini sangat banyak kedatangan pengunjung baik dari local maupun interlokal yang berwisata setiap tahunnya. Namun hal ini belum diketahui dengan baik oleh semua orang. Di Pasuruan, inilah beberapa tempat wisata yang bisa dijadikan pertimbangan ketika ingin berliburan.

1.    Taman Safari Indonesia II
Menjadi salah satu diantara taman terluas di seluruh Asia membuat keindahan taman ini sangat terjaga dan lestari. Ditambah dengan kawasan pegunungan yang kaya akan pohon besar yang hijau dan alami. Karena merupakan taman safari tentunya banyak jenis-jenis binatang yang ada dengan macam-macam spesiesnya. Tidak hanya dari keunikan jenis binatang, di taman ini juga ada kolam dengan tingkat kejernihan yang tidak kalah jika dibandingkan di dunia. Hal ini dikarenakan menggunakan penyaring air yang sistemnya sangat canggih. Pengunjung juga akan disuguhkan dengan berbagai jenis atraksi terbaik se Indonesia. Jarak jauh yang ditempuh untuk mencapai tempat ini akan hilang semua setelah menikmati suasana di sini. Berwisata dengan keluarga merupakan hal yang baik, karena termasuk untuk mengajarkan kepada anak tentang lingkungan hidup dan spesiesnya.

Gambar Taman Safari II

2.    Pemandian Banyu Biru
Menggunakan sumber mata air yang asli dan alami, memiliki mitos bahwa setiap orang yang mandi di pemandian ini akan menjadi lebih awet muda. Terlepas dari kebenarannya, namun pemandian ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak pengunjung datang. Dinamakan banyu biru karena memiliki air jernih yang berwarna kebiruan. Selain terdapat 2 kolam dengan sumber alami, dibuat juga 2 kolam buatan yang tak kalah menariknya. Di kawasan ini juga terdapat fasilitas dan wahana bermain yang disediakan untuk kesenangan dan kenyamanan pengunjung. Terletak di kecamatan Winongan yaitu tepatnya di desa Sumberejo, pemandian ini dahulunya disebut dengan Telaga Wilis. Di salah satu kolam juga terdapat banyak macam ikan jenis wader atau disebut juga dengan Sengkaring.


Gambar Pemandian Banyu Biru

3.    Ranu Grati
Kawasan yang memiliki luas 198 ha ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai perlombaan olahraga yang berhubungan dengan air yang diadakan meliputi Jawa dan Bali. Dari kota Pauruan, untuk sampai ke tempat ini hanya diperlukan waktu 30 menit. Lokasi yang mudah dituju membuat wisata yang satu ini sedang digalakkan oleh pemerintah setempat. Selain itu, perlu diketahui bahwa akses untuk mencapai ranu ini tidak hanya bisa melewati kota Pasuruan, namun juga bisa dari Probolinggo. Ranu ini ada di kecamatan Grati dan berada di antara tiga desa yaitu desa Gratitunon, desa Sumberdawesari dan satu lagi adalah desa Ranuklindungan.

Gambar Ranu Grati

4.    Air Terjun Coban Baung
Karena berada pada sebuah lereng di gunung Baung, membuat suasana yang tercipta menjadi sejuk dan nyaman sekali. Tidak hanya itu, kawasan dengan luas 195,5 hektar yang ditumbuhi dengan pepohonan rimdang nan hijau membuat pemandangan mata semakin sejuk. Di sini juga disediakan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk berkemah bagi pecinta alam semesta ini. Air terjun dengan tinggi 100 meter ini merupakan aliran air dari sungai Welang yang bertemu disatu titik dengan air dari sungai Beji.

Gambar Coban Baung

5.    Air Terjun Kakek Bodo
Setiap pegunungan pasti memiliki udara yang segar dan sejuk. Begitulah keadaan air terjun yang satu ini. Pegunungan Prigen adalah tempat air terjun ini berada, yaitu pada lereng di Gunung Welirang. Nama yang unik ini diambil dari sebuah makan yang terletak di jalan menuju puncak pada air terjun yaitu sekitar 100 m. Meski memiliki tinggi yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya 50 meter, namun percikan air yang jatuh sangat kuat terdengar gemerisiknya karena sekeliling dari air terjun ini adalah bebatuan yang berada di atas pohon-pohon besar yang alami. Tidak hanya memandang indahnya suasana air terjun, pengunjung juga bisa mandi dan bermain dibawah jatuhan air. Sudah banyak fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Sebagai contoh telah disediakan tempat penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana sejuk di kawasan ini. Fasilitas lain yaitu mushalla, warung penjual makanan dan minuman, juga tempat bermain anak.

Gambar Air Terjun Kakek Bondo

6.    Taman Dayu Pandaan
Sebuah taman dengan paket lengkap untuk mengisi waktu kosong untuk semua kalangan usia ada di sini. Meskipun terkenal akan lahan untuk bermain golf, taman ini juga memiliki banyak fasilitas lain yang telah disediakan oleh perusahaan Ciputra Group, pemiliki taman ini. Taman ini juga menyediakan tempat untuk melakukan kemah, dan juga arena outbound yang memiliki banyak wahana. Swalayan yang tersedia juga sangat lengkap. Untuk anak-anak disediakan rumah pohon untuk bermain. Taman ini memiliki lapangan golf yang sudah mendapatkan pengakuan di seluruh dunia. Yaitu di tahun 2005 menjadi yang terbaik pada urutan 50 diluar bagian Amerika. Juga terdapat tempat penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap di kawasan ini.

Gambar Taman Dayu Pandaan

7.    Gunung Penanggungan
Gunung merapi yang sudah tidak aktif lagi ini berada di kabupaten Pasuruan dan sisi bagian barat Mojokerto. Di sekitan lereng ini ditemukan banyak peninggalan sejarah berupa candi, objek purba kala, serta berbagai petirtaan. Namun keunikan pada candi-candi yang ditemukan di pegunungan ini adalah menempelnya bangunannya di dinding gunung atau pada lereng gunung. Sehingga candi-candi tersebut tidak berdiri sendiri, namun menopang pada lereng atau dinding gunung. Sebagai gunung, maka akan ada beberapa jalur untuk mendaki. Hutan-hutan hijau yang asri mengelilingi kawasan ini. Suara nyanyian jangkrik menambah suasana damai di tempat ini.

Gambar Gunung Penanggungan

8.    Candi Belahan
Sudah ada sejak kerajaan Airlangga yaitu abad 11 membuat tempat ini menjadi pamandian yang memiliki nilai sejarah. Masih berada di kawasan pegunungan Penanggungan membuat suasana di sekitar ini tidak gerah dan nyaman untuk berkeliling. Namun, ada hal yang kurang baik di sini. Tak jauh dari pemandian dibangun dua buah patung air mancur bentuk permaisuri dari Prabu Airlangga. Namun air yag keluar berasal dari bagian payudara patung itu. Bagi anak kecil sepertinya itu kurang mendidik. Patung itu dibangun karena katanya pemandian ini juga digunakan untuk tempat mandi para selir dari Prabu Airlangga, selain fungsi utamanya digunakan Prabu Airlangga sebagai tempat bertapa.

Gambar Candi Belahan

9.    Candi Jawi
Termasuk dalam peninggalan sejarah yaitu pembangunan yang dibuat di abad 13 pada masa Singosari. Selain digunakan sebagai tempat untuk memuja dan beribadah, ternyata candi ini juga merupakan tempat di mana abu Kartanegara di simpan. Bentuk yang mirip dengan candi Prambanan ini memiliki luas 135,99 meter persegi dan ketinggian 24,5 meter. Pada bangunan candi terdapat batu jenis hitam dan batu jenis putih. Keunikan pada ukiran relief candi membuat kesan tersendiri untuk candi ini. Untuk mengunjungi candi ini maka pengunjung harus ke desa Candiwates, tempat candi ini berada.

Gambar Candi Jawi

Berbagai pilihan menarik yang ada di Pasuruan tidak akan membuat liburan Anda mengecakan. Malah yang akan terjadi menjadi liburan yang paling mengesankan. Jangan ragu, langsung putuskan untuk memilih ke mana terlebih dahulu.

Baca juga:
Tempat Wisata & Rekreasi Paling Populer di Bogor


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top