Menggodanya Jajanan Ala Pasuruan

Wisata KulinerMenikmati wisata ditambah dengan menikmati jajanan khas memang paket yang sangat lengkap yang disajikan oleh kola Pasuruan. Hal ini membuat para pengunjung yang datang tidak merasa rugi bahkan menyesal. Namun yang akan tercipta adalah rasa puas akan keputusan untuk berlibur di Pasuruan. Ingin tahu jajanan apa saja yang patut dicoba ketika berada di Pasuruan? Berikut beberapa Jajanan Ala Pasuruan rekomendasi untuk pengunjung.

1. Bipang
Sangat banyak orang yang berminat dengan jajanan yang memiliki rasa gurih. Namun bagaimana jika ditawarkan juga rasa manis, bau yang harum serta kriuk dan renyah juga? Inilah jajanan yang disajikan oleh Pasuruan bagi siapapun yang datang dan mengunjunginya. Dilengkapi pula dengan berbagai macam rasa, baik itu dari segi rasa buah-buahan, rasa susu, ada juga rasa kacang hijau, rasa parutan kelapa serta rasa kopi mocca. Dengan kemasan yang rapi dan juga menarik membuat cemilan ini sangat laris dan menjadi ikon untuk oleh-oleh kota Pauruan.

Gambar Berbagai Jenis Bipang

2. Kue Cenil
Memiliki variasi warna yang cerah dan menarik membuat kue ini memiliki daya tarik tersendiri. Dibuat dari ketela pohon atau disebut juga tepung tepioka, sehingga menimbulkan rasa yang gurih pada kue ini. Direbus dengan air yang sedang mendidih sebelum disajikan. Untuk sentuhan terakhir adalah diberikan di atasnya kelapa yang telah diparut.

Gambar Kue Cenil

3. Klanting Atau Kue Lapis
Menggunakan parutan kelapa juga, tapi bahan pembuatannya adalah campuran tepung beras dengan garam dan gula secukupnya. Untuk memberikan rasa asam dan kecut maka diberikan perasan dari jeruk nipis. Sebelum disajikan, terlebih dahulu harus direbus di air mendidih hingga kue lapisnya matang. Untuk melengkapi penyajiannya, diberikan kuah yang terbuat dari larutan merah sebagai sausnya. Kenikmatan yang terasa tidak ada duanya.

Gambar Kue Lapis

4. Klepon
Memiliki rasa lembek yang kenyal, kue yang satu ini sangat terkenal. Pembuatan yang menggunakan tepung ketan dan memiliki inti yang terbuat dari gula merah. Biasanya dibuat dengan bentuk bulat yang berukuran kecil-kecil. Untuk memberikan rasa gurih disajikan dengan parutan dari kelapa muda di atas kue klepon ini. Namun ada juga yang memberikan keju yang diparut sebagai tambahan rasa. Sangat nikmat dinikmati dengan minuman hangat. Klop banget jadinya.

Gambar Klepon

5. Ikan Lempuk Crispi
Banyak yang mengatakan bahwa mengunjungi danau Ranu tidak akan lengkap jika tidak mencicipi jajanan yang satu ini. Terbuat dari ikan yang katanya hanya hidup di danau ini, membuatnya menjadi khas dan banyak diminati pengunjung yang datang. Namun terdapat kekurangan yaitu ikannya sedikit lembek dan tidak bisa bertahan lama. Sehingga muncul inisiatif untuk membuat ikan lempuk dalam kemasan yang teksturnya kering dan gurih. Ikan lempuk bisa menjadi dua olahan cemilan yang sangat diminati yaitu lempuk krispi dan ada juga rambak lempuk. Dengan olahan yang kering dan krispi membuat jajanan yang satu ini bisa bertahan sampai 1 tahun, sehingga sering dijadikan oleh-oleh khas dari Pasuruan.

Gambar Ikan Lempuk Crispi

6. Roti Sisir Matahari
Menggunakan mentega Australia sebagai olesannya roti ini disediakan menjadi dua kategori yaitu roti yang basah dan juga roti yang kering. Roti yang dilapis dengan tiga bagian memiliki dua jenis yaitu yang biasa dan yang butter atau roombutter. Karena roti yang satu ini sangat digemari dan jadi favorite masyarakat sehingga roti ini banyak dijumpai. Rasa yang sudah tak diragukan lagi bahkan sejak dulu membuat roti ini juga menjadi pilihan yang baik jika ingin membawa oleh-oleh dari Pasuruan.

Gambar Roti Sisir Matahari

Beberapa jajanan khas yang disajikan Pasuruan memang bukanlah sembarang jajanan yang tidak memiliki rasa khusus dan unik. Jika penasaran, maka cobalah sendiri.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top