Mencicipi Lezatnya Kuliner Khas Jawa Barat

Wisata Kuliner - Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi yang awalnya bernama Pasundan ini, selain kaya dengan berbagai wistanya, ternyata mempunyai beragam kuliner enak yang terkenal di seluruh Indonesia. Penasaan? Intip ulasannya di bawah  ini.

1. Karedok
Karedok merupakan makanan khas Sunda yang terdiri dari aneka sayuran. Biasanya Karedok dibuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, mentimun, tauge, kol, daun kemangi dan terong. Aneka sayuran tersebut kemudian disiram dengan kuah sambal kacang. Karena terbuat dari sayuran tanpa direbus maka kandungan gizi nya tetap terjaga. Selain itu karedok juga terasa nikmat dengan campuran aneka sayur dan kuah yang gurih dan enak. Makanan khas Jawa Barat ini bisa disantap kapan saja, baik saat sarapan pagi maupun siang hari.

Karedok

2. Mie Kocok
Mie kocok terdiri dari mie kuning gepeng dan tauge yang ditambah irisan kikil, bakso dan jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut disajikan dalam kuah bercitarasa kaldu sapi yang kental. Agar lebih nikmat, mie kocok juga ditaburi irisan daun bawang, daun seledri dan bawang goreng. Kuah kaldu yang gurih membuat hidangan khas Jawa Barat ini terasa lezat di lidah. 

Mie Kocok

3. Batagor
Batagor, singkatan dari “bakso tahu goreng” merupakan makanan yang banyak dijumpai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Namun sebenarnya Batagor, merupakan makanan khas Bandung, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tahu yang dibalut adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri lalu kemudian digoreng. Setelah itu dilumuri dengan kuah kacang dan kecap manis. Rasanya yang renyah, gurih dan nikmat membuat batagor cocok dinikmati kapan saja terutama saat sarapan pagi.

Batagor

4. Sega Lengko
Makanan asli Cirebon ini terdiri dari nasi putih, tauge yang direbus, kerupuk, timun, serta tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil. Bumbu kacang kecap lalu disirami diatas bahan-bahan tersebut. Walau terlihat sederhana, Sega Lengko sangat enak dan murah. Selain itu, Sega Lengko merupakan makanan kaya serat, gizi dan protein serta rendah kalori karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dan tak mengandung unsur hewani. 

Sego Lengko

5. Lotek
Lotek merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang telah direbus kemudian disiram sambal dari bumbu kacang dan ditaburi kerupuk. Kadang-kadang agar lebih enak, lotek sering ditambahkan dengan tempe. Penyajian lotek mirip dengan pecal, namun lotek terasa sedikit lebih manis. Lotek banyak dijual di warung-warung dan pasar-pasar di Jawa Barat terutama pagi hari. Biasanya, masyarakat menikmati lotek dengan lontong dan nasi hangat sebagai menu sarapan mereka.

Lotek

6. Nasi Timbel
Makanan khas Sunda ini terdiri dari nasi pulen yang terbuat dari beras merah campuran yang disajikan dengan lauk pauk seperi daging ayam, sambal lalapan, serta tempe dan tahu goreng. Uniknya, nasi ini dibungkus dengan daun pisang sehingga menimbulkan rasa dan aroma yang berbeda. Banyaknya resep online tentang cara pembuatan Nasi Timbel membuat kuliner khas Jawa Barat ini bisa anda coba sendiri di rumah.

Nasi Timbel


Itulah aneka kuliner lezat khas Jawa Barat. Kuliner tersebut tak hanya poluler di daerah asalnya, namun juga terkenal di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Cara pembuatannya yang tidak rumit membuat makanan-makanan di atas bisa anda coba sendiri di rumah.


Baca juga:
Cemilan dan Oleh-oleh khas Bangka Belitung


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top