Gurihnya Makanan Khas Sidoarjo

Wisata Kuliner - Terdapat wisata yang asri dan menghibur serta menentramkan pikiran, dilengkapi juga dengan makanan dan kuliner khas yang rasanya hanya bisa ditemukan di kota Sidoarjo ini. Namun ternyata Sidoarjo juga memiliki banyak jajanan yang bisa dinikmati sendiri, dan juga bisa dijadikan oleh-oleh yang khas dari Sidoarjo.

1.    Wader Kriuk
Produk khas yang sangat populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas kota ini. Kaya akan wader, Sidoarjo memanfaatkannya dengan membuat jajanan yang gurih dan juga rasa renyah dengan paduan sambal yang memiliki rasa pedas namun juga terasa manisnya. Pas sekali jika memberikan cemilan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Gambar Wider Kriuk

2.    Kerupuk Udang
Kerupuk yang renyah dan memiliki rasa serta ada nilai gizinya, tentunya daya tarik ini membuat produk yang ini juga tak kalah laris di kota Sidoarjo. Bukan hanya bisa diberikan untuk oleh-oleh, namun juga dijadikan cemilan di rumah juga sangat pas nikmatnya. Meskipun di berbagai daerah sudah ada juga produksi kerupuk udang, namun di sini cita rasa yang disajikan sangat beraneka ragam dan memiliki keunikan tersendiri.

Gambar Kerupuk Udang Sidoarjo

3.    Bandeng Asap
Sangat  aneh jika sudah jauh-jauh ke Sidoarjo namun tidak mendapatkan jajanan ini. Di setiap toko oleh-oleh bandeng asap akan selalu tersedia. Di mana di dalam bungkusannya disediakan juga sambal untuk melengkapi rasa sehingga menjadi lengkap dan pas. Di asap dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih yang dicampur dengan bawang merah dan merica. Sedangkan bumbu untuk pembuatan sambalnya dengan bumbu yang cukup kompleks. Pembuatan jajanan ini haruslah dibuat oleh orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.

Gambar Bandeng Asap Sidoarjo

4.    Bandeng Presto Sidoarjo
Mungkin inilah alasan Sidoarjo menjadi kota yang terkenal akan bandengnya. Pengolahan yang kreatif membuat bandeng segar menjadi cemilan yang tidak nanggung-nanggung enaknya. Pengolahan yang berbeda dengan bandeng asap, jajanan ini menggunakan alat presto yang berfungsi untuk menghilangkan semua duri yang ada. Namun, ukuran bandeng presto biasanya hanya berkisar 150 gram atau 200 gram saja. Setelah duri hilang, bandeng akan digoreng dengan balutan telur yang telah dikocok terlebih dahulu. Rasa krispi dan gurih yang ada akan lebih mantap jika dicocol dengan sambal tomat. Umm, lezat sekali. Untuk mempermudah malah sudah ada yang kemasan kotak untuk dibawa menjadi oleh-oleh khas yang berasal dari Sidoarjo.

Gambar Bandeng Presto Sidoarjo

5.    Kerupuk Terong
Menggunakan teripang sebagai campuran bahan mungkin terkesan aneh. Tetapi setelah mencicipi pastinya akan membuat ketagihan dan ingin makan lagi. Teripang yang dipilih dalam pembuatan jajanan ini adalah teripang yang berukuran kecil-kecil. Selain wisata, kuliner serta jajanan lainnya, kerupuk terong ini menjadi daya tarik yang cukup besar bagi kota Sidoarjo. Pengunjung penasaran dengan rasanya dan tertarik untuk mencoba. Kerupuk terong ini juga disediakan dalam dua warna yaitu warna putih dan juga warna hitam. Dan kelezatannya memiliki tingkat yang sama.

Gambar Kerupuk Terong

6.    Kue Lumpur Bakar
Terkenal akan bencana yang menimpa kota ini, membuat jajanan ini menjadi ngetop dan primadona kota. Perlu diketahui bahwa ternyata kue lumpur bakar sudah ada bahkan sebelum kejadian lumpur lapindo terjadi. Namun mendapat perhatian yang besar ketika bencana ini sudah terjadi. Diberikan nama seperti itu karena kue ini memiliki tekstur isi yang lembut dan lembek, sehingga ketika masuk ke dalam mulut akan langsung meleleh dan cair. Prosesnya yang dibakar membuatnya menjadi kue lumpur bakar. Kue ini memiliki dua rasa yaitu yang biasa saja dan ada juga dengan rasa kelapa. Soal pilihan yang lebih enak, dua-duanya memiliki kelezatan yang sama. Dan sekarang menjadi oleh-oleh yang menarik dari kota Sidoarjo.

Gambar Kue Lumpur Bakar

7.    Otak-Otak Bandeng
Sekali lagi olahan dari ikan bandeng yang juga menjadi ikon dari kota Sidoarjo yaitu otak-otak bandeng. Ternyata tidak hanya di Sidoarjo saja namun di Gresik juga ada jajanan yang sama. Namun cita rasanya pasti memiliki perbedaan diantara keduanya. Otak-otak yang dibuat di Sidoarjo isi bagian dalam menggunakan kelapa yang disangrai kering  yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah halus serta kocokan telur. Rasa gurih dan harumnya aroma yang kuat membuat perut tidak bisa menahan nafsu untuk makan.

Gambar Otak-Otak Bandeng Khas Sidoarjo

Banyak pilihan jajanan dan oleh-oleh yang tersedia di sini membuat Sidoarjo banyak dikunjungi. Selain jajanan di atas, Sidoarjo juga terkenal akan rasa petis udang dan terasi khas dari kota ini. Paket lengkap yang disediakan di sini menjadi daya tarik yang besar untuk kota ini. Tertarik?

Baca juga:
Menyantap Kenikmatan Makanan Khas Sidoarjo


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top