Wisata Kaya Sejarah dan Budaya di Kota Pelajar, Yogyakarta

Tempat Wisata - Kota Yogyakarta merupakan ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan salah satu kota besar di Pulau Jawa. Kota yang juga dikenal sebagai Kota Pelajar ini memiliki tempat-tempat bersejarah yang kental dengan budaya Jawa yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata.

1. Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo merupakan museum sejarah dan kebudayaan Jawa. Bangunan museum Sonobudoyo didesain oleh Ir. Th Karsten dengan arsitektur Jawa klasik yaitu berbentuk rumah joglo dengan arsitektur masjid Keraton Kesepuhan Cirebon. Museum yang terletak di Jalan Trikora 6 dan di seberang Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta ini menyimpan berbagai macam keris, beberapa wayang kulit dan topeng Jawa. Selain itu, museum Sonobudoyo juga mempunyai berbagai macam koleksi lainnya berupa koleksi seni rupa, teknologi, arkeologi, filologi dan lain-lain dengan jumlah sekitar 43000 dan selalu bertambah setiap tahunnya. Dengan berwisata ke museum ini, para wisatawan bisa belajar sejarah dan mengenal budaya Indonesia.
Museum Sonobudoyo

2. Museum Keraton Yogyakarta
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di nol kilometer kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan malioboro. Keraton Yogyakarta ini memiliki beberapa museum yang kental dengan budaya Jawa, antara lain
Museum Batik, Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Museum Kristal dan Museum Pameran Lukisan dan Foto. Museum ini dibuka setiap hari untuk umum dari pukul 08.30 pagi hingga 14.00 siang. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500 untuk wisatawan luar negeri. Selain berkunjung ke museum, para wisatawan juga bisa menyaksikan pagelaran macapat dan wayang kulit pada pukul 10.00 sampai 12.00 siang.
Museum Keraton Yogyakarta

3. Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta merupakan museum batik pertama yang didirikan di Yogyakarta atas prakarsa pemilik museum Hadi Nugroho pada tanggal 12 Mei 1997. Museum ini mempunyai koleksi yang sangat lengkap. Beragai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia ada di museum ini, seperti Batik Yogyakarta, Solo, Indramayu dan batik khas daerah lainnya. Adapun jumlah koleksi batik di museum ini lebih dari 1.200 koleksi yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap dan 124 canting (alat pembatik). Museum yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No. 13A Yogyakarta ini buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB.
Museum Batik Yogyakarta

4. Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Yogyakarta. Kebun binatang yang berlokasi di Jalan Kusumanegara Yogyakarta ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa dari belahan dunia seperti Harimau, Orangutan, Komodo, Simpanse, Gajah Asia, Wallaby dan dan dari 100 satwa tersebut diantaranya terdapat 61 spesies flora. Selain aneka ragam hewan, kebun binatang ini juga menyediakan berbgai wahana permainan dan kios-kios yang menajajakan aneka souvenir. Kebun binatang Gembira Loka sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Kebun binatang ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.
Kebun Binatang Gembira Loka

5. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono IX pada tahun 1758 sebagai rumah peristirahatan untuk keluarga kerajaan. Istana Air yang berlokasi di area Keraton Yogyakarta ini memiliki keindahan arsitektur kono dan pemandangan air yang mempesona. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga mempunyai udara yang segar serta sering dijadikan sebagai tempat olahraga/hiburan dan tempat meditasi. Istana ini terbagi menjadi dua kompleks, yaitu kompleks kolam pemandian dan kompleks Pulo Kenongo (danau buatan Taman Sari). Istana Air Taman Sari sangat cocok bagi anda yang ingin bewisata sambil merelaksasikan pikiran.
Istana Air Taman Sari

Itulah beberapa wisata yang patut anda kunjungi di kota yang penuh budaya dan sejarah, Kota Yogyakarta. Letaknya yang berada di tengah kota membuat berbagai wisata diatas sangat mudah untuk jangkau, apalagi dengan harga tiket yang tergolong murah. Selamat berwisata!


Baca juga:
Beragam Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, D.I. Yogyakarta


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top