Ragam Wisata di Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Tempat Wisata - Kota makasar yang dulu dikenal dengan kota ujung pandang merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia Timur dan sekaligus merupakan Ibu kota dari  provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di pesisir barat daya pulau sulawesi dan berbatasan dengan selat Makasar pada bagian barat, Kabupaten Kepulauan Pangkaje di bagian Utara, kabupaten gowa di bagian selatan dan kabupaten maros di bagian timur.
Banyak tempat indah di kota ini yang bisa readers kunjungi, beberapa diantaranya yaitu:

1.    Pantai Losari
Pantai losarai merupakan pantai yang menjadi ikon kota Makassar, pantai ini terletak tepat di jantung kota Makassar yaitu di jalan Penghibur yang terletak di sebelah barat kota Makassar, dulu pantai losari ini sempat mendapat julukan sebagai pantai dengan meja terpanjang di Indonesia, bahkan mungkin juga di Dunia, karena adanya warung-warung yang berjejer di sepanjang bibir pantai ini namun setelah adanya pembersihan oleh pemerintah untuk memperindah pantai ini, warung-warung tersebut telah di relokasi ke tempat yang tidak jauh dari pantai ini.

Pantai Losari
Pantai Losari memiliki keunikan dan keistinewaan tersendiri yang membuat pantai ini tampak indah dan mempesona, salah satu keunikannya yaitu para wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di titik posisi yang sama. Keistemewaanya, di pantai losari para wisatawan dapat menikmati indahnya deburan ombak yang memecah bibir pantai yang ditemani sejuknya angin yang bertiup sepoi-sepoi sambil menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari secara utuh mulai dari perubahan warna, pergeseran posisi matahari, hingga cahaya matahari tersebut benar-benar hilang dari pandangan. Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati berbagai makanan laut yang segar yang di tawarkan di sebuah Cafe dan restoran terapung yang terletak disebelah selatan anjungan pantai losari.

2.    Pulau Samalona
Pulau samalona merupakan sebuah pulau yang terletak persis desebelah barat Makassar, pulau ini dapat ditempuh dengan kapal sewaan dari pantai losari, di pulau ini terdapat pantai pasir putih dan lautan biru yang jernih yang dinamakan dengan pantai Samalona.
Hal menarik di pulau ini adalah keindahan dunia bawah lautnya, ini sangat cocok bagi para wisatawan yang senang menyelam, karna saat menyelam, para wisatawan dapat bertemu dengan terumbu karang yang indah, kuda laut serta ikan laut yang beraneka ragam jenis serta warnanya. Keindahan ini akan lebih menawan lagi jika penyelaman dilakukan saat pagi hari. Jika sudah merasa puas menyelam para wisatawan dapat bersantai di pantai pulau samalona, dan saat senja para wisatawan juga dapat menikmati keindahan sunset dengan ditemani pemandangan laut lepas.

Pulau Samalona

3.    Benteng Somba Opu
Benteng somba Opu merupakan benteng bersejarah yang dibangun oleh raja Gowa ke-9 yaitu Daeng Matanre Karaeng Tumaparisi Kallonna yang terletak di area Kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan berjarak kurang lebih 6 kilometer sebelah selatan dari pusat kota makassar dan pantai losari tepatnya di jalan Daeng tata kecamatan Barombong, kabupaten Gowa, di sini para wisatawan dapat melihat serta menikmati berbagai macam budaya yang berasal dari sulawesi selatan, serta rumah-rumah tradisional dari suku-suku yang ada di sulawesi selatan seperti suku bugis, Mandar, toraja serta makasar.
Benteng Somba Opu
4.    Fort Rotterdam/Benteng Rotterdam.
Benteng Rotterdam atau dikenal dengan benteng ujung pandang dahulu kala merupakan markas pasukan kerajaan gowa, yang dibangun oleh raja gowa ke-9. Benteng ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai bentuk penyu, sehingga benteng ini juga disebut dengan benteng penyu. Di dalam benteng ini terdapat Museum La Galigo yang merupakan tempat penyimpanan berbagai benda peninggalan sejarah dan prasejarah kota makassar dan Sulawesi Selatan.

Fort Rotterdam

 5.    Masjid Al-Markas Al-Islami
Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan salah satu masjid termegah di Makassar. Masjid Al-Markas Al-Islami ini didirikan pada tahun 1994  hingga tahun 1996 yang di prakarsai oleh Jendral M. Jusuf.
Masjid ini terletak di Jl. Masjid raya makassar, kemegahan serta keindahan ini semakin lengkap dengan gaya arsitektur yang unik. Perpaduan antara Bugis Makassar, arsitektur Gowa dan Arsitektur Arab. Masjid ini terdiri dari tiga lantai yang terbuat dari batu granit. Yang dibagi-bagi menjadi berbagai ruangan seperti ruang untuk  perpustakaan, Aula, Koperasi, kantor MUI Sulawesi selatan, Kesekretariatan dan ruang pendidikan.

Masjid Al-Markas Al-Islami
6.    Monumen Mandala
Monumen mandala atau disebut dengan monumen pembebasan irian barat ini terletak di pusat kota makssar dan didirikan pada tahun 11 januari 1994. Monumen ini disebut dengan monumen pembebasan irian barat karena disinilah letak markas Pasukan Pembebasan Irian Barat.  Desain Monumen ini memiliki makna tersendiri, monumen ini di desain berbentuk segitiga sama sisi yang menyimbolkan tiga komando Rakyat (Trikora). Pada bagian atas monumen terdapat relief lidah api yang menyimbolkan semangat yang tak pernah pudar. Sementara bagian bawahnya terdapat relief yang sama yang menjadi simbol semangat dari Trikora. Lalu ada juga patung batang dengan bambu runcing sebagai simbol perjuangan fisik rakyat pada masa dahulu.

Monumen Mandala
7.    Pelabuhan Paotere
Pelabuhan Paotere ini terletak di kecamatan ujung tanah, kota Makassar dan merupakan pelabuhan rakyat yang serat dengan nilai sejarah.
Di pelabuhan Paotere ini parawisatawan dapat melihat deretan kapal rakyat khas Makassar atau disebut dengan kapal Phinisi yang terbuat dari kayu. Di pelabuhan ini tidak akan ditemui kapal modern seperti saat ini. Pelabuhan Paotere ini dikenal juga dengan beberapa makanan khasnya seperti Ikan bakar yang dimakan dengan sambal cobe-cobe yang merupkan sambal khas daerah ini. 

Pelabuhan Paotere
8.    Trans Studio Makassar
Kota Makassar tak hanya dikenal dengan pantai Losari dan wisata sejarahnya saja namun kota ini juga memiliki wahana hiburan yang keren yaitu trans Studio Makassar. Ini merupakan theme park indoor yang besar dan cukup luas yaitu kurang lebih 2,7 hektar. Trans Studio Makassar ini memiliki 21 wahana yang berbeda yang siap menanti para pengunjung.

Trans Studio Makassar
9.    Bugis Water park
Wahana Permaianan Air Bugis Water park terletak di bukit Baruga, kota Makassar, memiliki luas 7 hektar, Bugis Water park merupakan kombinasi dari modernisasi dengan budaya makssar itu sendiri. Wahana Bugis Water Park ini memiliki 6 kolam renang dengan adrenalin yang berbeda-beda.

Salah Satu Wahana Bugis Water park
Bagaimana? penasaran kan? ingin rasa hati untuk mengunjunginya dan menikmati panorama dari kota ini.

Baca juga:
Tempat Wisata Bersejarah di Karanganyar,Jawa Tengah


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top