6 Kuliner Lezat dan Mantap Khas Banten

Wisata Kuliner - Provinsi Banten merupakan provinsi yang terletak di ujung barat pulau Jawa. Provinsi yang berdiri sejak tahun 2000 ini dikenal dengan berbagai wisata yang menarik dan kaya sejarah. Namun, siapa sangka ternyata Provinsi Banten menyimpan aneka kuliner khas yang tak kalah enak dengan kuliner-kuliner khas Provinsi lain. Penasaran?  Berikut ulasannya.

1. Laksa Tanggerang

Laksa khas Tanggerang adalah sejenis mie  atau bihun yang disiram dengan kuah. Laksa terbuat dari beras dengan tekstur kenyal dan gepeng mirip spaghetti. Sedangkan kuahnya merupakan perpaduan dari santan yang dimasak dengan kacang hijau, kentang dan kaldu ayam. Sebagai penikmat, Laksa Tangereng juga disajikan dengan daging ayam yang di rajang kecil-kecil atau telur. Rasanya yang gurih dan lezat sangat menggoda selera dan cocok dinikmati saat kapanpun.
Laksa Tangerang


2. Sate Bandeng
Sesuai dengan namanya, sate ini dibuat dengan bahan dasar Bandeng. Ikan Bandeng sendiri merupakan ikan dengan rasa yang sangat lezat namun mempunyai banyak duri/tulang. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena daging ikan bandeng pada sate ini sudah bersih dari durinya. Dengan bumbu yang nikmat dan daging ikan yang lezat sehingga menciptakan perpaduan rasa yang manis dan gurih, maka sudah selayaknya kuliner khas Serang ini banyak digemari para penduduk dan wisatawan dan kerap kali dijadikan oleh-oleh.
Sate Bandeng

3. Nasi Sum-sum
Nasi Sum-sum merupakan nasi yang dicampur dengan sum-sum tulang kerbau yang dimasak dengan cara dibakar. Nasi dan bumbu sum-sum tulang kerbau dimasak secara terpisah, lalu dicampurkan dengan cara menggorengnya. Setelah digoreng, campuran nasi dan sum-sum lalu dibungkus daun pisang untuk kemudian dibakar. Kuliner khas Banten ini mempunyai citarasa yang lezat, gurih dan nikmat.  Makanan andalan daerah Serang ini sudah terbilang langka, meski begitu masih ada beberapa rumah makan di daerah Serang yang menjualnya.
Nasi Sum-sum

4. Sate Bebek dari Cibeber
Sate Bebek merupakan salah satu makanan khas Banten yang ada di Cibeber. Sate ini pada umumnya sama dengan sate biasa, namun pada sate ini menggunakan daging bebek dan kuahnya bukan kuah kacang atau kuah tepung melainkan kuah yang terbuat dai gula merah dicampur berbagai bumbu penyedap seperti merica hitam, daun serai, kunyit, kemiri, ketumbar dan bahan lainnya. Daging bebek yang lezat serta kuah satenya yang manis, gurih dan nikmat membuat kuliner satu ini laris manis.
Sate Bebek Cibeber

5. Nasi Uduk Empal
Nasi Uduk merupakan makanan khas Serang, Banten yang banyak dijumpai di pagi hari di sepanjang jalan Kota Serang. Nasi Uduk merupakan beras yang dicampur dengan santan kelapa lalu dimasak beserta daun salam dan serai, kemudian disajikan dengan potongan telur, tempe goreng dan lainnya. Nasi Uduk ini juga diberi tambahan daging Empal yang dikenal dengan Nasi Uduk Empal Daging dan banyak dijumpai pada malam hari di jalan-jalan Kota Serang. 
Nasi Uduk Empal

6. Rabeg Banten
Makanan khas Banten satu ini hampir dapat ditemui di berbagai daerah dan tempat di Banten. Ya, Rabeg memang terkenal karena kelezatan rasanya. Rabeg adalah daging dan jeroan kambing yang diolah dengan bumbu-bumbu penyedap yang terdiri dari lengkuas, lada, kayu manis, jahe dan penyedap alami lainnya sehingga mencipatakan rasa manis dan gurih sekaligus pedas. Karena berbahan dasar daging kambing, Rabeg tidak disarankan bagi penderita diabetes karena daging kambing sendiri mempunyai kadar kolesterol yang tinggi.
Rabeg Banten

Itulah beberapa kuliner top khas Provinsi Banten. Jangan lewatkan untuk mencicipnya jika anda berkunjung ke Banten ya! Selain rasanya yang lezat, beberapa makanan tersebut juga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.


Baca Juga:
Kuliner Khas Makassar


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top