Merasakan Lezat dan Nikmatanya Makanan Khas Blora

Wisata Kuliner - Blora adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah, Blora memiliki berbagai kuliner yang khas, yang tentunya nikmat banget sehingga tidak jarang bagi orang yang berkunjung ke blora merasa tak lengkap jika belum mencobanya. ayo kita simak makanan khas apa saja yang ada dikabupaten ini sehingga menarik perhatian para pengunjungnya.

1.    Soto blora
Soto blora berbeda dengan soto yang ada di daerah lain, soto ini diolah dengan takaran yang pas sesuai selera sehingga terasa lebih lezat, yang membedakan soto ini dari daerah lain yaitu salah satunya adanya tambahan gethuk pada soto ini, gethuk merupakan singkong yang digoreng garing yang dipotong kecil-kecil sehingga memiliki rasa renyah dan enak. Soto blora ini terdiri dari mie atau soun, suwiran daging ayam atau kambing, taoge dan irisan daun kucai. daging ayam atau daging kambing yang digunakan pun teksturnya lebih lembut, kuah soto blora jauh lebih bening sehingga terasa lebih segar.
Soto Blora
2.    Sate ayam blora
Siapa yang tak kenal dengan sate, makanan yang sudah diketahui hampir diseluruh nusantara. sate blora memiliki bumbu khusus yang menjadikan sate ini berbeda dengan daerah lainnya, bahan baku sate ini adalah daging ayam kampung yang dipadukan dengan bumbu kacang yang dicampur cabe halus sehingga rasanya sedikit pedas.
Sate Ayam Blora
3.    Sate kambing blora
Tak hanya sate ayamnya, di blora sate kambingnya pun terkenal dan memiliki kelezatan yang khas. Sate kambing blora ini biasanya menggunkan daging kambing yang masih muda sehingga dagingnya lebih empuk, daging ini dibakar tidak terlalu matang namun sudah enak untuk dikonsumsi. Bumbu utama sate ini adalah kecap yang dicampur bawang.

Sate Kambing Blora
4.    Lontong tahu
Bagi pencinta kuliner yang datang ke blora lontong tahu merupakan salah satu makanan yang diburu atau diincar, karena selain harganya murah lontong ini memiliki rasa yang berbeda dari lontong tahu yang ada di daerah lain. ini karena lontong tahu blora hanya menggunkan satu jenis kecap khusus, yaitu kecap yang diproduksi di kota blora itu sendiri yang kemudian dipadukan dengan bumbu-bumbu lainnya. Sambal lontong tahu blora biasanya menggunakan kacang tanah sehingga sambalnya lebih sedap dan pas nikmatnya tidak terlalu pedas ataupun manis. Biasanya Lontong blora ini dibungkus dengan daun piasang alami.
Lontong Tahu
5.    Dumbeg
Dumbeg adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula aren yang ditambahakan dengan garam serta air pohon nira Namun biasanya dumbeg juga ditaburi dengan buah nangka atau kelapa muda yang di potong dadu sebagai variasi rasa. Makanan dumbeg ini dibungkus dengan daun lontar atau janur yang dengan dililitkan dan dibentuk seperti kerucut, Sehingga saat pemasakan dumbeg memiliki aroma yang sedap yang dihasilkan dari pembungkusnya
Dumbeg
6.    Manco
Mannco merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari ketan (beras pulut) yang dioalah sehingga memiliki rasa yang enak dengan bentuk menarik. 
Manco
7.    Wedang cemohe
Tak hanya di Blora wedang ini juga sudah banyak dijual di kota lainnya, bahan utama wedang ini adalah jahe, sehingga terkadang orang-orang ada yang menyebutnya dengan wedang  jahe, namun untuk wedang khas Blora ini biasanya ditambahkan dengan irisan kelapa kecil, roti tawar, dan susu krim.
Wedang Cemohe


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top