Menjelajahi Wisata Pantai nan Mempesona di Bangka Belitung

Tempat Wisata - Nama “Bangka Belitung” berasal dari gabungan dua pulau yang ada di Provinsi ini, yaitu Pulau Bangka dan Belitung. Selain terkenal sebagai penghasil timah terbesar, Provinsi Laskar Pelangi ini juga mempunyai banyak sekali objek wisata pantai yang mempesona. Apa saja? Simak ulasan dibawah ini.

1. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona merupakan destinasi wisata favorit bagi masyarakat sekitar pulau Bangka. Pantai ini terletak di Desa Rambak, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Panorama laut lepas, birunya air laut yang cukup tenang, serta susunan batu-batu besar yang eksotis menambah pesona keindahan pantai ini. Fasilitas di Pantai Tanjung Pesona bisa diacungkan jempol. Ada hotel berbintang empat, dan dilengkapi dengan peralatan untuk bermain air. Aneka kegiatan yang bisa dilakukan dipantai ini antara lain, berenang, bermain canoe dan banana boats, jetski, dan memancing. Duduk di bibir pantai atau berjalan-jalan menyusuri pantai juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk sampai di pantai ini, wisatawan hanya butuh 15 menit menempuh perjalanan dari pusat Kota Sungailiat.

Pantai Tanjung Pesona

2. Pantai Matras
Pantai Matras terkenal dengan bentuk pantainya yang landai dan indah dengan pasir putih bertekstur halus. Air laut di pantai ini juga sangat bening. Selain, itu juga terdapat aliran sungai alami di sekitar kawasan pantai ini yang turut melengkapi keindahannya. Dengan semua pesona tersebut, oleh masyarakat sekitar pantai ini juga disebut Pantai Surga. Pantai yang terletak di Desa Sinar Baru ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Sungailiat, atau sekitar 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang. Di kawasan pantai Matras tersedia penginapan, restaurant, cafĂ©, kolam renang dan tempat olahraga serta kios-kios yang menjual souvenir dan aneka makanan khas Bangka. Pantai ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk berlibur bersama keluarga. 

Pantai Matras

3. Pantai Parai Tenggiri

Sama seperti Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri juga memiliki bentuk pantai yang landai. Di sekitar pantai terdapat batu-batu granit besar yang menambah pesona keindahan pantai. Ombak yang tenang memungkinkan para wisatawan untuk berenang di tepi pantai, bermain pasir atau sekedar bersantai di bibir pantai. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan green resort (wisata hijau). Tak hanya keindahannya, banyak juga kegiatan bahari yang bisa dilakukan di pantai yang terletak di Desa Sinar Baru ini. 

Pantai Parai Tenggiri

4. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas terletak di Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini merupakan salah satu primadona wisata di Provinsi Bangka Belitung. Pulau dengan daya tarik mercusua berusia ratusan tahun ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Dari atas mercusuar, para wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Air laut yang biru nan jernih terhampar di depan mata juga bebatuan granit yang eksotis menambahnya indahnya view dari atas mercusuar. Selain mercusuarnya, Pulau Lengkuas juga mempunyai spot-spot yang bagus untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Pulau Lengkuas
 
5. Bukit Berahu
Tempat wisata ini didirikan di atas bukit yang terletak di Pulau Belitung, Desa Tanjung Binga dengan jarak sekitar 18 km dari Kota Tanjung Pandan. Dinamakan Bukit Berahu karena bukit ini terlihat seperti perahu terbalik jika dilihat dari kejauhan. Bermacam fasilitas tersedia di tempat ini, antara lain kolam renang, bungalow, cottage dan restaurant. Memiliki lokasi yang dekat dengan pantai juga menjadi nilai plus Bukit Berahu. Tak hanya bisa menikmati laut lepas dengan panorama kapal-kapal nelayan di siang hari, namun juga bisa menikmati taburan bintang gemintang yang menghiasi langit pantai di malam hari.

Bukit Berahu

Itulah berbagai wisata di Provinsi Bangka Belitung yang didominasi oleh pantai-pantai dengan pesona air laut dan terumbu karang yang menawan. Liburan bersama teman-teman dan keluarga sangat tepat dihabiskan di tempat ini. Jangat lewatkan ya!


Baca juga:
Liburan Asyik di 5 Objek Wisata Provinsi Maluku Utara


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top