Menjelajah Wisata di Jombang

Tempat Wisata - Sama layaknya kabupaten lainnya di Jawa Timur, kabupaten Jombang juga banyak memiliki tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi. Namun yang membuat wisata di sini berbeda adalah karena masih belum digali segala potensi yang ada di kabupaten Jombang ini. Nah untuk itu, di sini akan dibahas segala wisata yang dimiliki di Jombang yang bisa katakana menarik dan patut menjadi pertimbangan sebagai tempat wisata nasional. Penasaran apa saja? Mari baca artikel ini..

1.    Air Terjun Tretes
Karena berada di dataran yang tinggi yaitu kawasan pegunungan Anjasmoro membuat tempat ini membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Namun percayalah bahwa dangat rugi jika tidak mengunjungi air terjun ini hanya karena takut untuk dengan perjalanannya. Termasuk air terjun yang tertinggi di provinsi Jawa Timur yaitu dengan tinggi 158 meter, serta kelebihan lainnya terletak pada dua aliran air yang membuat tempat ini sangat amat menakjubkan dan sangat layak untuk dikunjungi. Karena termasuk di sekitaran kawasan hutan lindung membuat pemandangannya sangat terjaga rapi dan asri. Untuk mencapai aksesnya tidak sulit karena berada di kecamatan Wanosalam yaitu desa Galengdowo tepatnya di dusun Tretes. 

Gambar Air Terjun Tretes

2.    Goa Sigolo-Golo
Dipercaya sebagai tempat meditasi oleh ayahnya Damar Wulan sehingga dapat memberikan kesaktian, membuat banyak pengunjung yang datang ke sini. Memiliki letak di desa Panglunga yaitu di kecamatan Wonosalam perjalanan yang mendaki ini mampu membuat jantung berdegup kencang. Namun, jika hanya terfokus pada sekeliling dan melihat sekitaran, maka jantung berdegup bukan karena takut, malah justru takjub dengan keindahan yang ada. Terlepas dari mitos dan kepercayaan masyarakat, tempat ini memang sangat menakjubkan dan mampu mengubah suasana jiwa sehingga membuat perasaan lebih fresh dan tenang. Jangan takut mencoba!

Gambar Goa Sigolo- Golo

3.    Kedung Cinet
Wisata ini termasuk dalam wisata pegunungan yang sangat patut dikunjungi karena keindahannya. Letaknya yang masuk dalam kawasan hutan belantara di kecamatan Plandaan yaitu di desa Klitih, sehingga lintasan untuk mencapai tempat ini dipenuhi dengan pemandangan eksotis yang dapat membuat mata hijau karena suasananya. Meskipun melewati jembatan gantung serta aliran sungai yang sangat jernih membuat suasana tidak mengerikan namun malah asyik dibuatnya. Konon katanya kedung cinet merupakan tempat peristirahatan pasukan tentara Majapahit untuk mandi atau menunggu kekasih mereka. Benar apa tidak? Buktikan sendiri!

Gambar Kedung Cinet

4.    Sendang Made
Terletak di kecamatan Kudu, tepatnya di desa Made, tempat ini kononnya dipercaya sebagai tempat pertapaan oleh Prabu Airlangga. Selain itu juga terdapat sebuah ruangan yang menurut cerita merupakan tempat tinggal atau peristirahatan Raja Airlangga dan juga bersama istrinya. Sehingga menjadikan tempat ini terjaga keasriannya, masih alami dan tidak ada unsur perubahan yang spesifik. Sendang made juga memiliki sendang-sendang yang lebih kecil seperti sendang Drajat, sendang Payung, sendang Omben, dan sebagainya. Karena kendaraan sepeda motor bisa masuk ke sin, membuat pengunjung tidak pusing untuk menuju tempat ini.

Gambar Sendang Made

5.    Candi Ngrimbi
Candi yang terletak di desa Pulosari, kecamatan Bareng, lebih tepatnya berada di dusun Ngrimbi. Candi ini pada zaman Majapahit digunakan sebagai gerbang bagian selatan dan tentunya memiliki corak Hindu. Konon ceritanya candi ini diambil dari nama istri Raden Werkudoro yakni Dewi Arimbi. Dengan luas 896,56 meter persegi serta letak yang strategis membuat candi ini mudah ditemui. 

Gambar Candi Ngrimbi

6.    Wanawisata Sumber Boto
Merupakan salah satu tempat bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia yang terletak di kecamatan Mojowarno. Tempat ini dijadikan tempat penyimpanan senjata oleh pasukan Wanara pada masa kemerdekaan. Namun pada tahun 1948, tak terduga tempat ini meledak karena bom dengan berat 500 kg yang menyebabkan dua prajurit wanara meningggal. Untuk mengenang momen ini, dibangun dua patung prajurit ditempat ledakan. Karena berada di kawasan yang asri dan suasana yang sejuk membuat tempat ini sering dijadikan tempat perkemahan dan rekreasi keluarga. Tempat ini juga terkenal dengan kolam pemandian alami dengan air yang hangat sehingga mampu menyejukkan jiwa dan melepas semua rasa lelah. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari inspirasi dan mengembalikan semnagat.

Gambar Wanawisata Sumberboto

7.    Makam K.H. Hasyim Asy'ari Dan K.H. Wachid Hasyim
K.H. Wachid Hasyim merupakan tokoh agama di Indonesia yaitu menteri agama pertama di Indonesia. Sedangkan K.H. Hasyim Asy’ari merupakan tokoh agama di Jombang yang mendirikan pondok pesantren Tebuireng. Karena menjadi orang yang berjasa di daerah Jombang, membuat makam tokoh-tokoh ini berada di kawasan makan nasional Jombang.



8.    Gereja Mojowarno
Didirikan pada tahun 1845 gereja ini menjadi gereja tertua di kawasan Jawa Timur. Pada masa penjajahan Belanda, gereja ini menjadi pusat dari agama Kristen Protestan. Terdapat banyak ornament-ornamen yang berukiran relief tulisan jawa kuno serta arsitekturnya yang membuat suasana menjadi seperti di rumah. Tema ini dibuat agar masyarakat setempat nyaman dengan keberadaan gereja ini, sehingga banyak juga yang mengunjungi gereja ini sebagai tempat wisata.

Gambar Gereja Wojowarno

Dari wisata-wisata di atas, mana yang ingin dikunjungi lebih dulu? Pilihan ada di tangan Anda. Jangan takut dan ragu untuk mengambil keputusan.

Baca Juga:
Mengintip Keunikan Wisata di Bumi Rafflesia, Bengkulu


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top