Menikmati Liburan dengan Berwisata di Kediri

Tempat Wisata - “Sowan Kediri” merupakan semboyan untuk kota Kediri yang sedang proses promosi dalam bidang wisata dan juga pendidikan. Meski belum banyak dikenal oleh pengunjung baik lokal maupun interlokal, namun wisata yang dimiliki kota ini tidak kalah menarik dengan wisata yang ada di Jawa Timur lainnya. Pemerintah daerah sedang gencar mengundang pengunjung-pengunjung untuk datang dan menikmati wisata yang tersedia dengan menonjolkan keunikan dan kekhasan daerah ini. Berikut akan diberikan penjelasan rinci mengenai wisata yang ada di Kediri yang patut didatangi untuk berlibur.

1. Gunung Kelud
Gunung kelud termasuk wisata yang sudah tidak asing lagi bagi turis lokal maupun interlokal dan merupakan ikon yang paling terkenal dari Kediri. Di sini pengunjung dapat melihat kubah lava, kawah yang memiliki warna kebiru-biruan, serta pemandian air panas yang langsung dari sumber mata air. Di area sekitar juga disediakan berbagai wahana bagi para pengunjung. Berani mencoba untuk ke gunung kelud? Tunjukkan kekuatan adrenalinmu.

Gambar Gunung Kelud

2. Air Terjun Dolo
Berada 26 km dari kota Kediri, air terjun ini memiliki ketinggian dari permukaan laut dengan 1800 meter sehingga harus mendaki untuk mencapai tempat ini. Terletak di dusun Besuki yaitu di Desa Jugo. Selain pemandangan air terjun, dalam perjalanan menuju ke tempat ini terdapat sebuah perkebunan strawberry di mana pengunjung bebas memetik buahnya apabila sedang musimnya. Fasilitas-fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap untuk wahana bermain yang berhubungan dengan air. Memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang menyejukkan mata membuat Anda akan merasa nyaman di sini.

Gambar Air Terjun Dolo

3. Monumen Simpang Lima Gumul
Berada di pusat kota, monumen ini menjadi icon dari kota Kediri. Di sini sering dijadikan tempat nongkrong muda mudi dan anak-anak muda. Keindahan sunset yang terlihat dari tempat ini membuat mata tak berkedip saking indah dan menarik. Jangan katakan pernah ke Kediri apabila belum datang ke Monument Simpang Lima Gumul.

Gambar Monumen Simpang Lima Gumul

4. Candi Surowono
Candi ini sebenarnya bernama Wishnubhawanapura, namun seiring berkembangnya zaman berubah menjadi candi Surowono. Candi ini telah ada sejak tahun 1400 M dengan ukuran 8 x 8 m. Konon katanya, pada masa kerajaan Majapahit candi ini digunakan sebagai tempat penyucian raja-raja bawahan. Tentu saja candi ini memiliki corak Hindu. Keunikan yang dimiliki adalah tulisan-tulisan relief yang terpahat di dinding-dinding candi ini. 

Gambar Candi Surowono

5. Bendung Gerak Waru Turi
Bendungan ini merupakan bendungan yang telah dikelola oleh pemerintah daerah dengan baik. Menyediakan fasilitas yang bisa dikatakan memadai dan lengkap untuk pengunjung yang datang. Seperti lapangan golf, taman bermain untuk anak-anak, kolam renang, tempat memeancing dan banyak lagi layaknya wisata-wisata lainnya.

Gambar Bendung Gerak Waru Turi

6. Gumul Paradise Island
Menyediakan berbagai macam jenis wahana permainan yang sangat disukai oleh anak-anak. Sehingga wisata ini juga dikatakan wahana rekreasi keluarga. Wahana yang tersedia misalnya seperti flying fox, kolam jamur, dan sebagainya yang membuat anak-anak senang dan gembira. Selain wahana bermain, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan membuat nyaman seperti toilet, loker, toko-toko yang menjual souvenir, musholla, serta keamanan yang cukup baik. Segera datang bersama keluarga dan ceriakan hari Anda di sini.

Gambar Gumul Paradise Island
7. Taman Wisata Sumber Ubalan
Memliliki lahan seluas 12 ha dan berada di kawasan hutan lindung membuat tempat wisata yang satu ini dipenuhi dengan udara yang sejuk karena tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Banyak tanaman langka yang hidup dan tumbuh di sini. Wahana yang disajikan juga bermacam-macam seperti pengunjung bisa berenang, memancing atau hanya menikmati suasana di tepi kolam dengan mata air yang alami. Tempat wisata ini sangat pas untuk melakukan tamasya atau rekreasi bersama keluarga atau pasangan Anda.

Gambar Sumber Ubalan

8. Gereja Tua Puhsarang
Didirikan pada tahun 1936 membuat gereja ini menjadi salah satu gereja katolik tua yang berada di Indonesia. Nama gereja ini diambil dari nama daerah tempat gereja ini berada yaitu desa Pohsarang, yang berada di kawasan gunung Wilis, kecamatan Semen. Gabungan dari arsitektur bercorak Jawa dan klasik membuat bangunan ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang menjadi kekhasannya. Letaknya yang tidak jauh dari kota Kediri yaitu 6 km membuat gereja ini mudah untuk ditemui.

Gambar Gereja Tua Puhsarang

Setelah mengetahui semua wisata yang ada di Kediri, tentukan pilihan Anda untuk mengunjungi yang mana terlebih dahulu. Segera persiapkan diri Anda untuk menikmati sensasi yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top