Menguak Ragam Wisata Legendaris di Serang, Banten

Tempat Wisata - Serang terdiri dari kota dan kabupaten yang terletak besebelahan. Dari sudut budaya, Kota Serang dan daerah sekitarnya merupakan tempat yang istimewa karena di daerah ini dipertuturkan Bahasa Jawa Serang atau Bahasa Jawa Banten. Selain itu, Serang dan daerah sekitarnya mempunyai berbagai wisata bersejarah yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan suaka margasatwa terakhir bagi kelangsungan hidup Badak Jawa dan satwa langka lainnnya. Selain berbagai satwa yang terdiri dari mamalia, berbagai jenis ikan, primata, burung, reptilia, insekta dan terumbu karang, Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki beraneka ragam tumbuhan kurang lebih 700 jenis. Tak hanya satwa dan beragam tumbuhan, di kawasan ini juga terdapat sungai-sungai jeram, sumber air panas, air terjun, pantai pasir putih dan peninggalan sejarah Arca Ganesha. Semua itu merupakan pesona wisata alam yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman Nasional Ujung Kulon

Mesjid Agung Banten
Mesjid Banten merupakan salah satu mesjid tertua di Indonesia yang kaya akan nilai sejarah. Mesjid peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin ini terletak di desa Banten Lama, berjarak kurang lebih10 km dari Kota Serang. Mesjid Agung Banten dirancang oleh 3 arsitek berlatar belakang berbeda, yaitu arsitek Majapahit bernama Raden Sepat, arsitek China yang bernama Cek Ban Sui, dan arsitek Belanda Hendrik Lucaz Cardeel. Atap masjid yang mirip tumpukan lima pagoda China merupakan keunikan tersendiri dari masjid ini. Karena keunikan dan sejarahnyalah, Mesjid Agung Banten ramai dikunjungi oleh peziarah yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. 

Mesjid Agung Banten

Danau Tasikardi
Danau Tasikardi merupakan sebuah danau buatan yang terletak di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Banten. Danau ini dibuat pada masa pemerintahan sultan kedua di Kesultanan Banten, yaitu Panembahan Maulana Yusuf sebagai tempat peristirahatan bagi sultan dan keluarganya. Danau yang konon tak pernah kering ini memiliki pemandangan yang mempesona. Air danau yang tenang serta rindangnya pepohonan dan luasnya areal persawahan yang mengelilinginya membuat danau ini ramai dikunjungi warga sekitar dan para wisatawan, terutama saat liburan dan akhir pekan. Selain itu, para wisatawan juga dapat berkemah di camping ground yang terdapat di kawasan danau.

Danau Tasikardi

Pulau Sangiang
Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, yaitu antara Pulau Jawa dan Sumatera. Pulau yang awalnya merupakan sebuah hutan Cagar Alam dengan luas 700,35 ha ini sekarang dijadikan sebagai Taman Wisata Alam. Di Taman Wisata ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai wisata seperti wisata pantai,
berkemah, scuba diving, snorkeling dan wisata lainnya. Selain itu, Taman Wisata Alam Pulau Sangiang ini juga mempunyai beraneka ragam flora dan fauna. Pulau ini bisa ditempuh menggunakan perahu dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Anyer.

Pantai di Pulau Sangiang

Pantai Anyer
Pantai  merupakan pantai terkenal yang terletak di Pesisir Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pantai ini memiliki pesona laut biru, pasir putih yang halus dan berkilau, angin laut yang sepoi-sepoi, serta pemandangan Gunung Krakatau yang terkenal legendaris. Berbagai pesona tersebut disempurnakan dengan beragam kegiatan wisata air yang seru seperti, speedboat, jetski dan kegiatan lainnya. Selain itu, di Pantai Anyer juga tersedia fasilitas yang lengkap seperti pondok wisata, camping ground, pemandu wisata, penyewaan peralatan menyelam dan berbagai macam kios yang menjual oleh-oleh dan souvenir.

Pantai Anyer


Itulah beragam wisata legendaris yang juga kaya akan sejarah di Serang, Banten. Jika anda berkunjung ke Kota Serang dan sekitarnya, mungkin tempat-tempat wisata diatas bisa jadi pilihan yang tepat.


Baca juga:
Rekomendasi Wisata Menarik di Kota Tangerang, Banten


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top