Mengintip Keunikan Wisata di Bumi Rafflesia, Bengkulu

Tempat Wisata - Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatera. Provinsi yang awalnya bernama Bancoolen ini merupakan rumah dari flora yang unik seperti Bunga Rafflesia Arnoldy, bunga Bangkai dan beragam anggrek. Selain keunikan floranya, Provinsi Bengkulu memiliki beberapa wisata yang juga unik, bersejarah dan pastinya menarik. Di bawah ini ulasannya.

1. Benteng Marlborough
Benteng ini merupakan benteng pertahanan kekuasaan Inggris di Nusantara sekaligus untuk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli perdagangan dan monopoli lada. Benteng Marlborough berdiri kokoh di atas lahan seluas 44.100 meter persegi dan merupakan benteng terkuat kedua di wilayah timur setelah Benteng St. George di India yang dimiliki Inggris. Kini, Benteng Marlborough berubah fungsinya menjadi tempat wisata. Di dalam benteng dengan arsitektur mirip kura-kura ini terdapat kantor pemerintahan Inggris, ruangan tempat perlindungan, ruang tahanan, berbagai jenis meriam dan ruangan tempat menyimpan senjata serta sebuah terowongan berukuran 6x2 meter. Anda bisa mengunjungi Benteng Marlborough dengan menggunakan taxi, bus maupun kendaraan pribadi menuju Alun-alun Kota Bengkulu, maka anda akan sampai tepat di depan wisata bersejarah ini.

Benteng Marlborough

2. Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah yang betempat di Jalan Soekarno-Hatta, Gading Cempaka ini merupakan saksi bisu perjuanagan Bung Karno dalam merebut kemerdekaan bersama-sama rakyat Indonesia. Di rumah berukuran 9x18 meter inilah Bung Karno menjalani pengasingan selama 4 tahun yaitu dari tahun 1938 hingga 1942. Di dalam rumah ini, para wisatawan bisa menemukan benda-benda milik Bunng Karno serta koleksi buku-bukunya. Anda cukup membayar Rp. 2500 untuk dapat masuk ke tempat wisata yang ramai dikunjungi saat liburan dan akhir pekan ini.

Rumah Pengasingan Bung Karno

3. Danau Dendam Tak Sudah
Mendengar nama danau ini tentunya akan mengusik rasa ingin tahu anda. Konon menurut legenda, dahulu ada sepasang kekasih yang cintanya tak direstui masing-masing keluarga dan memutuskan untuk menenggelamkan diri ke danau ini. Meskipun sepasang kekasih telah lenyap di danau, hubungan kedua keluarga pun masih memburuk. Kisah inilah yang membuat masyarakat setempat menyembutnya Danau Dendam Tak Sudah. Tak hanya namanya yang unik, danau yang terletak di Kota Curup, Bengkulu utara ini juga memiliki keindahan yang mempesona. Area sekitarnya yang hijau dan sejuk, serta beragamnya flora dan fauna yang berada di kawasan danau merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki danau ini.
Danau Dendam Tak Sudah

4. Pulau Tikus
Pulau Tikus mempunyai lahan seluas 1,5 ha dan berlokasi di sekitar 10 km dari pusat Kota Bengkulu. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang cantik dan luas, yang juga berfungsi melindungi pulau dari gelombang besar yang dapat menyebabkan abrasi. Pulau Tikus mempunyai panorama yang menawan dan air laut yang biru dan jernih. Di pulau ini, para wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan keindahan terumbu karang dan berbagai biota laut, memancing dan berbagai kegiatan seru lainnya. 
Pulau Tikus

5. Pantai Pasir Panjang
Pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan garis pantai sepanjang 7 km, Pantai Pasir Panjang merupakan pantai dengan garis terpanjang di Indonesia. Selain itu, disekitar pantai ini tidak terdapat pohon kelapa seperti pantai pada umumnya, akan tetapi digantikan oleh  hijaunya pohon cemara dan pinus. Objek wisata Bengkulu ini mempunyai fasilitas yang lengkap, diantaranya arena permainan anak, toko souvenir, restaurant dan tempat penginapan. Selain menikmati keindahannya, anda bisa berjogging ria pada pagi dan sore hari di pantai yang berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Bengkulu ini.
Pantai Pasar Panjang

Itulah bergam wisata menarik yang ada di Kota Bengkulu. Keindahan dan kunikann serta nilai sejarahnya menjadikan wisata-wisata diatas patut anda kunjungi saat berlibur ke Kota Rafflesia ini.


Baca juga:
Beragam Wisata Unik dan Favorit di Provinsi Jambi


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top