Menghilangkan Stres dan Lelah dengan Berwisata di Kota Banyuwangi

Tempat Wisata - Sangat banyak tempat wisata yang terdapat di Jawa Timur salah satunya di kota Banyuwangi. Wisata alam yang memiliki kekuatan untuk merubah suasana hati. Merasa lelah dan penat dengan semua rutinitas atau stress dengan banyaknya masalah bisa diatasi dengan refreshing di Banyuwangi ini. Karena panorama dan suasana yang disajikan di sini sangat nyaman dan membuat jiwa tentram. Pemandangan serba hijau yang alami serta pesona alam yang indah membuat semua lelah dan penat akan sirna. Ingin tahu apa saja wisata alam yang menjadi jiwa dan pikiran tenang? Berikut penjelasannya.

1.    Kawah Ijen
Terletak di daerah pegunungan Ijen, kawah yang memiliki warna kebiruan ini sangat menarik untuk dikunjungi. Karena terletak di pegunung, membuat pengunjung harus merasakan sensasi mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk sampai ke tempat ini. Namun, itu semua akan dibayar lunas setelah pengunjung sampai di puncak kawah ijen. Kawah ijen merupakan kebangaan masyarakat Jawa Timur, karena wisatawan asing sering mengunjungi tempat ini. Di tempat ini pengunjung akan disajikan fenomena yang di dunia hanya ada 2, yaitu bluefire atau disebut juga api biru. Pemandangan saat malam akan membuat pengunjung tidak akan pernah melupakannya.
Gambar Kawah Ijen
2.    Pantai Plengkung
Pantai yang terkenal akan ombak yang terbaik di seluruh Asia Tenggara ini membuat pantai ini telah dikenal di mata dunia. Untuk para peselancar ketahuilah bahwa ombak di pantai ini mencapai 6 meter tingginya dan gulungan yang dimiliki ombak di pantai ini sebanyak tujuh gulungan. Selain terkenal dengan ombak terbaik, di sekeliling pantai plengkung terdapat hutan tropis yang menyejukkan pandangan mata sehingga tidak heran mendapat julukan surga kesunyian. Kesunyian yang membuat ketentraman hati untuk menghilangkan semua lelah yang ada. Hmmm,, berani mencoba..

Gambar Pantai Plengkung
3.    Teluk Hijau
Terletak di kecamatan Pesanggaran, pantai yang berada di teluk ini biasa disebut juga dengan surganya pantai. Berada di daerah perbukitan membuat pemandangan yang tercipta dalam kategori luar biasa. Pemandangan yang kehijauan dari tebing-tebing serta air yang merupakan percikan ombak yang menghempas tebing menjadi sensasi tersendiri yang dirasakan oleh pengunjung dalam menikmati keindahan panorama di teluk ini. Tidak jauh dari teluk ini terdapat sebuah pantai yang terletak di sebalik bukit serta batu yang memiliki warna kecoklatan yang hanya berjarak beberapa meter dari pantai. Serta air terjun yang digunakan sebagai persediaan air tawar bagi pengunjung.

Gambar Teluk Hijau
4.    Pulau Merah
Di pulau ini memiliki pantai dengan ombak setinggi 4-5 meter membuat pantai ini layak untuk dijadikan tempat berselancar sama halnya pantai Plengkung. Namun terdapat hal yang berbeda karena pulau ini memiliki tanah merah yang terletak di bukit tidak jauh dari pantai. Itulah alasan mengapa pulau ini disebut pulau merah. Pesona yang disuguhkan oleh pantai yang memiliki pasir yang putih bersih di sepanjang 3 km di bibir pantai. Panorama matahari tenggelam dari pulau ini merupakan pemandangan yang terbaik untuk dinikmati pengunjung. So, masih ragu untuk memutuskan mengunjungi pulau ini? 

Gambar Pulau Merah
5.    Pulau Tabuhan
Terletak di kecamatan Wongsorejo yaitu di desa Bangsring yang dari kota Banyuwangi sekitar 20 km. Pulau dengan luas 5 hektar ini sangat cocok untuk melihat keindahan karang karena air di pantai ini sangat jernih. Memiliki kebun yang sangat eksotis, membuat pantai ini wajib dikunjungi bagi pencinta laut. Spesies yang hidup di kebun laut ini sangat banyak, ribuan jumlahnya yang terdiri dari bunga karang, udang karang serta ikan dengan bermacam-macam jenis dan spesies. Walaupun lebih dikenal dengan keindahan laut, namun keindahan daratannya pun tidak kalah mengesankan. Karena hidup satwa dengan banyak jenis, salah satunya seperti burung Maleo yang merupakan burung yang terkenal di Pulau Sulawesi.

Gambar Pulau Tabuhan
6.    Pantai Sukamade
Jalanan yang memiliki banyak bukit dan terjalnya batu, melewati pedalaman hutan serta banyaknya sungai yang harus diseberangi menjadi rintangan untuk mencapai tempat ini. Namun, ketika sudah sampai maka tidak akan pernah ada penyesalan dalam hati karena pemandangan yang disuguhkan mampu membuat perasaan membaur dengan suasana. Tempat ini bias dikatakan memiliki tingkat keasrian seratus persen karena belum dijamah oleh tangan nakal manusia. Karena di sekitar pantai terdapat hutan, maka pemandangan yang dapat dilihat ketika dalam perjalanan ke pantai Sukamade adalah  kehijauan alam dan satwa-satwa yang hidup di sekitaran. Belum lagi dengan kejernihan air pantai dan pasir yang putih bersih. Yang mengesankan di pantai ini yaitu merupakan tempat pelepasan penyu. Pengunjung dapat melihat secara langsung penangkaran dari hewan kecil dan lucu ini.
Gambar Pantai Sukamade
7.    Pantai Rajegwesi
Meskipun pantai ini dari kota Banyuwangi memiliki jarak yang cukup jauh, namun tidak membuat pantai ini kehilangan pesonanya. Pantai rajegwesi ditempuh melalui jalur yang akan melewati daerah perkebunan yang hijau alami. Berbeda layaknya pantai biasa, udara ini pantai ini tidak panas namun sangat sejuk karena pantai ini berada dekat dengan daerah pegunungan. Udara yang sejuk serta dilengkapi pasir putih bersih serta ombak yang santai, mambuat pantai ini sangat banyak dikunjungi sebagai tempat wisata. Dan juga, keramahan masyarakat daerah menjadi nilai plus pantai ini untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi.

Gambar Pantai Rajegwesi
8.    Pantai Grajagan
Terletak jauh dengan pusat kota Banyuwangi, membuat pantai ini menjadi salah satu favorite pengunjung karena suasana nyaman dan sepi yang jauh dari kebisingan dan keramaian suasana kota. Dengan luas 315 hektar, pantai Grajagan memiliki sebuah gua yang pada zaman dahulu digunakan sebagai pertahanan Jepang. Serta terdapat perbukitan yang menghiasi mata dengan keindahan pemandangannya membuat pantai ini sangat complete sebagai tempat rekreasi dan refreshing untuk bersama keluarga. Keindahan akan lebih nampak karena kegiatan dan aktivitas penduduk yang setiap paginya mencari ikan di pagi hari. Sehingga membuat pantai ini terkenal dengan sebutan petani nelayan.
Gambar Pantai Grajagan
9.    Agrowisata Kalibendo
Berjarak 20 km dari arah barat kota Banyuwangi, agrowisata ini berada pada dataran tinggi di jalur sebuah kawah. Memiliki letak yang bisa dikatakan strategis membuat tempat wisata ini masih asri dengan kesejukan udara yang masih segar dan alami. Perkebunan yang menjadi pemandangan membuat tempat ini menjadi mententramkan jiwa dan pikiran. Suasana pedesaan dengan aliran sungai yang sudah pasti airnya jernih dan dingin ketikan disentuh. Wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga menghilangkan lelah pikiran dan kesibukan kerja.

Gambar Agrowisata Kalibendo
10.    Agrowisata Kaliklatak
Berbeda dengan agrowisata Kalibendo yang lebih ke wisata alam, wisata yang satu ini lebih menekankan perkebunan yang asri. Dari arah barat, agrowisata ini terletak 15 km dari kota Banyuwangi. Dengan luas 1013 ha dan tinggi sekitar 450 M, membuat tempat ini cocok dikunjungi sebagai tempat wisata untuk mengenal berbagai tanaman seperti cengkeh, lada, serta bermacam-macam jenis rempah-rempahan. Dan juga buah-buahan seperti pisang, kelapa dan lain-lainnya. Dari sini juga pengunjug bias melihat pemandangan indah kota Banyuwangi serta pulau Bali dan juga Semananjung Blambangan.

Gambar Agrowisata Kalikatak
Apalagi yang ditunggu? Segera persiapkan diri untuk menuju kota Banyuwangi. Di sini semua lelah dan kejenuhan rutinitas dan aktivitas akan dihilangkan dengan segala macam wisata yang tersedia. Selamat mencoba dan menikmatinya…

Baca juga :
Tempat Wisata Bersejarah di Surakarta atau Solo Jawa Tengah


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top