Lezatnya Cita Rasa Kuliner Khas Bengkulu

Wisata Kuliner - Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan wisata dan berbagai kulinernya. Masing-masing provinsi di Indonesia mempunyai ciri khas budaya, wisata dan kulinernya sendiri, termasuk Provinsi Bengkulu. Provinsi dimana Bunga Rafflesia Arnoldy tumbuh ini mempunyai wisata alam yang beraneka ragam juga wisata kuliner yang lezat dan menggugah selera. Kuliner-kuliner tersebut diantaranya.

1. Pendap
Pendap merupakan kuliner khas Bengkulu yang populer dikalangan masyarakat. Pendap juga merupakan judul salah satu lagu daerah Bengkulu yang dirilis pada tahun 90-an. Pendap terbuat dari ikan yang dicampur dengan beragam bumbu seperti cabai giling, kelapa muda, bawang putih dan kencur. Bumbu-bumbu yang sudah tercampur rata kemudian dibungkus dengan daun talas dan dimasukkan sepotong ikan di dalamnya, lalu direbus selama 8 jam. Rasa pedas dan gurih yang ada pada Pendap membuat siapa saja ingin segera menyantapnya. Pendap juga sangat pas dijadikan lauk untuk dimakan bersama nasi.

Pendap

2. Gulai Kemba’ang
Kuliner satu ini lebih dikenal di Kabupaten Muko-muko. Gulai Kemba’ang terbuat dari iga sapi dengan racikan berbagai bumbu. Kuah gulai yang gurih dan nikmat sangat menggugah selera dan dapat membangkitkan nafsu makan. Gulai Kemba’ang biasanya dibuat saat hari-hari spesial, misalnya saat bulan Ramadhan dan hari Lebaran. Gulai ini sangat pas disantap saat berbuka puasa maupun sahur.

Gulai Kamba'ang

3. Lema
Lema dibuat dari adonan rebung yang dicincang kemudian dicampur dengan ikan air tawar. Adonan tersebut ditaruh ke dalam wadah yang dilapisi daun pisang dan ditutup rapat selama 3 hari. Hal tersebut merupakan proses fermentasi, karenanya makanan ini memiliki keasaman dan aroma yang menyengat indra penciuman. Lema biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun sebagian masyarakat juga mengolahnya menjadi sambal, maupun lauk yang dimakan bersama nasi.

Lema

4. Kue Tat

Kue Tat atau Juanda Tat merupakan kue khas Provinsi Bengkulu yang kerap dijumpai saat perayaan hari-hari besar seperti upacara adat, hari Lebaran umat Islam, pernikahan dan hari besar lainnya. Kue Tat berbahan dasar tepung gandum yang dicampur dengan gula pasir, telur dan mentega. Parutan nenas atau kelapa bercampur gula merah mempermanis tampilan kue ini. Kue yang konon dahulunya merupakan kue makanan para raja Bengkulu ini dibuat dengan keterampilan khusus. Hanya orang yang berpengalamanlah yang mampu membuat kue ini.

Kue Tat

5. Lepek Binti
Lepek Binti merupakan makanan tradisional khas Provinsi Bengkulu. Lepek Binti terbuat dari tepung ketan dan garam yang dicampur dengan santan. Lalu diisi dengan daging sapi yang telah digiling halus yang di.campur dengan bumbu lengkuas, daun salam dan santan. Makanan ini banyak dijajakan berkeliling oleh masyarakat setempat dan sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Lepek Binti

Itulah berbagai macam kuliner khas Bengkulu yang patut anda coba. Dengan bahan-bahan yang terbilang tidak sulit, mungkin anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat.


Baca juga:
6 Kuliner Lezat dan Mantap Khas Banten


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top