Kuliner Khas Makassar

Wisata Kuliner - Setelah Asik berwisata di kota Makassar (lihat tempat wisata kota makassar) tidak ada salahnya kita mamanjakan lidah kita dengan kuliner khas daerah ini, ayo kita simak kuliner khas apa saja yang ada didaerah ini:

1.    Coto Makassar
Coto Makassar adalah makanan khas makassar yang terkenal di penjuru nusantara yang bisa kita jumpai dengan mudah di daerah ini bahkan mungkin didaerah readers. Coto makassar ini berbahan utama jeroan (isi perut), kacang tanah yang sudah dihaluskan dan daging sapi yang telah direbus dengan cukup lama dalam air yang telah dipakai untuk mencuci beras dan kemudian di padukan dengan bumbu rempah-rempah yang telah diracik secara khusus, coto makassar ini akan lebih nyummy jika kita santap saat masih hangat dengan ditemani ketupat.

Coto Makassar
2.    Pisang Epe
Dari namanya saja pasti makanan khas yang satu ini terbuat dari pisang. Pisang yang dijadikan bahan utamanya yaitu pisang kepok yang masih mangkal atau belum terlalu matang. Cara mebuat pisang epe cukup mudah setelah pisang dikupas kemudian dibakar setengah matang dan dipipihkan lalu dibakar kembali hingga matang jangan lupa untuk membolak-balikkannya agar pisang tidak gosong dan hitam di salah satu sisinya. Cara menikmati pisang epe ini adalah dengan ditemani saus gula mereh yang terbuat dari gula merah, garam dan direbus dengan air daun pandan. Atau pun dapat dikreasikan lagi dengan menambahkan durian, keju, atau susu coklat sesuai selera. Pisang epe ini banyak dijumpai disepanjang jalan pantai losari.

Pisang Epe
3.    Mie Titi
Mie titi adalah mie kering yang sangat terkenal di makassar sejak tahun 70’an. Dengan ciri khas mie yang digunkan lebih tipis dari mie biasa. Mie titi ini disajikan dengan kuah kental yang dicampur dengan jamur, cumi , hati, irisan ayam, udang dan ditambah taburan bawang goreng. Mie titi di makassar memiliki banyak cabang hingga ke jakarta. Sedang untuk di makassar sendiri para pengunjung dapat menikmati mie titi ini diantaranya di jalan irian, jalan Datumuseng, jalan perintis Kemerdekaan Km 9, jalan Sultan Hasanuddin (gowa), Komp.BTP dan Jalan Boulevard.

Mie Titi
4.    Sop Saudara
Sop saudara merupakan makanan tradisional khas dari kabupaten pangkep sulawesi selatan. Sop saudara ini berbahan utama daging sapi dan disajikan dengan bihun, hati sapi, perkedel kentang dan telur rebus biasanya dimakan dengan nasi putih dengan pelengkap ikan bakar.

Sop Saudara
5.    Sop Konro
Selain sop saudara di makassar juga terkenal dengan sop Konro. Sop konro merupakan sop iga sapi atau daging sapi yang berwarna coklat kehitaman dan biasanya dimakan dengan potongan ketupat kecil-kecil. Sop ini berwarna hitam karena memang ada campuran kluwek yang memang berwarna hitam dan dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah lainnya.

Sop Konro
6.    Es Pisang Ijo
Selain makanan kota makassar juga memiliki minuman yaitu diantaranya es pisang ijo. Minum ini berbahan utama pisang yang kemudian dibalut dengan tepung kanji dan tepung beras  yang beraroma daun pandan dan kemudian disajikan dengan bubur, es serut dan sirop. Sangat cocok dinikmati saat udara panas.
Es Pisang Ijo
7.    Sarabba
Selain es pisang ijo kota makssar juga memiliki minuman yang khas lainnya seperti sarabba, sarabba adalah minuman kesehatan yang terbuat dari campuran jahe, santan dan ditambahkan gula merah. sekilas minuman ini mirip dengan susu madu telur jahe yang membedakannya sarabba ini ditambahkan santan dan tanpa susu.

Sarabba
8.    Es Palu Butung
Es palu butung ini hampir sama dengan es pisang ijo yang membedakannya es palu butung ini tidak dibalut dengan tepung dan hanya berupa pisang kepok rebus yang dipotong-potong dan  dicampur dengan es dan sirop.
Es palu Butung
Nyummy bukan?
bagi yang berkunjung ke kota malassar jangan lupa untuk mencicipinya ya..

Baca juga:
Merasakan Lezat dan Nikmatanya Makanan Khas Blora


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top