Beragam Wisata Unik dan Favorit di Provinsi Jambi

Tempat Wisata - Provinsi Jambi adalah provinsi yang terletak di tengah Pulau Sumatera tepatnya bagian pesisir timur. Provinsi yang mempunyai 11 kota dan kabupaten ini memiliki beragam wisata yang unik dan favorit di kalangan masyarakatnya. Wisata-wisata tersebut antara lain.

1. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muaro Sebo, 26 km dari kota Jambi. Candi dengan kompleks percandian terluas di Indonesia ini merupakan candi bealiran Buddhisme peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi yang tersusun dari batu bata merah ini ditetapkan UNESCO pada tahun 2009 sebagai situs warisan dunia yang harus dirawat dan dilindungi. Kawasan ini dulunya merupakan tempat tinggal para biksu, hal ini terbukti dengan ditemukannya perkakas rumah tangga di dekat candi. Candi Muaro Jambi merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mengenang sisa-sisa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Candi Muaro Jambi

2. Tanggo Rajo
Tanggo Rajo merupakan tempat wisata yang menawarkan beraneka ragam kuliner khas Jambi di tepi perairan. Tempat ini sangat tepat untuk menikmati keindahan sungai terpanjang di Sumatera, yaitu Sungai Batanghari. Wisata yang disebut masyarakat Jambi dengan “Ancol”-nya kota Jambi ini ramai dikunjungi saat sore dan malam hari. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang romantis bersama pasangan dan keluarga. Aneka warung tenda yang menjual jagung bakar dan makanan lainnnya juga menjadi pelengkap suasana. Untuk sampai ke Tanggo Rajo, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Tanggo Rajo

3.  Mesjid Agung Al-Falah
Mesjid Agung Al-Falah merupakan masjid yang unik. Memiliki sebanyak 256 tiang penyangga membuat masjid ini disebut Mesjid 1000 Tiang. Mesjid yang dibangun pada tahun 1971 dan selesai 9 tahun berikutnya ini terletak di Jalan Sultan Thaha No. 60, Legok, Telanipura, Jambi. Bangunan Mesjid Agung Al-Falah memiliki konsep terbuka dengan hanya satu kubah besar dan banyak tiang penyangga. Tanpa sekat, tanpa dinding dan pintu membuat masjid ini terkesan “welcome” dan ramah. Mesjid kebanggan kota Jambi ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jika anda ingin mengunjunginya, pastikan pakaian yang anda kenai sopan, bersih dan rapi.

Mesid Agung Al-Falah

4. Taman Mini dan Taman Rimba
Taman Mini dan Taman Rimba merupakan dua kompleks berbeda yang disatukan dengan mengusung konsep wisata taman hiburan dan kebun binatang, dengan harapan setelah pengunjung puas melihat aneka hewan di kebun binatang, pengunjung juga terhibur dengan berbagai macam permainan. Di tempat ini terdapat beraneka ragam hewan seperti gajah, harimau sumatera, rusa tutul, kuda poni, buaya dan aneka hewan lainnya. Selain itu, juga terdapat berbagai macam pemainan seperti komedi putar mini, mandi bola, boom boom car dan berbagai permainan outdoor lainnya. Objek wisata yang didirikan diatas lahan seluas 18 ha ini sangat mudah dijangkau karena letaknya yang berada di tengah-tengah kota Jambi.

Taman Mini dan Taman Rimba

5. Danau Sipin
Danau Sipin berlokasi di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura. Warga setempat juga biasa menyebutnya dengan “Solok Sipin”. Dalam bahasa setempat, kata “solok” berarti danau. Danau Sipin mempunyai air yang jernih dan tinggi, juga mempunyai multifungsi. Selain tempat wisata, danau ini juga dimanfaatkan warga setempat sebagai tempat pembudidayaan ikan air tawar. Para wisatawan bisa menyewa perahu jika ingin berkeliling danau. Di sekitar danau juga banyak warung makan yang menjajakan masakan dari ikan segar. 

Danau Sipin

Itulah beberapa dari sekian banyak wisata yang ada di Provinsi Jambi. Jika anda berkunjung ke Jambi, tampaknya wisata-wisata di atas dapat anda masukkan dalam list destinasi wisata anda. Selamat berwisata ! 


Baca juga:
Menguak Ragam Wisata Legendaris di Serang, Banten


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top