Beragam Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, D.I. Yogyakarta

Tempat Wisata - Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi D.I. Yogyakarta. Kabupaten dengan ibukota Wates ini memiliki beragam destinasi/tujuan wisata yang menarik dan seru. Berikut ini meupakan wisata terbaik di Kabupaten Kulon Progo, antara lain.

1. Wisata Alam Kalibiru
Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru terletak di Desa Hagrowilis, Kokap, Kulon Progo. Wisata yang dibangun atas inisiatif masyarakat ini berlokasi di kawasan perbukitan Menoreh Yogyakarta dengan ketinggian 450 mdpl. Perbukitan yang luas dengan alam yang asri nan hijau merupakan daya tarik wisata Kalibiru. Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di di Wisata Alam Kalibiru, antara lain wisata terapi alam, tracking, outbond training, wisata pedesaan, wisata keluarga serta wisata budaya dan pendidikan. Jika ingin berwisata di Kalibiru, anda cukup menempuh jarak 40 km atau sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.
Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru
2. Puncak Suroloyo
Bukit Tertinggi di kawasan Pegunungan Menoreh, itulah Puncak Suroloyo. Terletak di ketinggian 1.091 mdpl membuat para wisatawan dapat menyaksikan keindahan empat gunung besar di Pulau Jawa (Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing) serta puncak candi Borobudur yang menyembul di balik kabut saat fajar. Wow, dapat dibanyangkan betapa indahnya pemandangan dari atas Puncak Suroloyo. Untuk dapat menikmati keindahannya saat fajar, anda harus berjalan sekitar 40 km dengan rute Godean-Sentolo pada pukul 2 dini hari.
Puncak Suroloyo
3. Kebun Teh Nglinggo
Kebun teh Nglinggo merupakan kebun teh yang belum banyak diketahui di Yogyakarta. Kebun teh ini terletak di Dusun Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo. Saat pertama kali tiba, anda akan ditakjubkan dengan pemandangan alam yang hijau serta bukit-bukit menjulang yang indah di sekitarnya. Tak hanya itu, suhu di Kebun Teh Nglinggo juga sangat sejuk karena berada di ketinggian 800 mdpl. Kebun Teh Nglinggo merupakan tempat yang tepat bagi anda yang ingin refreshing dan menjauh sejenak dari kebisingan kota. Suasana yang sepi, sejuk ditambah kicauan satwa disekitarnya membuat anda dapat merilekskan pikiran. 
Kebun Teh Nglinggo

4. Air Terjun Samigaluh
Air terjun yang juga terkenal dengan nama Curug Sidoharjo ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kolon Progo. Hawa yang sejuk disertai rimbunnya pepohonan sekitar membuat Air Terjun Samigaluh terlihat hijau dan indah. Derasnya air yang jatuh disertai hamparan bunga-bunga liar yang tumbuh disekitarnya melengkapi keindahan air terjun ini.  Memang, air terjun ini belum begitu dikenal para wisatawan karena letaknya yang cukup jauh dari jalan utama. Namun, jika anda ingin berwisata sambil menjelajah alam, Air Terjun Samigaluh merupakan pilihan yang tepat.
Air Terjun Samigaluh

5. Waduk Sermo

Waduk yang diresmikan tanggal 20 November 1996 silam oleh Presiden Soeharto ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kulon Progo. Waduk Sermo merupakan satu-satunya wisata waduk yang ada di Provinsi Yogyakarta.Tak hanya sebagai tempat wisata, Waduk sermo juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk pengairan bagi sawah-sawah mereka. Keindahan waduk ini terlihat dari beningnya air dan hijaunya pepohonan sekitar serta hawanya yang sejuk. Selain menikmati keindahan waduk dengan berssantai dan berfoto ria, anda juga bisa memancing dan berkeliling waduk menggunakan perahu wisata. Untuk sampai ke Waduk Sermo, anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 jam dari kota Wates ke arah barat. 
Waduk Sermo

6. Pantai Glagah
Pantai Glagah merupakan tempat wisata pantai yang terkenal di Kulon Progo. Pasir besi hitam yang indah dengan ratusan tetrapod yang berjajar di sisi baratnya merupakan ciri khas pantai yang terletak 40 km dari Kota Yogyakarta ini. Beragam fasilitas yang disediakan pemerintah menambah asyiknya berwisata ke pantai ini. Fasilitas tersebut diantaranya kolam pemancingan, taman rekreasi, bumi perkemahan dan perkebunan buah Naga. Pantai Glagah merupakan pilihan tepat untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. 
Pantai Glagah

Itulah beragam destinasi wisata menarik bagi anda yang ingin menikmati wisata asyik di Kabupaten Kulon Progo. Selain mengisi waktu liburan, anda juga bisa merasakan serunya pengalaman menjelajah alam.


Baca juga:
Tempat Wisata yang Mempesona di Klaten Jawa Tengah


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top