5 Wisata Menarik yang Tak Boleh Terlewatkan di Gunungkidul, Yogyakarta

Tempat Wisata - Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Yogyakarta. Kabupaten yang beribukotakan Wonosari ini terletak di sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Gunungkidul menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang menarik dan pesona keindahan alami. Berikut ini merupakan 5 wisata alam yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul. Ayo simak ulasannya.



Pantai Indaryanti
Pantai yang terletak di pesisir selatan Provinsi Yogyakarta ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga menyediakan café dan restoran untuk menikmati hidangan dan bersantai serta penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Pantai yang awalnya bernama Pulang Syawal ini dikenal dengan pasir dan lautnya yang bersih serta terbebas dari sampah. Itulah mengapa pantai ini sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi. Tiket masuk ke pantai ini juga sangat murah, anda cukup merogoh kocek Rp. 5.000 saja untuk dapat menikmati pesona Pantai Indrayanti ini.


Pantai Indaryanti
Gunung Api Purba Nglanggerang
Gunung Nglanggerang terletak di Desa Nglanggerang, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung
Nglanggerang merupakan gunung purba yang aktif berjuta tahun lalu yang berbentuk bongkahan batu dengan ukuran raksasa. Dari ketinggian gunung ini, anda dapat menyaksikan indahnya sunset dan sunrise, sawah dan ladang, perkampungan penduduk sekitar, serta gemerlapnya Kota Yogyakarta di malam hari.  Pendakian gunung ini hanya memerlukan waktu 1 sampai 1,5 jam saja. Sungguh waktu yang sangat singkat.

Gunung Api Purba Nglanggerang

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk merupakan wisata alam yang terletak di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Air Terjun Sri Gethuk terbentuk dari tiga mata air yang mengalir menjadi satu dan kemudian membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan di Gunungkidul yang terkenal tandus. Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk merupakan penyegar di daerah tandus tersebut. Sungai jernih yang diapit oleh dua tebing membuat anda akan merasa seperti berada di Grand Canyon.

Air Terjun Sri Gethuk


Pantai Ngobaran
Pantai yang terkenal dengan keeksotisannya ini terletak di Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di pantai ini para wisatawan akan menemukan pesona budaya yang mistis, diantaranya terdapat candi pemujaan yang tak boleh dimasuki orang, masjid yang mengarah ke selatan dan pura dengan banyak patung-patung dewa. Semua bangunan tersebut merupakan tempat ibadah yang berdiri dengan jarak yang berdekatan. Namun terlepas dari itu, pantai ini menawarkan pesona keindahan hamparan pasir putih dan hamparan alga hijau yang tumbuh disela-sela karang. Anda juga dapat melihat berbagai jenis biota yang hidup di sela-sela karang tersebut, seperti bintang laut, landak laut, dan biota laut lainnya seperti jenis kerang-kerangan. Menarik bukan?

Pantai Ngobaran

Goa Pindul
Goa Pindul merupakan objek wisata yang terdapat di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Goa eksotis dengan panjang sekitar 350 meter dan lebar 5 meter ini memiliki 3 zona diantaranya zona terang, zona remang dan zona gelap. Untuk menyusuri goa ini, anda harus menaiki ban pelampung di atas aliran sungai yang ada di dalam goa. Kegiatan semacam ini dikenal dengan istilah cave tubing. Tak perlu bingung jika anda ingin mencoba cave tubing di Goa Pindul ini, karena pengelola tempat wisata Goa Pindul telah menyediakan paket cave tubing, diantaranya jasa pemandu, perlangkapan (ban, jaket pelampung, head lamp dan sepatu karet) serta asuransi. Paket tersebut hanya dikenakan biaya Rp. 35.000 per orang.

Goa Pindul
Nah, itulah 5 tempat wisata yang terkenal di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Menarik bukan? Jika anda berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, beberapa wisata di atas mungkin bisa anda dijadikan pilihan.

Baca juga:
Menghilangkan Stres dan Lelah dengan Berwisata di Kota Banyuwangi


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top