Wisata Paling Menawan di Pulau Lombok

Tempat Wisata - Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara dan terletak di sebelah timur Pulau Bali. Ibukotanya adalah Mataram sekaligus pusat Kota di Nusa Tenggara. Pulau ini dari sebelah barat dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali dan disebelah timur dipisahkan oleh Selat Alas dari Sumbawa. Bentuk pulau ini dilihat dari peta kurang lebih berbentuk bulat dan ada ekor disisi barat daya yang panjangnya sekitar 70 km. Banyak terdapat objek wisata yang diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga menjadi salah satu sumber pendapatan terpenting bagi Lombok. Keindahan panorama alam yang terbentang luas membuat para wisatawan menjadi takjub dan terpesona mulai dari gunung Rinjani hingga pantai-pantai yang sangat eksotis dan masih terjamin akan keindahan dan  keasriannya. Berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau lagi berada di pulau lombok ini: 

Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Objek wisata ini sangat cocok bagi anda para pecinta surfing atau peselancar. Tempat ini wajib anda kunjungi karena Desert Point Lombok ini merupakan objek wisata andalan Lombok yang sangat terkenal di Indonesia sehingga dinobatkan sebagai salah satu tempat surfing terganas yang memiliki ombak yang besar dari 10 tempat surfing versi Intenasional Surfing Association.  Penduduk setempat menyebut tempat ini sebagai Bangko-bangko. Lokasi objek wisata ini terletak di Barat Daya Pesisir Lombok. Anda dapat melewati rute perjalanan dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok menggunakan kapal Ferry. Lalu setibanya di pelabuhan Lembar Lombok membutuhkan waktu 2 jam perjalanan lagi untuk menempuh ke Desert Point baik menggunakan travel maupun rental mobil. Disana ada tersedia tempat penginapan berupa podok-pondok yang sederhana sebagai tempat penginapan.
Point Desert/Bangko-bangko Lombok

Gunung Rinjani

Selanjutnya objek wisata yang wajib anda kunjungi adalah Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bagi anda para pencinta alam dan petualang tempat ini memang sangat cocok. Karena menjadi kebanggaan tersendiri bagi siapa saja yang berhasil mencapai puncak gunung tersebut. Selain itu, dengan kealamian yang dimiliki gunung Rinjani menjadikan tempat ini sebagai latar belakang utama yang jarang ditemukan. Ketika anda berada di puncak gunung, anda akan melihat pemandangan Air Danau Segara Anak yang terlihat seperti laut yang warnanya biru. Dimana air terjun tersebut mengalir dari danau sedalam 230 meter dan membentuk sebuah air terjun yang curam. Terkadang penduduk setempat yang mayoritas beragama Hindu, meletakkan kembang saji sehingga bau dupa akan tercium oleh kita membuat suasana kawasan ini terasa lebih spiritual. Anda juga bisa berkemah ditepiah danau dan bisa juga memancing serta berendam di air panas dari danau Segara Anak yang kataya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.  

Nampak Penda-tenda Pandaki Gunung Rinjani

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak ini terletak tepat di kawah Gunung Rinjani. Hingga saat ini dipercaya danau ini merupakan bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini disebabkan karena warna air danau ini persis seperti warna air laut yang biru. Wisata ala mini sangat cocok bagi anda para pecinta alam. Biasanya para wisatawan yang mengambil paket dengan jasa biro perjalanan untuk mendaki Gunung Rinjani, mereka juga akan diajak menuju Danau Segara Anak hingga sampai bermalam di pinggir danau. Dengan aktivitas utamanya ialah memancing, maka dari itu para wisatawan disarankan untuk membawa pancingan sendiri. Untuk menuju Danau Segara Anak, anda harus berjuang melewati jalan selama kurang lebih 9 jam dengan berjalan kaki. Memang cukup sangat melelahkan, akan tetapi pada titik akhir jalur, baru bisa dilalui dengan kendaraan bermotor, dan ketika sampai ke Danau perjuangan anda akan terbayarkan dan tidak akan mengecewakan. 
Danau Segara Anak

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile merupakan salah satu air terjun yang ada di Lombok Utara, tepatnya berada di Desa Senaru, Kec. Bayan, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju ke Gunung Rinjani dan sumber air terjun yang alami dan sejuk ini berasal dari mata air Gunung Rinjani sehingga objek wisata air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
Air Terjun Sendang Gile

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman  replikanya Gunung Rinjani serta danau Segara Anak. Tempat ini merupakan tempat yang dikeramatkan oleh penduduk Lombok. Karen ataman ini terdapat air suci yang dipercaya sebagai air awet muda. Bagi penganut ajaran Hindu ada terdapat Bale Petirtan tempat sembahyang.  Para pengunjung taman Narmada boleh membawa air suci pulang, tapi dengan syarat tidak melanggar pantangannya seperti digunakan untuk mencuci kaki, serta tidak boleh dikunjungi oleh wanita yang lagi haid.
Taman Narmada

Pulau Gili

Tempat pariwisata Lombok selanjutnya adalah Gili Air. Gili Air adalah salah satu tiga pulau yang terkenal di Lombok selain Gili Trawang dan Gili Meno. Tiga pulau tersebut sangat terkenal keindahan pantainya. Namun, Gili Air menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Lombok.  Gili Air berlokasi di Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.  Objek wisata Gili Air ini memberikan dan menggambarkan keindahan keanekaragaman hayati laut Indonesia. Seperti spot kuda laut, beragam warna ikan, kura-kura serta aneka hewan laut lainnya. Penduduk setempat yang mayoritas bersuku bugis dan suku sasak biasanya menyebut lokasi ini bernama “Tengaq Aiq” yang artinya ditengah-tengah laut. Keseharian mereka rata-rata bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedangan dan pemandu wisata. Tempat wisata ini biasanya ramai didatangi para wisatawan pada masa liburan bulan Juli sampai Agustus. Para wisatawan Gili Air berasal dari berbagai Negara, seperti dari Negara Prancis, Inggris, Belanda, Italia dan negara lainnya. 
Posisi Letak Gili Air, Meno dan Trawangan

Pantai Sekotong

Wisata Pantai di Lombok yang satu ini terletak di Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan dari berbagai daerah.  Pantai ini tidak terlalu ramai pengunjungnya, sehingga anda bisa dengan bebasnya bermain dan menikmati keindahan pantai dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Sekotong dikenal sebagai pantai perawan, karena pantai ini masih masih alami dan hanya padat pengunjung pada akhir pekan. Selain itu, ada juga keindahan budidaya biota laut yang beraneka ragam seperti ikan kerapu, kerang abalone, lobster, teripang, ikan napoleon dan lain sebagainya yang dibudidayakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan. Tidak hanya itu, Anda bisa juga mendaki bukit-bukit di sekitar pantai Sekotong dan menjadi pengalaman bagi anda dengan pesona alamnya yang langka. Setibanya di puncak, anda akan melihat pemandangan hamparan pantai yang luas dengan warna birunya dan ada terlihat Gunung Agung yang menjulang tinggi dan gugusan pulau kecil diseberang lautan.
Pantai Sekotong

Pantai Senggigi

Objek wisata alam yang juga wajib anda kunjungi di Lombok adalah Pantai Senggigi. Pantai ini sangat terkenal di Lombok dengan nuansa alam layaknya seperti Pantai Kuta di Bali meski pantainya tidak seluas pantai Kuta Bali. Lokasi pantai ini terletak di sebelah Barat Pesisir Pulau Lombok. Ketika anda berada di kawasan pantai Senggigi anda akan disapa dengan anginnya yang lembut sepoi-sepoi dan anda akan dimanjakan dengan pemandangannya yang indah dan masih asri alami, walaupun terdapat sampah dedaunan yang berserakkan yang jarang dibersihkan. Di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar dan tenang sehingga disana anda juga bisa dengan bebas melihat keindahan alam bawah laut dengan melakukan snorkeling atau selam permukaan. Ada terdapat terumbu karang yang menjulang ketengah sehingga ombak besarnya pecah di tengah. Fasilitas yang tersedia disini terdapat tempat penginapan/hotel-hotel untuk anda beristirahat.
Pantai Senggigi

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong ini merupakan objek wisata laut yang memberikan sensasi pariwisata lombok yang alami serta berbeda dengan objek-objek wisata lainnya di Indonesia. Lokasi Pura Batu Bolong bisa dicapai sekitar 12 kilometer dari pusat kota Mataram atau 1,5 km sebelum Pantai Senggigi. Perjalanan bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Terdapat lubang atau bolong pada batu yang membuat anda takjub dan ingin sekali mendekat ke tepian batu sambil bermain ombak air yang membenturkan dirinya ke batu karang sehingga terdengar suara deburan ombak yang dapat menenangkan jiwa anda. 
Pura Batu Bolong

Pantai Kuta Lombok

Objek wisata selanjutnya adalah Pantai Kuta Lombok. Lokasi pantai ini terletak di Pulau Lombok tepatnya di Desa Kuta. Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Sudah jelas keindahan pantai ini menjadikan pantai ini terkenal dan menarik apalagi sejak banyaknya hotel-hotel baru yang telah didirikan disekitar pantai.  Selain itu, disetiap tahunnya di kawasan ini diadakan upacara Sasak yaitu upacara Bau Nyale. Salah satu kegiatan upacara ini saat dilaut adalah para pelautnya mencari cacing Nyale. Menurut cerita daerah setempat, masa dahulu kala ada seorang puti cantik bernama Putri Mandalika. Banyak pemuda tampan yang ingin melamar dan menikahinya. Namun, sang putri tidak bisa mengambil keputusan maka ia terjun kedalam air laut. Sebelumnya sang putri berjanji bahwa setiap setahun sekali ia akan kembali datang. Hingga saat ini cacing Nyale tersebut dipercaya penduduk setempat merupakan rambut sang putri Mandalika yang panjang. 
Pantai Kuta Lombok

Masjid Bayan Beleq

Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu situs bersejarah yang terdapat di Indonesia. Masjid ini bernama Bayan Beleq yang artinya Bayan adalah lokasi dimana mesjid ini berada yaitu di Desa Bayan, tepatnya di Jalan Labuan Lombok, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. dan Beleq yang berarti makam besar seorang penyebar agama Islam pertama dikawasan ini, yaitu Gaus Abdul Rozak. Masjid ini dapat ditempuh sekitar 80 kilometer perjalanan dari Kota Mataram. Bentuk masjid yang telah berusia 300 tahun ini sangat sederhana, berdiri pada abad ke-17. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan pondasi lantainya terbuat dari batu-batu sungai. Sedangkan atapnya terbuat dari bilah-bilah bamboo yang disusun membentuk tumpang.  Masjid Bayan Beleq ini dalam kesehariannya tidak digunakan lagi oleh penduduk setempat. Tetapi pada saat acara hari besar agama Islam, masjid ini akan ramai dipenuhi masyarakat.
Masjid Bayan Beleq

Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk merupakan pariwisata alam yang terletak di Hutan kawasan Hutan Rinjani, Lombok. Arti Pusuk yang merupakan puncak, yang artinya hutan ini berada di puncak gunang Rinjani. Ada terdapat habitat monyet yang jumlahnya ratusan di dalam hutan tersebut yang selalu menanti dipinggiran jalan untuk mendapatkan makanan yang diberi oleh pengendara yang berlalu melintasi jalan disana.
Pengunjung yanng melihat Monyet Pusuk
Itulah beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi di Lombok. Nah, Jadi tunggu apa lagi ayo manjakan diri anda bersama keluarga dan para sahabat anda untuk memilih berwisata ke pulau Lombok Nusa Tenggara.

Baca juga:
Pariwisata Mancanegara di Kota Denpasar


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top