Wisata Indah di Gorontalo

Tempat Wisata - Hai readers pada tulisan kali ini kila akan membahas keindahan alam provinsi gorontalo, yang merupakan salah satu provinsi yang terletak di pulau sulawesi dibagian utara atau bagaian barat sulawesi utara. Langsunga aja kita simak yuk..!

1.    Benteng Otanaha
benteng otanaha terletak di bukit desa Dempe 8 Km dari kota Gorontalo, benteng ini merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada zaman portugis sekitar  abad ke 15. Dahulu kala benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan sekaligus tempat untuk mengintai pada zaman penjajahan. Benteng otanaha memiliki diameter kurang lebih 20 meter dan Tinggi sekitar 7 meter. Keunikan dari benteng ini yaitu terbuat dari campuran putih burung aleo dengan kapur.
Di dekat benteng otanaha ini juga terdepat 2 benteng lainnya yaitu benteng Otahiya dan Ulupahu. Karena letak benteng ini di puncak bukit maka dari benteng ini pula kita dapat menyaksikan panorama danau limboto dan kota gorontalo. Namun untuk mencapai benteng otanaha, para wisatawan harus mendaki sekitar 353 anak tangga , sementara untuk ke benteng Otahiya parawisatawan harus mendaki sekitar 245 anak tangga dan 59 anak tangga yang harus didaki untuk mencapai benteng Ulupalu.

Benteng Otanaha

2.    Danau Limboto
Danau limboto adalah salah satu danau besar yang terletak di kabupaten Limboto. Danau ini memiliki luas kurang lebih 3000 hektar dan kedalaman hingga 27 M namun seiring waktu danau ini mengalami pendangkalan hingga saat ini hanya memiliki kedalaman 8 M. Danau Limboto merupakan muara dari lima sungai lainnya yaitu sungai daenaa, Sungai Bone Bolango, sungai molalahu, Sungai Bionga, dan Sungai Alo.
Danau limboto ini memiliki permukaan berlumpur sehingga para wisatawan dapat melihat berbagai macam jenis tumbuhan air tawar seperti bunga teratai, gelagah, eceng gondok dan lainnya selain itu parawisatawan juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti berperahu dan memancing. Sangat menyenangkan jika kita mengunjungi danau ini saat musim bunga karena danau ini akan terlihat seperti taman raksasa yang menebarkan wewangian, selain itu danau ini juga terlihat indah di pagi dan sore hari hal ini karena panorama yang dihasilkan dari matahari yang terbit maupun tenggelam di danau ini.
Danau Limboto

3.    Monumen H.Nani Wartabone
Monumen H.Nani Wartabone ini terletak di depan rumah dinas Gubernur Provinsi Gorontalo,  dibangun sekitar tahun 1987 pada masa pemerintahan bapak Drs. A. Nadjamudin sebagai walikotamadya. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa seorang pahlawan nasional yaitu Nani Wartabone. Nani Wartabone adalah putra asli daerah Gorontalo yang lahir pada tanggal 30 januari 1907 dan merupakan memimpin gerakan patriotisme rakyat Gorontalo hingga perjuangan rakyat gorontalo mencapai klimaksnya dan mampu melepaskan diri dari cengkraman penjajah belanda hingga mampu mengumumkan proklamasi kemerdekaan dari bumi gorontalo pada tanggal 23 januari 1942. Ternyata jauh-jauh hari sebelum diummumkan proklamasi kemerdekaan indonesia pada tanggal 27 agustus 1945 oleh ir. Soekarno dan Muh.  Hatta, di gorontalo telah  di proklamasikan kemerdekaan indonesia.
Para wisatawan yang berkunjung ke Monumen H.Nani Wartabone selain dapat menyimak cerita perjuangan Nani Wartabone juga   akan dapat menikmati suasana di kawasan monumen Nani Wartabone karena letaknya di tengah alun-aluln kota gorontalo.

Monumen H.Nani Wartabone

4.    Pantai Indah Pohe
Pantai Indah Pohe atau yang sering disebut dengan pantai lahilote ini terletek di kecamatan Pohe. Di pantai ini para wisatawan dapat menemukan sebuah telapak kaki yang terbentuk dari batu, yang sering disebut dengan nama Botu Liyodu Lei Lahilote yang artinya batu berbentuk telepak kaki Lahilote, pantai ini memiliki keindahan yang menakjubkan lekukan garis pantai yang melengkung sehingga menyerupai sebuah teluk dengan pemandangan yang sangat menawan selain itu pantai ini memiliki latar belakang perbukitan hijau sehingga kontras dengan pasir putih dan jernihnya air, pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling, berenang atau hanya sekedar jalan-jalab menyusuri tepi pantai.

Pantai Indah Pohe

5.    Pantai Olele
Pantai olele atau sering disebut dengan potongan surga di Gorontalo, pantai ini sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pantai ini terletak di kecamatan Kabila Bone. Di pantai ini tersimpan keanekaragaman biota yang akan jarang ditemui di daerah lain, di pantai ini juga terdapat Goa Jin  yang merupakan tempat berkumpulnya bita laut, ikan-ikan hias, terumbu karang raksasa dan jenis ikan beberapa jenis ikan langka seperti ikan behang atau ada orang yang menyebutnya dengan cha-cha ikan karena ikan ini berenang dan menari di sekitar karang. Tempat menarik lainnya dipantai ini adalah terumbu karang Picasso. Disebut demikian karena gugusan karang ini menyerupai karya ukir seniman itali yang bernama picasso.

Pantai Olele

6.    Masjid Baiturrahim
Msjid Baiturrahim. Masjid ini didirakan pada tahu 1728 oleh raja Botutihe yang merupakan raja Gorontalo saat itu.  Dan merupakan salah satu masjid yang tertua di provinsi Gorontalo. Masjid ini dibangun bersamaan dengan perpindahan ibukota Gorontalo dari dungingi ke kota Gorontalo.

Masjid Baiturrahim

7.    Air terjun ayuhulalo
Tempat wisata ini terletak di kecamatan Tilamuta tepatnya di desa Ayuhalo 8 KM dari pusat Ibukota Tilamuta. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati keindahan Air terjun yang berada di Perbukitan hijau yang cantik.

Baca juga:
Destinasi Wisata Alam Kota Subulussalam yang Perlu Dikembangkan !


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top