Wisata Eksotis Wilayah Nol Kilometer Indonesia Kota Sabang

Tempat Wisata - Kota Sabang adalah wilayah yang terletak di sebelah utara kota Banda Provinsi Aceh. Kota ini berada di pulau terpisah yang bernama Pulau Weh. Banyak pulau-pulau kecil yang cantik seperti pulau Breeh, pulau Rubiah dan pulau lainnya, sehingga Sabang memiliki destinasi wisata kepulauan dan pantai yang bisa anda kunjungi dan terkenal hingga ke manca negara. Ada monumen atau Tugu Kilometer Nol yang dibuat di sebelah ujung barat sebagai pertanda titik awal perhitungan luas Indonesia mulai dari Sabang hingga Meuroke. Berikut ini beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi di Kota Sabang:

Pantai Teupin Layeu di Iboih
Pantai ini merupakan pantai wisata andalan Kota Sabang yang memberikan nuansa pantai yang indah dan eksotik. Pantai Teupin Layeu ini berada di Desa Iboih, dari kota Sabang dapat ditempuh dengan jarak 23 km menuju km 0 Indonesia. Orang banyak mengenal pantai ini dengan sebutan pantai Iboh. Selain menikmati keindahan pantainya yang mempesona, disana disediakan beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan untuk berenang maupun perlengkapan snorkling.  Pantai ini cukup ramai para wisatawannya yang berkunjung disana, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Fasilitas lainnya antara lain adalah adanya tempat bungalow/penginapan, cottage dan warung makanan. Keindahan lainnya yang terdapat di pantai ini adalah anda dapat melihat pulau Rubiah dan pulau Seulako yang juga termasuk kawasan objek wisata taman laut Sabang. 

Pantai Iboh
Taman Laut Sabang
Taman wisata laut ini merupakan pulau kecil yang terletak bersebelahan dengan pantai Iboh dan tepat di sebelah barat pusat Kota Sabang. Air laut Sabang ini tenang dan sangat jernih dan dihiasi oleh berbagai macam terumbu karang dan warna-warninya ikan, seperti angel fish, school of parrot fish, lion fish, gigantic clams dan masih banyak lagi. Lebih menakjubkan jika anda langsung turun menyelam melihat keindahan kehidupan dibawah laut.
Taman Laut Sabang
Pantai Gapang di Pulau Weh
Pantai yang tak kalah indahnya di Kota Sabang adalah Pantai Gapang. Pantai ini terletak di Pulau Weh, dapat ditempuh sekitar 20 km dari Sabang menuju km nol ke arah bagian paling barat Indonesia. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Disana anda juga dapat melakukan snorkling serta berenang sepuasnya sambil menikmati keindahan alam Pantai Gapang. 
Pantai Gapang
Panorama di Pantai Paradiso
Adalagi Pantai Paradiso yang merupakan pantai terpopuler dan sering dikunjungi para wisatawan. Pantai Paridiso terletak Jalan Ujung Asam Belakang Bengkel Kota Sabang.  Dapat ditempuh sekitar 10 menit perjalanan menggunakan seperda motor maupun dengan mobil. Disana anda dapat menikmati keindahan sunset setiap sore harinya. Masyarakat sering bersantai maupun sekedar melepaskan kepenatan mereka dari aktivitas sehari-hari di pantai ini. Ada tersedia tempat-tempat duduk yang dibuat dari beton dan ada juga penjual-penjual makanan disekitar pantai. Salah satu makanan yang jarang anda temui ditempat lain ada disini. Seperti mie kepiting khas Aceh, dan ada juga sate gurita serta banyak lagi jenis makanan yang terdapat disini.
Pantai Paradiso Sabang
Pantai Kasih Sabang
Tidak jauh dari Pantai Paradiso ada terdapat pantai yang memliki pasir putih yang indah dan sering dikunjungi masyarakat ketika sore hari, yaitu Pantai Kasih Sabang. Pantai ini terletak di Jalan Hasanudin, Pantai Kasih Sabang. Dari pusat Kota Sabang dapat ditempuh sekitar 5 kilometer. 

Pantai Kasih Sabang
Panorama Pulau Klah di Teluk Sabang
Tempat wisata dengan panorama yang indah ada di tengah teluk Sabang. Anda dapat menikmati keindahan panorama Pulau Klah yang terletak di Teluk Sabang. Pulau ini dikelilingi oleh pantai luatan luas yang cukup indah. Bisa ditempuh dengan menggunakan perahu dan boat kecil untuk menuju ke Pulau tersebut dengan menyewa dari Kota Sabang. Pulau Klah ini tidak ada penduduknya, tapi ada tempat peristirahatan bagi petugas Dinas Navigasi yang menjalankan tugasnya. Ada terdapat keramba ikan Kerapu disekitar pinggir pantai yang dikelola oleh penduduk setempat.
Pulau Klah Teluk Sabang
Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga terletak di Desa Ie Meulee. Pantai yang satu ini juga sangat indah dengan pasirnya yang putih dan panorama alamnya yang sangat mempesona. Untuk menuju ke pantai ini dari Pusat Kota Sabang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Sama seperti pantai-pantai di Sabang, pantai ini juga disediakan beberapa fasilitas seperti bungalow atau cottage untuk pengunjung yang dating, dan ada juga terdapat tempat makanan warung-warung di sekitar pantai.
Pantai Sumur Tia
Pantai Ujung Kareung
Sesuai dengan namanya Pantai Ujung Kareung yang berarti Pantai Ujung Karang, pantai ini terdapat banyak terumbu karang serta bintang laut dan ikan-ikan karang disekitar pantainya. Pantai ini terletak di Desa Ie Meulee, dari Pantai Sumur Tiga pantai ini dapat ditempuh sekitar 2 kilometer. Dan jika dari pusat Kota Sabang dapat ditempuh sekiyat 45 menit perjalanan. disana anda dapat menuangkan hobi memancing anda sambil menikmati indahnya alam pantai yang mengagumkan.     

Pantai Ujung Kareung
Air Tejun Pria Laot
Tak hanya kaya akan pantai-pantai di Sabang, namun di Kota ini juga terdapat objek wisata lain yang tidak kalah menariknya. Di Kota Sabang memang merupakan kota yang terletak di pulau kecil yang terletak diujung Indonesia, namun juga memiliki beberapa gunung dan bukit-bukit. Sehingga di Sabang juga terdapat Air Terjun yang berpotensi menjadi objek wisatanya. Salah satunya ialah Air Terjun Pria Laot. Nama air terjun ini diambil dari nama lokasi keberadaan air terjun, yaitu terletak di Desa Pria Laot Kel. Iboih Kota Sabang, Provinsi Aceh. Objek wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan, karena untuk menuju ke lokasi air terjun ini anda harus melewati trek-trek yang sangat menantang dan menguji adrenalin anda sebelum sampai ke lokasi. Air terjun Pria Laot ini teletak di tengah-tengah hutan dan airnya yang mengalir berhulu dari Gunung Sarung Keris dan alirannya airnya bertingkat-tingkat. Kemudian tepat dibawah air terjun ada kolam sebagai penampungan yang dijadikan tempat berenang.
Air Terjun Pria Laot
Benteng Jepang
Benteng Jepang merupakan objek wisata sejarah yang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk mengenang melihat peninggalan sejarah yang masih utuh saat penjajahan masa dahulu. Hampir di setiap pulau Sabang dikelilingi bangunan benteng-benteng pada masa penjajagan jepang. Benteng Peninggalan Jepang ni berlokasi di Jurong Keramat Gampong Ie Meulee Kota Sabang. 
Benteng Jepang
Tugu Nol Kilometer
Jangan lewatkan tempat wisata di Sabang yang satu ini, sayang jika anda melewatkannya. Karena tempat ini merupakan batas titik daratan paling barat Indonesia yang diabadikan dalam sebuah monument berupa Tugu Nol Kilometer. Tugu ini berlokasi di Taman Hutan Lindung Sabang. Dari pusat Kota Sabang menuju Tugu ini sejauh 40 kilometer ke arah barat. Selain itu, disisi daerah paling barat Indonesia, keindahan panoramanya juga terasa disini, karena anda dapat melihat hamparan birunya laut di kawasan tugu, terlebih utama lagi ketika saat menyaksikan sunset di sore hari.
Tugu Nol Kilometer
Nah, itulah beberapa objek wisata di Kota Sabang Provinsi Aceh yang dapat anda kunjungi. Masih banyak lagi tempat-tempat wisata lainnya yang tidak bisa kami jelaskan satu persatu, seperti: Anoe Hitam, Sabang Hill, Sumber Panas Bumi Jaboi dan lain sabagainya.

Baca juga:
Menguak Pesona Keindahan Wisata Provinsi NTT


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top