Turunkan Kolesterol Jahat Dengan Mengkonsumsi Makanan ini

Pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar kata “kolesterol”. Salah satu lemak yang ada pada tubuh kita atau sering disebut lipid. Setiap yang ada didalam tubuh pasti mempunyai fungsi tersendiri asal sesuai dengan kadar yang telah ditetapkan. Jika kadar kolesterol naik atau meningkat maka akan menjadi masalah bagi tubuh kita.  Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat kita dapat menghindari naiknya kolesterol pada tubuh. Tidak semua kolesterol berdampak negatif bagi tubuh kita. Kolesterol yang ternasuk kategori LDL saja yang buruk bagi tubuh sedangkan yang termasuk kategori HDL merupakan kolesterol yang dapat menetralkan kolesterol jahat bagi tubuh kita. Perlu kita ketahui batas normal kolesterol adalah 160 hingga 200 mg.
Simvastatin merupakan salah satu obat yang baik untuk menurunkan kolesterol hanya saja memiliki efek samping dapat menimbulkan mata katarak bagi yang tidak cocok dengan obat ini. Jadi,cara tepat yang harus kita lakukan untuk menurunkan kolesterol pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.
Makanan yang baik dikonsumsi untuk si penderita kolesterol tinggi

Adapun makanan yang dapat menurunkan kolesterol adalah sebagai berikut :
1.Ikan dan Omega 3
Ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan kaya omega 3 minimal dua kali seminggu. Penelitian di Norwegian University of Science and Technologi mengemukakan bahwa pengidap diabetes yang banyak mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 ternyata dapat menurunkan kolesterol secara derastis.
2.Kayu Manis
Pada jurnal Diabetes Care mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis pada tiap harinya mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Kayu manis yang telah berbentuk bubuk biasanya dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi ini.
3.Kacang-kacangan
Tahukah anda kacang juga mengandung lemak yang kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk penderita jantung. Selain itu kacang juga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh terutama kacang kenari dan almond.  Pada penn State Study mengemukakan bahwa mengkonsumsi kenari hijau dapat menurunkan kolesterol yang jahat pada tubuh. Buah dan Sayuran
4.Anggur Merah
Dr Jane freedman seorang ahli kesehatan di Boston University Medycal School menemukan sebuah fakta  bahwa anggur merah dapat meningkatkan HDL dalam darah yaitu dengan mengkonsumsinya 14 hari secara berturut-turut. HDL dalam darah dapat menetralkan kolesterol yang tinggi.
5.Jus Lemon
Pada penelitian di American Dietetic Association kandungan  yang terdapat didalam lemon yang disebut limonoids bermanfaat  untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat pada tubuh . Lemon yang sangat kaya akan vitamin C ini juga merupakan antioksidan yang sangat  kuat.
Pada Nigerian Journal of Physiological Sciences juga mengemukakan bahwa citamin C padav lemon dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.
6.Teh
Dengan rutin meminum teh juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang berlebih. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian mengenai epigallocatechin gallate (EGCG) yang mengatakan bahwa teh terbukti bisa mencegah terjadinya percepatan tumbuhnya kolesterol jahat yaitu LDL.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk anda yang menderita kolesterol tinggi. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan  tubuh anda jika bukan anda sendiri. Mulailah konsumsi makanan diatas mulai dari sekarang. Dan jangan bergabtung pada obat yang hanya akan menimbulkan efek samping bagi tubuh anda.

Baca juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top