Tips Mengatasi Anemia dengan Makanan Mengandung Zat Besi Tinggi

Anemia merupakan suatu penyakit yang sering terjadi disekitar kita. Penyakit kekurangan darah ini kerap terjadi pada kaum hawa. Sering kaum hawa mengalaminya karena faktor haid. Seringnya begadang,asupan gizi yang kurang juga menjadi pemicu kurangnya darah merah kita. Seseorang yang sedang mengalami anemia mudah mengalami penurunan secara fisik badan menjadi lelah,tidak ada gairah,merasa pusing yang berkepanjangan,sering mual,sesak nafas,menurunnya selera makan,detak jantung yang berdebar-debar dan masih banyak lagi ciri yang yang memperlihatkan seseorang sedang mengalami anemia.

Dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup sebenarnya kita dapat terhindar dari anemia. Namun bagi yang sudah terlanjur terkena anemia dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan mengandung zat besi tinggi.

Berikut tips mengatasi anemia akibat kekurangan darah :

1.Mengkonsumsi Buah-buahan
Buah sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel darah merah pada tubuh karena buah-buahan mengandung zat besi. Selain kaya akan kandungan gizi didalamnya buah juga dikenal mengandung asupan vitamin yang beragam. Adapun buah yang dapat membantu membentuk sel darah merah kembali adalah tomat,anggur,apel dan semangka.

2.Mengkonsumsi Sayuran Hijau
Sama halnya dengan buah-buahan sayuran hijau juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel darah merah pada tubuh karena sayuran juga mengandung zat besi. Sayuran yang dianjurkan untuk penderita anemia adalah sayur bayam dan sayur katu. Adapun alternatif lain seperti seledri dan kol.

3.Mengkonsumsi Hati Ayam
Seperti yang telah dikatakan tadi kaum hawa sangat rentan mengidap anemia. Oleh karena itu,orang pada zaman dulunya sangat rajin memberikan makanan hati ayam kepada anak perempuannya. Hati ayam ternyata juga banyak mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan sel darah merah pada tubuh. Selain hati ayam hati bebek juga bisa dijadikan alternatif lain.

4.Mengkonsumsi Kacang Almond
Kandungan zat besi yang ada pada kacang almond dapat membantu mempercepat pembentukan sel darah merah pada tubuh kita. Selain kacang almond kacang merah juga dapat dijadikan alternatif karena kacang merah juga mengandung zat besi 5,2 mg dalam satu cangkirnya.

5.Mengkonsumsi Tomat
Tomat sanga tinggi kandungan zat besinya diketahui sekitar 3,39 mg dalam secangkirnya. Tentunya hal ini sangat dapat membantu penderita anemia didalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh.

6.Mengkonsumsi Tiram
Tiram ternyata tidak hanya penghasil mutiara saja tetapi juga penghasil zat besi yang tinggi. Tiram diketahui mengandung 5,91 dalam 80 gr tiram. Hal ini tentu sangat membantu didalam proses pertumbuhan sel darah merah yang baik.

7.Mengkonsumsi Daun Bawang
Daun bawang juga penghasil zat besi tinggi. Selain itu bawang juga mengandung protein forroportin yang dapat membantu menyalurkan zat besi pada seluruh tubuh.

Itulah makanan yang dapat membantu mengatasi anemia. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sebaik-baiknya mengobati alangkah lebih baik lagi jika kita mencegah bukan? Rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi sehingga anemia dapat terhindar dari hidup anda.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Manfaat Lain Dari Es Batu yang Belum Anda Ketahui


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top