Ternyata Inilah Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menyebabkan Penuaan Dini

Seseorang memiliki kesehatan dan penampilan yang tidak sesuai dengan usianya seharusnya. Adapun ciri ciri pada penuan dini adalah rambut yang mulai rontok, gigi yang mulai berkurang, postur tubuh yang mulai bungkuk dan kulit yang mulai berkerut. Terdapat beberapa kebiasaan sehari - hari yang dapat mengakibatkan seseorang terlihat lebih tua atau mengalami penuaan dini.

Oleh karena itu inilah beberapa contoh kebiasaan sehari hari yang akan mengakibatkan penuaan dini :

1. Kebiasaan minum minuman berenergi dan minuman bersoda


Faktanya bahwa minuman berenergi itu mengandung asam yang sangat tinggi, bahkan delapan kali lebih tinggi bahayanya dibandingkan dengan minuman bersoda. Asam pada minuman tersebut dapat merusak enamel pada gigi kita (enamel adalah lapisan terluar pada gigi kita). Kandungan asam pada minuman tersebut dapat mengikis enamel, dan setelah mengikis maka akan terjadi pengelupasan dan setelah enemel terkelupas maka asam tersebut akan merusak dentin (dentin adalah lapisan yang membangun struktur gigi) dan akan terjadi pengeroposan gigi sehingga akan mengakibatkan ompong. Nah untuk menghindarinya maka solusinya adalah dengan cara meminum minuman tersebut menggunakan Sedotan sehingga dapat meminimalkan kontak langsung asam dari minuman tersebut dengan gigi kita. 

2. Kesalahan postur tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari
Misalnya saja dalam menggunakan handphone, seperti gambar dibawah ini. 


Postur tubuh kita yang tidak tegap dalam mengetik sms atau menggunakan handpone dapat merangsang perubahan struktur tulang dan bahkan mengakibatkan gangguan pada tulang. Hal ini dikarenakan leher kita itu menopang paling tidak kurang lebih sekitar 5 kilo dari berat kepala kita sehingga jika kita dalam kondisi menunduk seperti keadaan mengetik sms maka tulang leher kita seperti terpaksa menahan kepala kita untuk menunduk. Karena itulah hal ini dapat menyebabkan kebungkukan tulang dan bukan hal yang tidak mungkin akan timbul penyakit -penyakit tulang lain disekitar leher dan bahu kita. 

3. Menyisir rambut disaat basah. 


Banyak kebiasaan kita untuk menyisir rambut disaat keadaannya masih basah atau setelah keramas. Padahal jika kita menyisir rambut setelah keramas pada saat basah akan menyebabkan kerapuhan struktur rambut dan kulit kepala dan itulah yang menyebabkan kerontokan rambut. Tetapi jika anda memang akan terburu buru kesuatu tempat dan memang harus menyisir maka sebaiknya gunakan jari terlebih dahulu secara perlahan baru setelah itu gunakan sisir yang giginya jarang. 

4. Kebiasaan mencuci muka


Banyak orang yang kadang selalu bermasalah dengan kulit mukanya, misalnya kulitnya yang semakin kering atau malah semakin berjerawat. Nah, kebiasaan kita dalam mencuci muka juga dapat mempengaruhi struktur kulit pada wajah. Oleh karena itu disarankan apabila muka anda jenis kulitnya berminyak maka dianjurkan untuk mencuci wajah dengan sabun muka sebanyak dua sampai tiga (2x-3x) kali sehari dan gunakanlah air hangat terlebih dahulu agar membuka pori-pori wajah sehingga minyak akan lebih banyak keluar barulah dilanjutkan dengan air dingin. Sedangkan bagi jenis kulit wajah yang non oily atau yang kering disarankan agar mencuci muka cukup dua kali sehari jika menggunkan sabun muka dan jangan menggunakan air hangat cukup dengan air biasa saja. Jika terlalu sering mencuci muka maka dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering. Masalah pada kulit muka yang kusam juga bukan hanya disebabkan karena mencuci muka saja akan tetapi juga dikarenakan adanya radikal bebas dari sinar matahari. Karenanya selalu gunakan topi atau payung untuk menutupi muka terkena langsung sinar matahari atau gunakanlah sunblock wajah yang mengandung SPF 15 sampai SPF 30 (disarankan lebih baik yang diatas SPF20 ya)

Nah itulah dia kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan penuaan dini ya. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi anda dan dapat merubah kebiasaan ini agar terhindar dari penuaan dini. 



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top