Terlihat Biasa, Namun Makanan ini Menyehatkan Jantung

Anda pasti sudah tau jantung merupakan organ penting ditubuh manusia. Namun, tahukah anda penyakit jantung yang sangat berbahaya? Yaps, penyakit jantung koroner. Biasanya penyakit ini terjadi karena penyempitan/penyumbatan pada aliran darah jantung, sehingga menghambat pembuluh darah dalam mensuplai makanan serta mengaliri darah ke dinding jantung. Hal tersebut membuat jantung kekurangan makanan dan oksigen. Hingga kini, penyakit jantung koroner menjadi penyakit mematikan nomor satu di Negara industri. Ini bisa saja dikarenakan pola makan yang tidak sehat, adanya peningkatan stress, dan yang lebih utama lagi karena meningkatnya kadar kolesterol dan tekanan darah. Kali ini kami akan mengulas beberapa makanan yang baik dan sehat untuk menjaga jantung anda. Jika bukan kita sendiri yang merawat siapa lagi? Yuk, mari kita lihat apa-apa saja makanan yang baik bagi jantung kita serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Kacang merah
Sebenarnya semua jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang bersumber serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Kandungan dalam kacang merah terdapat Antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung kita dari kerusakan radikal bebas. Kacang yang paling utama dan tinggi akan senyawa antioksidiannya adalah kacang merah dan kacang hitam. Oleh karena itu makanan jenis kacang ini pasti sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. 

Bayam
Bayam merupakan sayuran berdaun yang termasuk kedalam jenis sayuran yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat dalam sayur bayam ialah kaya akan sumber vitamin C dan beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat dan dapat mencegah kolesterol jahat dari oksidasi serta membentuk plak pada dinding arteri. Selain itu bayam juga mengandung folat yang berfungsi membantu memecah zat homosistein yang berbahaya dalam darah yang dapat memicu penyakit jantung.

Sayuran berdaun
Selain bayam, sayuran lainnya yang dapat mencegah dan mengurangi penyakit jantung dan kanker adalah sayur Lobak, Selada, Pok choy dan Fenugreeklobak. Sayuran-sayuran tersebut mengandung kalori dan serat yang tinggi serta rendah akan lemak. Selain itu sayuran-sayuran tersebut juga mengandung kasium, kalium, magnesium, asam folat dan mineral yang berfungsi mengoptimalkan jantung. Bahkan menurut penelitian, mengkonsumsi satu porsi sayuran berdaun bisa mengurangi dan menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Bawang putih
Bawang putih selain digunakan untuk bumbu masak ibu rumah tangga, bawang putih ini juga bisa dijadikan sebagai obat. Kandungan yang ada dalam Bawang putih terdapat antioksidan yang berfungsi mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh. Oleh karena itu bawang putih sangat dikenal sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah. 

Oatmeal
Makanan sehat dipagi hari yang satu ini selain dapat membuat anda kenyang dan menambah energik, Oat juga merupakan makanan yang sehat bagi jantung. Karena didalam Oat mengandung serat beta glucan yang mudah larut dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol terutama menurunkan ion LDL di dalam tubuh.

Minyak zaitun
Minyak Zaitun merupakan salah satu minyak yang bagus untuk kesehatan jantung. Jika dikonsumsi dengan rutin, minyak zaitun ini juga dapat menurunkan ion LDL didalam tubuh. Jenis minyak zaitun yang paling banyak mengandung polifenol dibandigkan dengan jenis minyak zaitun lainnya adalah jenis Extra Virgin.


Almond
Almond adalah salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan vitamin dan zat antioksidan yang dapat mengurangi kadar kolesterol yang jahat didalam tubuh dan mampu mencegah penyakit jantung. Selain itu manfaat lain dari almon adalah sangat cocok bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan yang dapat mengontrol nafsu makan.

Gandum Murni
Gandum merupakan makanan alami yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Karena pada gandum banyak mengandung antioksidan, zat besi, serat alami, vitamin E dan magnesium.

Protein Kedelai
Protein pada Kedelai dapat dijadikan sebagai makanan pengganti daging merah yang sehat untuk jantung. Karena daging merah yang tinggi lemak tersebut dapat meningkatkan kolesterol jahat serta lemak jenuh pada jantung.

Tahu
Tahu juga merupakan makanan sehat yang banyak mengandung vitamin dan kalsium yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi tahu sangat dianjurkan bagi anda yang menginginkan jantung yang sehat. Tahu bisa disajikan dengan berbagai macam bentuk masakan, bisa dibuat tumis tahu, semur tahu, maupun puding tahu.

Tomat
Buah Tomat baik untuk anda konsumsi sebagai sumber vitamin yang bermanfaat untuk membersihkan darah. Konsumsilah buah tomat setiap hari disaat anda masih segar. Salah satu vitamin yang terkandung dalam tomat adalah K yang berfunsi untuk mencegah terjadinya pendarahan.

Pisang
Selain tomat, buah pisang juga bermanfaat bagi jantung. Pisang banyak mengandung kalium yang berfungsi meredakan degup jantung. Selain itu Kalium juga bekerja sebagai elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghubungkan komunikasi antara jantung dengan otak kita.

Jeruk
Buah yang satu ini selain kaya akan serat dan vitamin C nya, jeruk ini juga mengandung flavanon yang merupakan senyawa hesperidin phytonutrisi. Senyawa ini dapat berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik dan ia juga menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Kulit Pisang Ternyata Banyak Manfaatnya Lho !


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top