Sebel PMS Melanda Disaat Haid? Ini Dia Cara Mengatasinya

PMS merupakan sebuah masa yang terjadi pada wanita disaat wanita mengalami siklus masa haid. Saat masa PMS (Premenstrual syndrome), maka emosi pada wanita menjadi sangat labil akibat adanya perubahan hormonal dalam tubuh. Mulai dari marah yang secara tiba-tiba sensitif, mudah stres, dan juga frustasi. Selain itu terdapat beberapa perubahan pada bagian tubuh wanita juga seperti perubahan payudara yang semakin lebih besar dan mengencang bahkan menyakitkan jika tersentuh atau tersenggol atau lingkar pinggang yang semakin melebar bagi sebagian wanita.

Menurut survei dari Healthspan sebuah suplier vitamin, mineral dan juga suplemen kesehatan dari Inggris bahwa PMS merupakan salah satu pemicu bad mood dan juga stress pada wanita pada saat akan haid. 24% wanita mengakui bahwa moodnya menjadi sangat tidak stabil ketika masa PMS tersebut.  

Gejala PMS ini sendiri memang sulit dihindari dan tidak akan dapat dihilangkan, akan tetapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat kita atasi ya. Seperti yang dikutip dari Wolipop, bahwa 'obat' yang paling baik untuk mengusir stres adalah dengan meluangkan waktu anda untuk bersantai sendirian. Bisa diakali dengan mandi atau berendam diair hangat atau ambilah sebotol air mineral yang berisi air hangat lalu kompreskan pada perut dan juga pada area tengkuk kita. Cara tersebut dapat membantu meregangkan otot pada perut dan tengkuk kita.

Selain meluangkan waktu sendirian makanan yang dikonsumsi juga dapat membantu untuk mengatasi emosi kita yang labil dan memperbaiki kondisi tubuh kita yang kurang fit karena PMS. Akan lebih baik jika anda menghindari makanan yang mengandung sodiaum tinggi seperti garam dan makanan yang mengandung gula tinggi. Misalnya Es krim dan coklat, memang makanan tersebut dapat membuat efek bahagia tapi hanya sementara saja dikala efeknya habis maka akan mengakibatkan efek stres yang justru makin parah. 

Akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 karena dapat meningkatkan hormon serotonin (bahagia) secara alami. Perbanyak makan sayur dan buah, serta asupan kalium, lemak sehat seperti omega3 serta zinc. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka akan menstabilkan produksi prostaglandin yang dapat mengurangi bengkak pada tubuh, perut kembung serta melancarkan haid.  Berikut ini adalah makanan yang harus dikonsumsi pada saat haid untuk mengatasi PMS:

1. Kedelai
Kedelai memiliki kalsium yang tinggi dan sangat baik bagi tubuh kita karena dapat memberi asupan tenaga pada saat sedang haid. Kedelai bisa dijadikan susu dan sangat baik juga bagi anda yang sedang diet karena tidak menyebabkan gemuk. Kalsium yang ada pada susu kedelai lebih baik jika dibandingkan dengan susu full cream. 

2. Gandum & Sayur
Gandum dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi yang akan membuat perut kita kenyang lebih lama dan tidak membuat kembung dan begah. Sakit pada perut selama haid akan lebih berkurang jika perut kita selalu kenyang. Oleh karena itu pada saat haid maka usahakan untuk makanlah selalu.

3. Air Putih
Pada saat haid, tubuh kita kehilangan banyak sekali cairan. Oleh karena itu cukupilah asupan air pada tubuh kita agar mencegah dehidrasi dan perut tidak kram. Jika biasanya anda Minum air putih minimal 8 gelas per hari maka selama haid usahakan minum lebih dari 8 gelas perhari.

4. Kacang atau biji bijian
Selama masa haid maka wanita akan mengalami kehilangan banyak darah. Oleh karena itu cobalah mengkonsumsi kacang kacangan yang kaya akan zat besi. Selain kacang, bayam dan buah kurma juga kaya akan zat besi dan sangat baik bagi tubuh. Selainitu mengkonsumsi kacang dan biji-bijian seperti kacang hijau akan membantu mengurangi bengkak pada tubuh selama masa PMS.

5. Buah
Buah-buahan seperti Jeruk, nanas dan juga pisang merupakan buah yang kaya akan potasium yang dapat menghindari penumpukan cairan dalam tubuh.

6. Makanan berprotein
Makanan yang mengandung protein akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama haid. contohnya adalah putih telur, dada ayam tanpa lemak dan juga susu rendah lemak.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Mau Cepat Move On Pasca Patah Hati.?? Jangan Pernah Melakukan Hal Ini !!


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top