Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat yang Eksotis

Tempat Wisata - Objek pariwisata di Sumatera Barat memang merupakan tempat surganya objek wisata yang tidak ada matinya. Terutama objek pariwisata alam di Payakumbuh Sumatera Barat  yang sangat eksotis dan beragam keindahannya. Langsung saja beberapa objek wisata yang terdapat di Payakumbuh Sumatera Barat:

Wisata Rumah Gadang Sungai Beringin

Rumah Gadang Sungai Beringin ini merupakan rumah adat minang yang ada di Payakumbuh dan menjadi wisata favorit para wisatawan. Banyak para wisatawan yang yang datang berkunjung hanya sekedar untuk mengabadikan moment dengan berfoto atau para wisatawan bisa mengenal sejarah budaya minangkabau sambil menikmati keindahan serta kemegahan dari Rumah Gadang ini. Letak objek wisata Rumah Gadang ini berada di Nagarai Sungai Beringin, Kota Payakumbuh. 
Rumah Gadang Sungai Beringin
Lokasi Wisata Rumah Gadang Sungai Beringin terletak di nagari Sungai Beringin, Kota Payakumbuh. Disekitar lokasi wisata ini terdapat juga tempat belanja oleh-oleh kue khas Sumatera Barat sehingga anda bisa dengan mudah mencari oleh-oleh apa yang bisa anda bawa selepas liburan.


Lembah Harau

Objek wisata di Payakumbuh yang satu ini wajib anda kunjungi ketika berada di Payakumbuh, Sumatera Barat, yakni Lembah Harau. Lokasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan dari pusat Kota Paykumbuh. Lembah harau ini merupakan lembah dengan tebing yang reliefnya terbentuk secara alami dan sangat terjal dan curam, sehingga sangat cocok menjadi sarana olahraga panjat tebing yang memiliki tertantangan tersendiri bagi para pecinta panjat tebing.  Rasa lelah anda akan terbayarkan saat mencapai diatas puncak tebing karena dapat melihat hamparan pemandangan alam yang begitu eksotis. 
Lembah Harau dan Air Terjunnya
Selain itu di kawasan Lembah Harau ini, ada juga terdapat wisata air terjun yang masih alami dan berada disarasah bunta. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun ini dipercaya dapat mengobati penyakit kulit terutama mengobati jerawat. Bahkan orang yang mandi dan berdoa di sini akan segera mendapatkan jodoh. Benar apa tidaknya mari buktikan sendiri di objek pariwisata Lembah Harau. Lalu ada juga wisata air terjun yang telah dibuat kolam sebagai tempat berenang yang berada di air terjun akan berayun. Disana anda dapat menikmati sejuknya air terjun yang turun sambil berenang. Tak hanya itu, di Lembah Harau juga ada penangkaran kupu-kupu yang menjadi hewan kecil andalan dengan disediakannya kebun binatang kecil di dalamnya.

Wisata Alam gua Ngalau Indah

Objek wisata lainnya yang memberikan suasana alami dan udara yang segar adalah wisata alam gua Ngalau Indah. Ngalau indah merupakan sebuah gua yang terletak di kawasana hutan lindung sehingga udaranya masih bersih, segar dan agak sedikit basah, membuat anda dapat menghirup udara segar terlepas dari polusi udara perkotaan. Wisata Alam gua Indah ini terletak di lereng perbukitan desa Payakumbuh. Penuh dengan jalan berkelok-kelok dan mendaki untuk sampai ke kawasan wisata alam gua Ngalau Indah. Dari pusat kota Padang dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan menuju tempat wisata ini. 
Ngalau Indah
Pemandangan wisata alam di Ngalau Indah memang sangat mempesona karena didalam gua anda bisa menyaksikan berbagai ornamen yang terukir sangat indah berupa batu stalagmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami yaitu batu kapur yang mengendap selama ratusan tahun. Ada juga terdapat ribuan kelelawar di dalam gua yang hanya suara-suaranya saja yang terdengar karena mereka hampir tidak terlihat. Walaupun Ngalau Indah ini hanya sebuah gua, tetapi tidak ada salahnyakan anda mencoba berkunjung ke Wisata Alam gua Ngalau Indah dan rasakan sensasi alam gua yang sangat menakjubkan.

Gunung Sago dan Bakajang

Gunung Sago ini terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota Payakumbuh, dari Kota Padang dapat ditempuh sekitar 5 jam perjalanan. Gunung ini merupakan gugusan gunung yang memiliki ketinggian 2261 m dari permukaan laut di pegunungan bukit barisan. Gunung Sago ini termasuk  memiliki ketinggian 2261 meter dari permukaan laut. Gunung ini termasuk gunung api yang masih aktif yang terakhir meletus sekitar tahun 1600-an. Gunung Sago yang juga dikenal nama Gunung Melintang ini  mempunyai panorama alam yang sangat menakjubkan. 

Selain itu di atas puncak Gunung Sago ada terdapat danau yang bernama Danau Tingga. Hal yang menarik dari danau tersebut adalah airnya berwarna hijau dan bau khas belerang. Danau tersebut sangat indah dan sangat luas yaitu sekitar 1,5 km2. Setiap tahun di kawasan Gunung Sago ini diadakan acara Bakajang yaitu biasanya acara yang digelar adalah pidato dan prosesi adat serta berbagai lomba yang berkaitan dengan air. Bakajang sendiri dibentuk seperti kapal/sampan yang dibuat dari triplek yang diberi lubang. Di dalamnya ada terdapat ruang bagi penghulu, dan musik-musik talempong serta hiasan-hiasan. Acara Bakajang ini biasanya digelar selama lima hari berturut-turut secara bergilir dari satu jorong ke jorong yang lain.

Kawasan Pemandian Alami Di Batang Tabik Payakumbuh


Objek wisata selanjutnya di Payakumbuh adalah tempat pemandian Batang Tabik. Anda akan dimanjakan dengan kesegaran airnya yang alami terlepas dari campur tangan manusia dalam pembuatannya.  Lokasi objek wisata pemandian ini berada di Kenegarian Sungai Kamuyang dan menjadi satu-satunya tempat pemandian di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Dari pusat kota Payakumbuh Batang Tabik ini berjarak lebih kurang 5 km serta terletak dipinggir jalan raya ke arah Nagari Lintau, Kab. Tanah Datar.
Selain sebagai tempat wisata dan pemandian, Batang air ini dimanfaatkan sebagai salah satu sumber air oleh PDAM untuk dikonsumsi sebagai air minum masyarakat Kota Payakumbuh.
Arena Pemandian Batang Tabik
Air Batang Tabik ini sangat jernih dan sejuk, keindahan kawasan ini pun begitu asri karena dikelilingi oleh sawah-sawah. Di kawasan pemandian ini ada terdapat 3 jenis kolam yang terhubung dengan parit-parit yang dibuat, yaitu kolam untuk ibu, untuk anak-anak dan untuk dewasa. Untuk kolam anak-anak tidak dalam dan dibuat dangkal, sedangkan kolam untuk dewasa lumayan dalam dan sudah dari dasar keramik sera terdapat perosotan air. Namun yang lebih menarik dari ketiga kola mini adalah kolam ibu, bukan karena banyak ibu-ibu muda yang mandi disana, namun air kolam ini berasal dari mata air yang kesannya masih alami dan tidak disemen dan airnya luar biasa jernih. Tunggu apalagi, liburan menyenangkan di Payakumbuh sambil refresing mandi di tempat pemandian alami bersama keluarga anda.

Jembatan Kelok 9 Payakumbuh

Terakhir tempat wisata sekaligus jalan lintas para pemudik yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Bukit Tinggi adalah Jembatan Kelok 9. Terletak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Kini Jembatan atau yang disebut Jalan Layang Kelok Sembilan ini menjadi destinasi wisata Sumatera Barat yang terkenal. Keberadaannya dapat membantu mengurangi kemacetan jalan lintas menuju Sumatera Barat ke Provinsi Riau atau sebaliknya. Jembatan Layang Kelok 9 ini dibangun sangat megah dan indah serta menjadi ikon konstruksi monumental dengan ketinggian 250 m. Dan merupakan hasil karya anak bangsa dengan panjang jalan mencapai 2 km dan panjang jembatannya sekitar 1 km. 
Jembatan Layang Kelok 9
Selain itu yang menarik dari Jembatan Layang Kelok 9 ini dalam dalam konstruksinya dirancang agar bisa menahan beban gempa dan vertikal, jalannya menyatu dan terbentang di lembah perbukitan Bukit Barisan yang merupakan kawasan cagar alam. Jembatan Layang Kelok 9 ini juga merupakan kontruksi terbaik se-Asean Tenggara. Untuk kedepannya jembatan layang ini akan dibangun kereta gantung dan lift kaca, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan alam di Sumatera Barat. Lalu, pada dinding tebing jalan kelok 9 yang lama akan dibuat relief sejarah.

Nah, itulah beberapa objek wisata yang terdapat di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Anda bisa melihat wisata lain di Sumatera Barat seperti wisata Kabupaten Solok, wisata Kabupaten Agam, wisata Bukit Tinggi, wisata Pesisir Selatan, wisata Kota Padang.
 
Baca juga :
Objek Wisata di Kabupaten Aceh Utara
Jual Kotak Hantaran
Jual Kotak Seserahan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top