Objek wisata yang Kaya Pulau di Aceh Singkil

Tempat Wisata - Kali ini kami akan mengulas tempat-tempat tujuan pariwisata di Aceh Singkil, yaitu salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Nanggore Aceh Darussalam. Objek wisata Aceh Singkil ini sebenarnya memiliki potensi yang cukup besar karena terdapat kekayaan alam dan keindahannya yang bisa dijadikan tempat objek pariwisata. Selain itu juga terdapat juga wisata sejarah dan kehidupan sosial budayanya yang semua itu dapat dijadikan sebagai objek wisata yang begitu menakjubkan. Berikut beberapa tempat wisata di Aceh Singkil yang bisa anda kunjungi:

Pulau Banyak
Objek wisata ini merupakan Kepulauan Banyak / Banjak yang terletak disalah satu kecamatan di Kab. Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Banyak terdapat pulau yang indah dan sangat mengagumnkan di Kepulauan Banyak yang meliputi pulau-pulau kecil dan besar seperti Pulau Bangkaru, Pulau Tuangku, Pulau Palambak Besar dan Pulau Ujung Batu. 

Pulau Bengkaru
Pulau Bengkaru merupakan pulau yang berada di Aceh Singkil. Tepatnya di Kepulauan Bangkaru Kec. Pulau Banyak. Di Pulau Bengkuru ini biasanya wisatawan bisa bermain selancar, snorkeling maupun berenang. Selain itu hal yang membuat menarik pulau ini adalah adanya penangkaran penyu hijau. Untuk menuju ke pulau Bengkaru prasarana perhubungannya lumayan baik, bisa dengan menggunakan speed boat maupun jasa penyebrangan kapal feri. 
Pulau Bengkaru
Pantai Cemara Indah
Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata dengan hamparan pantai biru dan indah yang terletak di Desa Gosong Telaga Kec. Singkil Utara. Oleh karena itu, pantai ini bernama Pantai Cemara Indah Gostel. Pantai ini dapat ditempuh dari ibu kota dengan jarak sekitar 26 km. Beberapa fasilitas tempat pariwisata yang ada di pantai ini antara lain adalah terdapat pondok santai serta arena bermain anak-anak, pentas, musholla dan gallery café.
Pantai Cemara Indah
Danau Tana Bara
Selanjutnya objek wisata Danau Tana Bara, terletak di Desa Tana Bara Kec. Gunung Meriah. Dari ibukota dapat ditempuh sekitar 70 kilometer. Di Danau Tana Bara ini ada terdapat kolam pancing sekaligus budidaya ikan kerambah air tawar.
Danau Tara Bara
Danau Cingkam
Adalagi terdapat objek wisata Danau Cingkam yaitu danau yang hampir sama dengan danau tana bara. Perbedaannya kalau Danau Cingkam terletak di Desa Cingkam/solok Kec. Gunung meriah. Dari ibukota kabupaten berjarak 80 kilometer. Beberapa fasilitas objek pariwisata yang terdapat di danau ini adalah kolam pancing, budidaya ikan air tawar dan udang. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke danau ini biasanya memancing.

Air Terjun Lae Gecih
Objek wisata yang satu ini merupakan wisata Air terjun Lae Gecih  yang berlokasi di Desa Kuta Tinggi atau Lae Gecih Kec. Simpang Kanan. Dari ibukota kabupaten dapat ditempuh dengan jarak sekitar 90 kilometer. Aktifitas yang dilakukan penduduk setempat mayoritas adalah bertani dan budidaya ikan air tawar.

Itulah beberapa objek wisata yang terkenal di Aceh Singkil yang masih dalam tahap pembenahan secara bertahap agar dapat terwujud harapan masyarakat untuk memperoleh dolar bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah.

Baca Juga :
Wisata Indah di Gorontalo


Comments
2 Comments

2 komentar:

Back to top