Objek Wisata Terfavorit di Provinsi Lampung

Tempat WisataBanyak terdapat objek pariwisata yang terdapat di Provinsi Lampung. Lampung merupakan provinsi yang terletak di Pulau Sumatera bagian paling Selatan. Bagi anda yang berlibur dan ingin menjadikan Lampung sebagai tempat tujuan wisata anda, kami akan mengulas beberapa tempat yang asyik dan menarik yang terdapat di Provinsi ini. Beraneka ragam objek wisata yang ditawarkan di Provinsi ini seperti wisata pantai, air terjun, wahana air dan lain sebagainya sehingga tak hanya wisatawan dari lokal saja namun juga dari mancanegara. Mari kita lihat tempat-tempat yang menarik dan terfavorit di Lampung sebagai tujuan wisata anda. Berikut tempatnya:

1. Pantai Pasir Putih


Objek wisata alam pantai ini merupakan tempat wisata terfavorit yang paling sering dikunjungi para wisatawan karena letaknya dekat dengan ibukota Lampung yaitu Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih namanya. Pantai ini berada di Lampung bagian Selatan, sangat mudah ditemukan karena lokasi pantai ini dilalui jalan lintas trans Sumatera. Dapat ditempuh sekitar 20 kilometer atau lebih kurang 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung. Pantai ini dinamakan dengan Pantai Pasir Putih karena pantai ini memiliki pasir yang bersih dan berwarna putih. Banyak pepohonan yang menambahkan keindahan pantai ini dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi dan hamparan air lautnya yang berwarna biru. Tidak heran bahwa objek wisata pantai yang satu ini ramai dikunjungi terutama di akhir pekan dan masa liburan.
Pantai Pasir Putih

2. Pantai Tanjung Setia


Selain Pantai Pasir Putih, di Lampung ada juga terdapat pantai yang cocok bagi para pecinta selancar. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai ini juga merupakan pilihan tempat selancar yang bagus selain di Pantai Pelabuhan Batu Jawa Barat, karena menurut salah satu peselancar yang sudah mencoba tantangan berselancar di Pantai ini, Pantai Tanjung Setia ini adalah salah satu pantai yang memiliki ombak terbaik di dunia. Lokasi pantai ini berada di sisi Barat Lampung. Dari Bandar Lampung ada sekitar 270 kilometer atau sekitar waktu 6 jam dari pusat Kota Bandar Lampung. Lumayan jauh, namun anda tidak akan kecewa ketika tiba di pantai yang masih alami, dan terawat ini. Bagaikan surga wisata yang bersembunyi di Lampung. 
Pantai Tanjung Setia

3. Teluk Kiluan


Wisata Lampung selanjutnya yang tak kalah menarik dan banyak menawarkan pengalaman yang unik adalah Teluk Kiluan.  Teluk ini berada di Pulau Kelapa atau lebih dikenal dengan Pulau Kiluan. Pulau Kiluan yang memiliki luas sekitar 6 hektar ini anda juga bisa menikmati keindahan pulau kecil yang berada ditengah teluk. Pengalaman yang anda temukan di teluk ini seperti halnya Pantai Lovina di Bali. Anda dapat melihat langsung lumba-lumba di habitatnya. Berbeda dengan melihat lumba-lumba yang sudah dijinakkan, melihat lumba-lumba di lautan lebih memberikan sensasi dan ketajukjuban tersendiri. Untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan ini anda sebaiknya berkunjung pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April hingga bulan September. Bila perlu bertanyalah kepada pengelola homestay bagaimana cuaca serta kemunculan lumba-lumba, karena lumba-lumba akan muncul sangat dipengaruhi oleh cuaca. 
Lumba-lumba yang ada di Teluk Kiluan

4. Pulau Kubur


Objek wisata yang satu ini memang terdengar seram namanya, namun sebenarnya Pulau Kubur ini merupakan objek wisata yang cocok bagi para pecinta aktivitas memancing. Nama Pulau ini menurut cerita warga setempat karena dahulunya pulau ini di gunakan sebagai tempat penauran abu jenazah. Lokasi pulau ini terletak di Teluk Lampung dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan memakai perahu. Habitat ikan di Pulau Kubur ini sangat banyak dan beraneka ragam karena terdapat banyak karang-karang besar. Pengunjung yang datang untuk memancing ikan ke Pulau Kubur ini lumayan banyak terutama pada saat hari libur, namun pada hari-hari biasa Pulau Kubur ini relatif sepi. 
Pulau Kubur dengan Karangnya yang besar

5. Gunung Krakatau


Pemandangan Gunung Krakatau di Selat Sunda yang menjadikan kawasan ini menjadi tempat wisata bahari yang eksotis. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1883 hingga kini Gunung Krakatau menjadi objek wisata bahari yang terkenal di Lampung. Jika anda memasuki kawasan Gunung Krakatau ini harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Balai Konservasi Lampung, karena gunung ini telah menjadi tempat konservasi alam yang akan menjadi tempat wisata bahari terkenal. 
Gunung Krakatau
6. Air Terjun Putri Malu

Wisata Lampung lainnya adalah wisata air terjun Putri Malu yang terletak di daerah Way Kanan. Wisata Air Terjun Putri Malu ini memang jarang dikenal nmanya. Nama ini berasal dari air terjunnya yang mengalir kebawah  dengan ketinggian kurang lebih 80 meter ini bengkok dan terkesan seperti malu-malu. Lingkungan dikawasan air terjun ini sangat asri dan sejuk. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan air terjun dengan mengabadikan suasana air terjun untuk berfoto-foto dan juga penunjung bisa berenang di kolam air terjun yang mengalir kebawah. Selain itu, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di kawasan wisata air terjun ini adalah kegiatan berkemah, trekking dan bisa juga panjat tebing.
Air Terjun Putri Malu

7. Taman Nasional Way Kambas


Selanjutnya Objek wisata yang juga tak kalah menariknya di Lampung adalah Taman Nasional Way Kambas. Taman nasional ini adalah taman tertua di Indonesia yang berfokus pada perlindungan dan pelatihan gajah. Oleh karena itu binatang yang banyak terdapat disini adalah gajah. Selain itu hewan lainnya yang hampir punah dan juga masih dilindungi yang terdapat di Taman Nasional Way Kambas ini adalah Badak Sumatera dan harimau Sumatera. Dari kota Bandar Lampung dapat anda tempuh lebih kurang 2 jam perjalanan menuju Taman Nasional Way Kambas. Jika anda ingin masuk kedalam Taman Nasional ini harus izin dahulu di gerbang masuk Taman. Anda dapat melihat menyaksikan berbagai pertunjukkan gajah seperti menaiki gajah, sepak bola gajah dan sebagainya. 
Taman Nasional Way Kambas

8. Taman Purbakala Pugung Raharjo


Taman Purbakala Punggung Raharjo ini merupakan objek wisata yang menyimpan berbagai benda-benda peninggalan purbakala dan kebudayaan pada masa lalu seperti altar batu, meja batu, kuburan batu, batu mayat dan lain sebagainya. Taman ini berlokasi di Desa Pugung Raharjo, Provinsi Lampung. Dari pusat kota Bandar Lampung dapat ditempuh menuju taman ini sekitar 52 kilometer. Memang sedikit pengunjung dan minat anak muda zaman sekarang di wisata sejarah yang satu ini, namun tidak ada salahnya anda berkunjung ke objek wisata ini agar menambah pengetahuan anda dan juga sambil refresing.
Taman Purbakala Punggung Raharjo

9. Menara Siger


Objek wisata sekaligus ikon Lampung ini merupakan bangunan indah berwarna kuning yang bisa dijadikan sebagai tempat objek wisata anda. Menara Siger ini terletak diatas bukit yang berdiri megah berciri khas arsitektur Lampung. Dimakan Siger artinya adalah nama topi adat pengantin wanita Lampung. Oleh karena itu bentuk Menara Siger ini berbentuk mahkota yang terdiri dari rangkaian berjumlah Sembilan dengan maksud lambing dari Sembilan macam bahasa yang terdapat di Lampung. Warnanya ada merah dan kuning yang mewakili warna dari emas dari topi adat pengantin wanita. Corak khas Lampung dari bangunan ini berupa ukiran kain tapis yang khas. Menara ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Lampung yang berskala nasional dan juga menjadi titik nol di Sumatera Selatan yang juga merupakan salah satu tempat transit serta destinasi wisata Lampung. 
Menara Siger

10. Taman Wisata Lembah Hijau


Objek wisata yang juga menarik di Lampung ini merupakan Taman Wisata Lembah Hijau yang mulai dibuka pada 2006 yang lalu. Luasnya lebih kurang sekitar 30 ha. Di Taman ini menggunakan konsep cagar alam, adat dan budaya. karena sekitar 80 persennya kawasan ini masih alami, dan bangunan-bangunan sisanya. Tempat wisata ini  sangat komplit bagi anda yang berlibur bersama keluarga karena memiliki tempat taman rekreasi, zoo mini dan water boomnya. Harga tiket masuk kedalam Taman Wisata Lembah Hijau ini hanya sekitar 10.000 rupiah saja. Sedangkan untuj bermain di area waterboom harus membayar tambahan seharga 35.000 rupiah/orang.
Taman Wisata Lembah Hijau
Selain 10 objek wisata terfavorit di Provinsi Lampung tadi, berikut ini daftar lengkap objek wisata di Provinsi Lampung yang banyak dikunjungi wisatawan.  
Baca juga:


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top