Objek Wisata Pilihan di Kota Langsa, Provinsi Aceh

Tempat Wisata - Kali ini kita akan mengulas tempat wisata yang ada di Kota Langsa, yaitu merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Aceh yang terkenal sebagai kota wisata, kota kuliner, kota pendidikan dan juga sebagai kota perdagangan. Kota ini juga menerapkan hukum Syariat Islam. Beradasarkan letak geografisnya Kota Langsa terletak di bagian timur Propinsi Aceh serta berbatasan dengan selat malaka, oleh karena itu membuat kota ini memilki banyak pantai yang indah menawan. Salah satunya ialah Pantai Kuala Geulumpang. Jarak dari Kota Banda Aceh ke Kota Langsa lebih kurang sekitar 400 kilometer. Banyak terdapat objek pariwisata di Kota Langsa ini. Selain kaya akan wisata pantainya, kota ini juga memiliki tempat wisata sejarah yang unik, langka dan mengagumkan. Mau tau apa-apa saja objek wisata Kota Langsa? inilah beberapa tempat wisata Kota Langsa yang dapat anda kunjungi:

Pantai Pasir Putih

Anda dapat berwisata ke pantai yang cantik dan memiliki pasir pantai yang putih bersih, Lokasi pantai ini terletak di wilayah administratif  Aceh yakni Kota Langsa. Pantai Pasir Putih menarik perhatian para wisatawan dengan pemandangan pantai yang tampak luas dan besir. Pantai ini juga ditumbuhi beberapa pohon bakau yang tampak indah dan  berfungsi sebagai penahan ombak dari laut yang menyebabkan erosi. Pantai ini terletak di kota administratif propinsi Aceh yaitu kota Langsa. 
Pantai Pasir Putih

Pantai Kuala Geulumpang

Objek wisata bahari ini merupakan pantai yang terkenal keindahan pantainya yang juga bersih dan berpasir putih. Lokasi Pantai Kuala Geulumpang ini terletak di Kec. Julok. Dari pusat kota Langsa dapat ditempuh sekitar 80 kilometer perjalanan. Pengunjung yang biasanya dating adalah keluarga pada saat pecan dan juga anak-anak muda. 
Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Parek

Selanjutnya pantai yang tak kalah indah pesonanya di Kota Langsa ialah Pantai Kuala Parek. Pantai ini berlokasi di Kec. Rantau Selamat. Dapat ditempuh sekitar  27 kilometer dari Kota Langsa. Sama dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki pasir pantai yang putih, indah dan menawan.
Pantai Kuala Parek

Pantai Matang Ulim Idi Cut

Adalagi objek wisata pantai yang bisa anda kunjungi, yaitu pantai Matang Ulim Idi Cut. Ada terdapat pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai sehingga suasana pantai semakin terasa sejuk, asri, dan adem ayem meskipun disaat teriknya matahari disiang hari. Lokasi wisata pantai Matang Ulim Idi Cut ini terletak di Kec. Idi Rayeuk. Dari Kota Langsa berjarak 75 km dengan menggunakan kendaraan.

Hutan Lindung

Objek wisata Hutan Lindung ini menjadi destinasi wisata Kota Langsa yang bisa anda kunjungi. Hutan Lindung ini juga merupakan paru-parunya Kota Langsa yang terletak di kawasan Perumnas. Hutan lindung ini juga memiliki keunikan yang khas yaitu permukaann tanahnya yang berbukit sehingga terlihat pohon-pohon yang menjulang tinggi tumbuh besar dan rimbun di kawasan Hutan Lindung. 
Hutan Lindung

Mutiara Waterpark

Selanjutnya, masih disekitar kawasan Perumnas tempat wisata yang digemari masyarakat Kota Langsa ketika weekend adalah “Mutiara Water Park”. Tempat wisataMutiara Water Park ini sangat luas dan memiliki berbagai fasilitas yang memadai. Seperti adanya terdapat kolam renang dengan segala macam permainan airnya, flying fox, aneka makanan yang ditawarkan serta hiburan lainnya. 
Mutiara Waterpark

Kolam Renang Keumuning (Selembat)

Wisata renang yang satu ini terletak di Desa Kemuning Kec. Langsa Baroe. Hal yang menarik dari kolam renang ini adalah kola mini berada diantara bukit-bukit tinggi sehingga memeberikan nuansa yang alami, asri dan sejuk. Anda juga akan mendengar suara merdu dari kicauan burung-burung. Selain itu biasanya kawasan Keumuning ini dijadikan sebagai tempat kegiatan perkemahan pramuka.
Kolam Renang Keumuning

Gedung Balee juang

Gedung ini merupakan gedung peninggalan kolonial Belanda pada masa tahun 1920-an. Gedung Balee Juang ini sekarang menjadi Kantor Bappeda Kota Langsa dan juga menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kota Langsa yang hingga saat ini masih berdiri kokoh dan megah. Gedung Balee Juang yang terletak di jantung Kota Langsa ini berasitektur khas Belanda, mengingatkan kita masa penjajahan dengan perlawanan rakyat Indonesia di Aceh dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Gedung Balee Juang

Taman Bambu Runcing Kota Langsa

Objek wisata ini juga merupakan ikonnya Kota Langsa yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani tepat ditengah kota. Taman ini dibangun pada tahun 1948 ketika Kota Langsa ini masih sebagai ibukota Kabupaten Aceh Timur. Dalam Taman bambu Runcing ini terdapat relief-relief perjuangan yang dibuat untuk mengenang masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Letaknya yang strategis dan penuh dengan suasana yang indah patut untuk anda kunjungi saat liburan di Kota Langsa Provinsi Aceh bersama keluarga ataupun kerabat anda. 
Taman Bambu Runcing

Pelabuhan Kuala Langsa

Kawasan Pelabuhan Kuala Langsa merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Kuala Langsa yang masih terus dikembangkan. Kawasan ini merupakan tempat wisata masyarakat yang menyediakan berbagai fasilitas. Biasanya masyarakat memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat memancing, serta ada juga tersedia permainan air seperti kendaraan air. 
Pelabuhan Kuala Langsa

Ujung Pusong

Ujung Pisong merupakan tempat wisata yang terletak berada ditengah laut yang berupa daratan pantai dan membentuk jalan melintang ke pulau lain. Terletak di Desa Teulaga Tujoh (Pusong) dengan penduduknya yang religious dan bermata pencaharian mayoritas sebagai nelayan. Objek wisata yang satu ini juga merupakan tempat wisata yang masih dikembangkan, karena sangat berpotensi sekali sebagai tempat wisata yang didukung dengan beberapa sarana dan prasarana.

Pulau Teulaga Tujoh

Tak jauh dari Ujung Pusong, ada terdapat wisata yang menarik dan unik yang masih alami yakni Pulau Teulaga Tujoh yang merupakan pulau kecil yang sangat langka dan dianggap keramat oleh penduduk setempat. Namun pulau ini sangat indah untuk dijadikan wisata bahari dengan berbagai keindahan pulau dengan adanya hutan hijau serta binatangnya yang ramah. Selain itu pulau ini bisa dijadikan tempat penelitian rekreasi alam. Lokasi pulau ini tepatnya berada didekat Gampong Pusong Kecamatan Langsa Barat 
Pulau Teulaga Tujoh
Itulah beberapa objek wisata menarik di Kota Langsa, dan masih banyak lagi terdapat tempat-tempat menarik lainnya di kota ini.

Baca juga :
Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat yang Eksotis


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top