Objek Wisata di Kabupaten Aceh Utara

Tempat Wisata - Kali ini kita akan mengenal beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Aceh Utara. Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Nanggroeh Aceh Darussalam yang mempunyai potensi wisata yang melimpah serta beraneka ragam flora seperti kayu, semantok, damar, meranti kayu, bakau, cemara, rotan dan sebagainya dan kaya akan fauna seperti gajah, harimau, rusa, kijang, babi, ular, badak dan sebagainya. Selain itu juga terdapat banyak situs-situs sejarah dari peninggalan  Kerajaan Islam Samudera Pasai. Berikut ulasan mengenai tempat-tempat yang bisa anda kunjungi ketika berada di Provinsi Aceh tepatnya di Aceh Utara.

Air Terjun Blang Kolam
Objek wisata Air Terjun Blang Kolam ini terletak di Kabupaten Aceh Utara, yaitu di Desa Sidomulyo, dan berada 21 km dari ibukota Lhokseumawe. Objek wisa ini memiliki keistimewaan tersendiri, dengan panorama alam yang alami dan tampak asri karena letaknya yang berada di bawah rimbunnya pepohonan hutan yang alami serta kicauan burung-burung liar dan gemuruhnya air tampak begitu sederhana. Air terjun Blang Kolam yang jatuh dengan Ketinggian mencapai 75 kilometer ini bermuara pada sebuah kolam yang bisa anda nikmati untuk berenang maupun sekedar bermain-main air.  Ada beberapa fasilitas yang telah disediakan di objek wisata air terjun ini, seperti musholla, toilet dan kebutuhan listrik bagi anda yang membutuhkan daya mengisi kamera atau handphone anda. 
Air Terjun Blang Kolam
Pantai Ulee Rubek
Anda jangan bingung mencari objek wisata pantai yang menawan di Aceh. Salah satunya adalah pantai Ulee Rubek yang menawarkan kepada anda panorama pantai yang indah dan menawan. Pantai ini bisa menjadi pilihan pariwisata anda di Aceh Utara untuk refreshing dan menghabiskan waktu bersama keluarga di saat masa liburan dan akhir pekan. Pantai ini juga sangat terkenal dan digemari oleh penduduk setempat. Karena pantai ini selain memiliki pasir yang putih, halus dan lembut, serta kebersihan pantai ini sangat terjaga, juga memiliki udara yang segar dengan sedikit berangin dan pemandangannya sangat menawan. Lokasi pantai ini mudah dijangkau, jika dari kota Lhokseumawe dapat ditempuh sepanjang 49 kilometer menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. 
Pantai Ulee Rubek
Pantai Sawang
Selanjutnya tempat pariwisata pantai di Aceh Utara yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Sawang. Dinamakan Sawang karena letak pantai ini berada di Desa Sawang, Kec. Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan jarak 29 kilometer dari Lhokseumawe menuju ke pantai Sawang. 
Pantai Sawang
Pemandian Krueng Sawang
Objek wisata yang satu ini merupakan tempat yang cocok bagi anda yang ingin menikmati mata air dari bukit. Tempat ini menjadi tempat pemandian dengan airnya yang sangat jernih yang keluar langsung dari atas bukit yang airnya selalu mengalir hingga ke laut dan tidak pernah surut, yang pasti membuat anda akan relax. Dalam bahasa Aceh Krueng merupakan sungai dan Sawang merupakan nama daerah tempat pemandian itu berada yaitu terletak di Desa Sawang, Kecamatan Lhokseumawe Aceh Utara. Pemandian Krueng Sawang ini cukup ramai didatangi wisatawan, karena suasana di kawasan Krueng Sawang yang indah dan sejuk dan dikelilingi pepohonan hijau dan segar. Bahkan dapat membuat pikiran anda kembali segar. Kawasan Krueng Sawang ini juga dikenal sebagai tempat lokasi perkemahan. Oleh karena itu kawasan ini bisa dijadikan sarana piknik bersama keluarga maupun kerabat dekat anda. Selain itu kawasan Kreung Sawang ini juga terkenal dengan penghasil durian yang bisa anda cicipi dan menjadikan oleh-oleh di akhir wisata anda.
Pemandian Krueng Sawang
Tugu Pahlawan Cot Plieng
Tugu Pahlawan ini merupakan sebuah monumen pahlawan Aceh Utara yang berjuang mempertahankan kemerdekaan dan mempertahankan agama melawan penjajahan dalam perjuangan Fisabilillah. Beliau adalah Teungku Abdul Jalil Cot Plieng. Wafat pada tanggal 10 November 1942, lalu sebagai kenangan atas perjuangan beliau dibangun Tugu Pahlawan Cot Plieng. Terletak di desa Cot Plieng Kec. Syamtalira Bayu, Aceh Utara. 
Itulah beberapa tempat pariwisata yang terdapat di Aceh Utara yang dapat anda kunjungi. Untuk informasi objek wisata lain di Provinsi Naggroeh Aceh Darussalam silahkan lihat:
- Wisata Kabupaten Aceh Besar
- Wisata Kabupaten Aceh Tengah
- Wisata Kabupaten Aceh Barat 
- Wisata Kota Banda Aceh
- Wisata Kota Sabang

Baca juga :
Wisata Alam Papua yang Mengagumkan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top