Mengintip Asrinya Alam Kota Tomohon

Tempat Wisata - Kota Tomohon merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini dulunya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa. Karena kemajuannya yang pesat dan berbagai aspirasi dari masyarakat, maka Tomohon berhasil meningkatkan statusnya menjadi sebuah kota. Kota Tomohon memiliki alam yang indah dan asri, yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa sajakah? Ayo simak ulasannya.

Ekowisata di Rurukan
Rurukan adalah sebuah desa yang terletak disebelah timur kota Tomohon yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Memiliki kontur perbukitan serta dianugerahi tanah yang subur membuat Desa Rurukan sangat menarik untuk dikunjungi. Desa Rurukan menyuguhkan hamparan perkebunan dan pertanian yang indah dan hijau sehingga membuat mata terasa menyejukkan saat memandangnya. Dari Pasar Tomohon, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk sampai ke desa ini.
Desa Rurukan

Perkampungan Bunga Tomohon
Kota Tomohon terkenal dengan sebutan ‘Kota Bunga’. Kelurahan Kakaskasen di Kecamatan Tomohon utara memiliki perkampungan bunga yang banyak mengoleksi berbagai tanaman hias. Tanaman hias tersebut dibudidayakan oleh warga sekitar. Setiap diselenggarakannya Tomohon Flower Festival oleh pemerintah Kota Tomohon, tak jarang bunga-bunga dan tanaman hias di tempat ini turut meramaikannya.  Bagi anda yang menyukai bunga serta gemar memeliharanya,  maka perkampungan bunga ini tak boleh anda lewatkan. Untuk berkunjung ke perkampungan bunga, anda  cukup menempuh perjalanan dengan jarak 3 km dari pusat Kota Tomohon.



Perkampungan Bunga Tomohon

Bukit Doa Tomohon
Bukit Doa Tomohon terletak di Jalan Lingkar Timur Kelurahan Kakaskasen 2, Kecamatan Tomohon Utara. Bukit ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang hijau, serta sejuknya udara yang ada di Bukit ini. Karena alamnya yang asri dan menawan, Bukit Doa Tomohon kerap kali dijadikan sebagai lokasi pemotretan prewedding. Bahkan di tempat ini sering diselenggarakan pemberkatan nikah sampai jamuan pernikahan dengan konsep outdoor wedding. Perusahaan-perusahaan besar juga sering mengadakan family gathering di tempat ini. Tampaknya Bukit Doa Tomohon merupakan tempat favorit warga sekitar dan wisatawan, maka Bukit Doa Tomohon ini sangat layak untuk anda kunjungi.


Bukit Doa Tomohon

Gunung Mahawu
Gunung Mahuwu merupakan jenis gunung berapi stratovolcano dengan tinggi 1.311 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berdekatan dengan gunung Lakon, namun masih dalam kategori aman untuk dikunjungi. Memiliki kawah berwarana hijau dan kuning barelang, serta kesejukan udara disekitarnya membuat Gunung Mahuwu sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan tinggi hanya 1.311 meter, gunung ini bisa didaki sekitar 2-3 jam dan pendaki tidak perlu menginap. Selain itu, dari puncak gunung Mahuwu anda bisa menyaksikan keindahan Laut Maluku dan Laut Sulawesi.



Gunung Mahuwu

Pagoda Ekayana
Pagoda ini terletak di Kelurahan Kaskasken Dua dan merupakan ikon penting Kota Tomohon. Pagoda Ekayana merupakan tempat yang bersih dengan keselarasan alam serta lingkungan yang selalu terjaga dengan baik. Itulah mengapa selain merupakan tempat beribadah umat Buddha, Pagoda berlantai Sembilan ini juga merupakan tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. 



Pagoda Ekayana

Danau Linow
Danau yang terletak di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan ini memiliki keunikan tersendiri. Kadar belerang yang tinggi ini membuat Danau Linow bisa berubah menjadi tiga warna, yaitu biru, coklat kekuningan, dan hijau. Hal inilah yang membuat para wisatawan dalam dan luar negeri tertarik untuk mengunjunginya. Adanya café yang terletak di sisi bukit yang mengitari danau serta ditemani kicauan burung yang merdu membuat siapa saja betah dan merasa nyaman duduk berlama-lama ditepi danau. Salain itu, hawa disekitar danau juga sangat sejuk dan segar. Sangat cocok bagi anda yang hobi menikmati alam dan bertamasya.



Danau Linow

Air Terjun Tumimperas Pinaras
Air terjun ini terletak di Kelurahan Pinaras, Tomohon Selatan. Untuk sampai ke lokasi ini, anda harus menempuk jarak sejauh 7 km dari pusat kota Tomohon. Air Terjun Pinaras merupakan air terjun yang paling menarik di Sulawesi Selatan karena pengunjung bisa berdiri di titik dimana air terjun dengan ketinggian 70 meter ini jatuh. Suasana alam dengan pepophonan rindang di sekitarnya membuat pemandangan sekitar air terjun ini sangat hijau dan suara gemericik air yang jatuh dapat menenangkan pikiran.


Air Terjun Tumimperas Pinaras

Itulah beberapa wisata yang menarik di Kota Tomohon. Jika anda mengunjungi Kota Tomohon, sebaiknya anda menyempatkan diri berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas.


Baca juga :
Tempat Wisata Eksotis di Kepulauan Riau


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top