Mengapa Tubuh Bisa Bau?

Ada satu hal yang terkadang membuat seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini adalah bau yang dikeluarkan dari beberapa bagian tubuh kita. Biasanya bagian tubuh yang mengeluarkan bau adalah mulut, ketiak, kaki, kepala dan selangkangan. Nah kali ini akan dibahas tentang faktor yang menyebabkan timbulnya bau serta meminimalkan resiko dan cara mencegah munculnya bau dari tubuh kita.


1. Bau di Rambut
Biasanya berapa kali kah anda keramas? Pada kepala kita ini terdapat kelenjar rambut dan kelenjar keringat. Biasanya bagi anda yang sering beraktifitas diluar rumah, memakai topi, suka naik motor menggunakan helm, atau pun berolah raga. Selain itu jika suhu udara cukup panas maka tentu saja rambut menjadi lembab karena keringat. Lembab itu tentu saja hal yang paling mudah menimbulkan bakteri dan bakteri itulah yang menyebabkan bau pada rambut. Oleh sebab itu untuk menimimalkannya adalah dengan cara keramas. Untuk wanita rajinlah keramas 2 hari sekali atau bagi pria dianjurkan sekali sehari.

2. Bau Mulut
Bau mulut ini biasanya berasal dari sisa makanan yang kita makan sehari hari atau adanya luka pada gusi atau gigi atau sariawan pada mulut anda. Luka tersebut biasanya menghaslkan enzim yang menimbulkan reaksi kimia didalam mulut sehingga mulut menjadi bau. Nah biasanya caranya adalah dengan menggosok gigi atau gunakan mouthwash. Selain itu gunakan juga alat pembersih lidah agar mengurangi bakteri yang tinggal dilidah kita sehingga mengurangi bau mulut.

alat pembersih lidah
3. Bau Kaki
Tahukah anda bahwa kaki anda dapat menghasilkan keringat sebanyak 1 liter dalam sehari. Kebanyang gak sih jika kamu memakai sepatu dari pagi sampai malam? apalagi jika memakai kaus kaki. Apalagi jika anda bekerja dari pagi hingga malam dan hanya menggunakan satu kaus kaki saja dan cuaca sedang panas atau sedang musim hujan dan becek sehingga kaus kaki dan sepatu menjadi basah. huwaaaah, tentu saja akan ada penumpukan keringat pada kaus kaki anda dan hal inilah yang dapat mengundang kuman dan jamur pada kaki sehingga dapat menimbukan bau pada kaki anda. Nah untuk meminimalkannya adalah seringlah mengganti kaus kaki anda dan gunakanlah kaus kaki yang berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu rajinlah cuci kaki dan jangan biarkan pada saat kaki anda basah anda langsung mnegenakan sepatu, sebaiknya keringkan terlebih dahulu. Ada juga satu tips untuk mengurangi bau kaki yaitu dengan menggunakan air teh untuk merendam kaki, lakukan selama 20 menit. Hal ini berguna agar pori pori pada kaki dapat mengecil sehingga dapat mengurangi prosuksi keringat. 

4. Bau Selangkangan
Pada selangkangan kita timbulnya bau biasanya disebabkan oleh keringat. Nah cara menghilangkan baunya adalah pada pemilihan pakaian dalam akan lebih baik jika menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu juga rajinlah mandi 2 kali sehari dan gantilah pakaian dalam anda apabila pada selangkangan anda sudah lembab. 

5. Bau pada Ketiak
Bener gak sih air rebusan daun sirih itu dapat menghilangkan bau terutama pada ketiak? Nah sebenarnya daun sirih sendiri mengandung antiseptik yang dapat mengurangi populasi kuman dan bakteri maupun jamur. Tetapi tergantung jamur yang ada karena bisa jadi jamur tersebut adalah oenyakit kulit maka jangan gunakan daun sirih apalagi jika ada luka. Akan tetapi jika untuk perawatan sehari- hari yang tujuannya memang untuk mengurangi kuman maka tidak masalah jika menggunakan daun sirih. (sama juga dengan daerah selangkangan)

Nah bagaimana pun juga untuk mengurangi bau pada bagian tubuh kita intinya adalah selalu menjaga kebersihan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa berbagi ya kepada orang yang anda sayangi juga.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Inilah Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Saat Melakukan Perawatan Wajah


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top