Penyakit Maag Disebabkan Oleh Kadar Asam Naik

Sakit maag bukanlah hal yang asing lagi bagi telinga kita. Sakit ini merupakan sakit yang dikarenakan lambung tidak bekerja secara normal karena terjadinya luka atau peradangan di dinding lambung sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Penyakit ini seperti hantu yang bergentayangan dikehidupan kita. Terbukti sudah sangat banyak orang di sekitar kita yang terkena penyakit maag ini. Lalu bagaimana agar terhindar dari penyakit ini? Nah, di sini akan dibahas fakrot-faktor apa saja yang dapat menyebabkan kita terkena penyakit maag serta apa saja yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit gentayangan ini.
Penyakit maag disebabkan oleh kadar asam yang diproduksi berlebihan dalam lambung. Hal ini dapat terjadi karena hal- hal berikut, yaitu:

1.    Pola Makan
Waktu makan yang tidak teratur, membuat kinerja lambung juga menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan ini akan membuat produksi asam di lambung tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan sehingga menimbulkan akan menimbulkan nyeri.

2.    Jenis dan Jumlah Makanan yang Dimakan
Lambung akan mencerna semua makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan dan gizi yang terkandung dalam makanan itu akan sangat mempengaruhi tubuh manusia terutama kinerja lambung. Makanan yang berlemak akan mempersulit diuraikan oleh lambung. Sedangkan makanan yang kaya akan serat akan sangat membantu lambung malakukan kerjanya.

3.    Jumlah Makanan yang Dimakan
Porsi makan yang berlebihan dalam satu waktu merupakan hal yang tidak baik untuk lambung. Karena lambung akan bekerja keras untuk menguraikan makanan tersebut sekaligus.

4.    Kurang Olahraga
Olahraga dapat menyebabkan terurainya lemak yang menimbun di tubuh karena makanan yang dikonsumsi. Apabila tubuh kurang melakukan olahraga, maka lemak akan tetap tertimbun dibagian perut. Hal ini akan menghambat lambung untuk mengosongkan isinya.

5.    Stres dan Kurang Istirahat
Sters karena banyak pikiran dan letih karena kurang istirahat akan menyebabkan kadar asam di dalam tubuh meningkat lebih cepat. Jika kadar asam sudah tinggi tentu saja akan menimbulkan nyeri di lambung yang disebut maag.

6.    Minum Kopi dan Alkohol
Kafein yang terkandung dalam kopi akan menyebabkan LES, katup yang ada diantara lambung dengan tenggorookan mengendur sehingga gas asam akan naik ke kerongkongan. Sedangkan alkohol  mengandung kadar asam yang cukup tinggi sehingga akan menyebabkan lambung lebih sensitif terhadap asam. Kadar asam akan naik ke kerongkongan sehingga akan menyebabkan mual dan nyeri di lambung.

7.    Merokok
Rokok juga mengandung kafein yang mampu memicu tingkat kadar asam dalam lambung.
Tidak hanya itu, merokok akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lemah dan mudah terkena penyakit maag.

8.    Menggunakan Pakaian Ketat
Pakaian ketat di area perut akan menyebabkan makanan naik dan mendorong k

Setelah mengetahuinya, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar terhindar dari penyakit maag ini.
  • Atur pola makan tepat waktu, sehingga perut tidak kosong dan asam lambung tidak naik. Konsumsi makanan yang bergizi dan kendalikan porsi makan Anda. 
  • Olahraga yang teratur akan menguraikan lemak dari makanan yang dikonsumsi, serta akan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Jangan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinfkat kepedasan yang tinggi.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein dan alkohol. Serta jangan banyak merokok.
  • Menghindari makanan yang memiliki tingkat lemak tinggi sehingga akan menghambat lambung menjadi kosong.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas di lambung (kol, kubis, kentang, melon, semangka dan lain-lain).
  • Jangan berpikir terlalu keras sehingga menimbulkan stres. Perbanyak istirahat dan relaksasi akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.Jangan terlalu sering memakai pakaian ketat. Atau agar lebih aman gunakan pakaian yang lebih longgar.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top