Kulit Pisang Ternyata Banyak Manfaatnya Lho !

Suka makan pisang? Jangan dibuang kulitnya! ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kulit pisang lho. Bukan hanya untuk alat pengisengan belaka, banyak hal yang didapatkan dari kulit pisang mulai dari alat pengkilat sepatu, mengempukkan daging bahkan mengatasi masalah kulit wajah. Nah inilah dia beberapa manfaat kulit pisang yang wajib kamu ketahui.


1. Sebagai Pupuk Organik
Kulit pisang mengandung nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tanaman sehingga sangat baik dijadikan pupuk apalagi pupuk untuk tanaman tomat.

2. Mengatasi Bekas Gigitan Nyamuk dan Serangga
Bagi yang memiliki kulit sensitif, gigitan nyamuk dapat menyebabkan gatal dan meninggalkan bekas. Nah dengan kulit pisang dapat membantu mengatasi masalah karena gigitan nyamuk. Kulit pisang dapat menghilangkan bekas gigitan dan mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga/nyamuk. Caranya adalah dengan menggosokkan dan menempelkan kulit pisang pada bekas gigitan dan diamkan kurang lebih 15 menit. 

3. Mengempukkan daging
Selain daun pepaya kulit pisang juga dapatdigunakan sebagai pengempuk daging. Caranya adalah dengan mencampurkan kulit pisang kedalam daging yang sedang direbus lalu rebus lah secara bersamaan.

4. Alat Semir Sepatu
Kita tidak perlu repot lagi membeli alat semir sepatu, karena cukup dengan menggunakan kulit pisang dapat mengembalikan kilap di sepatu kulit kamu. Caranya campurkan kulit pisang dengan sedikit air, lalu usapkan ke sepatumu dan biarkan diangin anginkan sampai mengering.

5. Memutihkan Gigi
Kulit pisang mengandung zat pemutih dan mineral yang tinggi dan dapat membantu memutihkan gigi lho. Caranya dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi seperti menggosok gigi dan 
lakukan dengan rutin.

6. Menyingkirkan Kutil Membandel
Sebel dengan kutil karena merusak pemandangan keindahan kulitmu? jangan khawatir tak perlu galau dan risau lagi karena kulit pisang dapat mengatasinya karena kulit pisang dapat mengurangi  peradangan. Caranya adalah dengan menempelkan potongan kulit pisang pada area yang terdapat kutil, diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin sampai kutil menghilang. 

7. Memperlama Proses Keriput
Di dalam kulit pisang terdapat beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti vit B, Vit C, Kalsium serta karbohidrat. Kulit pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh kulit tubuh kita agar menghambat proses pengkeriputan, nutrisinya seperti vitamin B, Vitamin C, lemak, protein, potassium, kalsium, karbohidrat serta mengandung air sebanyak 68,90%. Adapun caranya adalah keroklah bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih lalu kumpulkan di satu wadah dan campurkan dengan 1 sendok teh madu, aduklah sampai rata. Oleskanlah ke seluruh wajah juga leher secara merata dengan memberikan pijatan pada wajah seperti dahi, area bawah mata, dan garis senyum. Lalu diamkan selama 15 menit, lalu dibersihkan dengan kain lap hangat (kain yang direndam di air hangat), lalu bilas dengan air dingin. Lakukan selama 3x seminggu agar kulit menjadi kenyal dan kencang.

8. Meredakan Nyeri Jerawat
Biasanya dengan munculnya jerawat akan disertai dengan rasa nyeri. Kulit pisang yang mengandung antioksidan, potasium, dan gizi lainnya dapat digunakan untuk meredakannya. Caranya adalah ambil atau kerok bagian dalam kulit pisang lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini sebelum tidur dan biarkan selama kita tidur lalu pada paginya bersihkan dengan washlap (kain lap) yang direndam dia air hangat lalu bilas menggunakan air dingin. 

9. Mengurangi Bengkak dan Memar Pada Kulit
Ambilah kulit pisang lalu gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut pada kulit yang memar lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilaslah dengan air bersih.

10. Meringankan Penyakit Psoriasis
Salah satu gejala penyakit psoriasis adalah kulit yang kering, gatal, dan bersisik. Di dalam kulit pisang terdapat kandungan Vitamin C dan protein serta potasium yang dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan gejala psoriasis. Caranya adalah kerok bagian dalam kulit pisang lalu oleskan secara merata pada kulit yang gatal atau bersisik kering. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini selama seminggu sebanyak dua kali sehari secara rutin.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Cara Alami Menghilangkan Jerawat


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top